Ketua PSSI Terkesima Stadion Manahan Solo, Selevel dengan GBK Jakarta

Sudah siap digunakan untuk Piala Dunia U-20

Surakarta, IDN Times - Ketua PSSI, Mochammad Iriawan mengunjungi beberapa stadion yang dipilih sebagai lokasi penyelenggara piala dunia sepak bola U-20, yang akan digelar pada 2021 mendatang, Minggu (9/2). Ia ditemani Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo untuk melihat Stadion Manahan, Solo yang baru saja direvitalisasi.

Baca Juga: Reaksi Ganjar Lihat Renovasi Stadion Manahan Senilai Rp301 Miliar

1. Stadion Manahan paling layak dibandingkan dengan stadion lainnya

Ketua PSSI Terkesima Stadion Manahan Solo, Selevel dengan GBK JakartaIDN Times/Larasati Rey

Iriawan mengaku Stadion Manahan bagus dan hampir sempurna untuk pertandingan internasional. Itu diakuinya usai melihat veneu utama stadion yang juga menjadi markas klub Persis Solo itu.

Sejumlah fasilitas dan sarana prasana pendukung lainnya juga diakuinya telah sesuai dengan standar FIFA. Bahkan ia menilai stadion Manahan hampir selevel dengan stadion GBK Jakarta, karena dilingkapi dengan single seat, ruang ganti pemain, kamar mandi yang baik, ruang wasit dan official, tempat pemanasan dan lainnya.

"Stadion utama yang hampir selevel (setingkat) dengan GBK Jakarta, hanya Stadion Manahan Solo ini. Dari beberapa stadion yang dilihat," ujarnya.

2. Perlu perbaikan untuk 5 lapangan pendukung

Ketua PSSI Terkesima Stadion Manahan Solo, Selevel dengan GBK JakartaIDN Times/Larasati Rey

Menanggapi soal kondisi lima lapangan pendukung yang diperuntukkan untuk latihan, Iriawan menyatakan bahwa kelima lapangan tersebut memerlukan perbaikan yang cukup banyak dan hampir sama dengan kondisi lapangan di kota-kota lainnya.

Sejumlah fasilitas yang perlu perbaiki seperti penggantian rumput lapangan yang harus berstandar FIFA.

"Maret (2020) nanti akan kita sampaikan mana stadion yang akan dipakai. Kemudian mungkin akan ada lelang dari pemerintah. Setelah itu mungkin segera diperbaiki," jelasnya.

Adapun kelima lapangan itu adalah stadion Sriwedari, lapangan Kottabarat, lapangan Banyuanyar, lapangan Sriwaru, dan lapangan Karangasem.

3. Minta suporter jaga kondusifitas

Ketua PSSI Terkesima Stadion Manahan Solo, Selevel dengan GBK Jakartaeurosport.com

Iriawan meminta kepada para suporter di Solo untuk tetap menjaga ketertiban dan kondisifitas selama laga internasional tersebut berlangsung.

"Mudah-mudahan semua akan berjalan lancar, suporter ikut menjaga Kota Solo hingga tetap kondusif," ungkapnya.

Untuk diketahui, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan dimulai pada 20 Mei 2021. Ada 6 stadion yang akan digunakan sebagai arena pertandingan.

Yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali.

Baca Juga: 5 Lapangan Pendukung Piala Dunia U-20 di Solo, Masih Butuh Rp25 Miliar

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya