TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Super Jernih! 7 Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Telepoto Terbaik

Dilengkapi teknologi stabilisasi untuk mengurangi blur

ilustrasi penggunaan kamera telephoto (pexels.com/Matheus Bertelli)

Lensa telephoto adalah lensa yang dirancang untuk mengambil gambar dengan jarak fokus panjang, memungkinkan fotografer untuk memperbesar objek yang jauh tanpa kehilangan detail. Konsep lensa telephoto pertama kali dikembangkan pada akhir abad ke-19.

Salah satu penemu awal yang terkenal adalah Thomas Rudolphus Dallmeyer dari Inggris, yang mendapatkan paten pada tahun 1891 untuk lensa telephoto. Lensa ini memungkinkan fotografer untuk mengambil gambar objek yang jauh dengan detail yang lebih baik, tanpa harus mendekati subjek.

Dengan munculnya kamera digital pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, lensa telephoto terus berkembang. Sensor digital yang semakin canggih memungkinkan fotografer untuk memanfaatkan lensa telephoto dengan lebih efektif, termasuk dalam aplikasi fotografi olahraga, satwa liar, dan astrofotografi.

Lensa telephoto modern sering dilengkapi dengan teknologi stabilisasi gambar untuk mengurangi blur yang disebabkan oleh gerakan tangan, memungkinkan gambar yang lebih tajam bahkan saat memotret pada fokus yang panjang.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki dari kamera Telephoto, berikut 7 rekomendasi smartphone dengan kamera Telephoto terbaik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smartphone Khusus Gaming, Layar Super Lega dan Kencang

1. Infinix Note 11 Pro

Infinix Note 11 Pro mungkin pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas dan sedang mencari HP dengan kamera telephoto. Harganya hanya 2,399.000 rupiah! 

Infinix Note 11 Pro memiliki tiga kamera belakang: kamera utama 64MP, kamera telephoto 13MP, dan kamera ultrawide 8MP.

Kamera telephoto memiliki kemampuan zoom optik hingga 2x, yang memungkinkan kamu memotret objek dari jarak jauh dengan hasil yang tetap tajam, dan kamera depan 16MP memungkinkan kamu mengabadikan momen terbaik Anda.

Chipset MediaTek Helio G96 octa-core 2.05GHz pada Infinix Note 11 Pro memiliki RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Perpaduan ini membuat HP ini sempurna untuk digunakan setiap hari, bahkan saat bermain game.

2. Realme 6 Pro

Realme 6 Pro menawarkan kamera yang baik dan kinerja yang kuat dengan harga mulai dari Rp2.499.000. Bagi mereka yang ingin mengambil foto dengan kualitas terbaik, smartphone ini adalah pilihan yang tepat.

Realme 6 Pro memiliki empat kamera belakang, termasuk kamera utama 64MP, kamera telephoto 12MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP.

Kamera telephotonya memungkinkan kamu melakukan zoom optik 2x untuk menangkap objek dari jarak jauh dengan detail yang tetap tajam, dan kombinasi kedua kamera belakangnya memberikan 5x Hybrid Zoom dan 20x Zoom, yang memungkinkan kamu menjelajahi lebih jauh tanpa kehilangan kualitas gambar.

Realme 6 Pro memiliki dua kamera depan, kamera utama 16MP dan kamera ultrawide 8M untuk selfie dan video selfie di area yang lebih luas.

Chipset Qualcomm Snapdragon 720G octa-core 2.3GHz yang dilengkapi dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB memungkinkan Realme 6 Pro menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar.

3. Realme X3 SuperZoom

Dengan harga mulai dari Rp3.599.000, Realme X3 SuperZoom menawarkan pengalaman fotografi yang luar biasa dengan kemampuan zoom yang luar biasa dan kinerja yang tangguh.

Empat kamera belakang Realme X3 SuperZoom termasuk kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera periskop telephoto 8MP. Periskop telephotonya yang canggih memungkinkan kamu mencapai zoom optik 5x, zoom hybrid 20x, dan bahkan super zoom 60x!

Dengan kemampuan zoom luar biasa ini, kamu dapat menangkap objek dari jarak jauh dengan detail yang tetap tajam dan jernih. Tidak hanya memiliki kemampuan zoom, Realme X3 SuperZoom juga dilengkapi dengan stabilisasi gambar optik (OIS) untuk memastikan bahwa hasil foto dan video tetap stabil dan tidak blur bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

Realme X3 SuperZoom memiliki dua kamera depan—kamera utama 32MP dan kamera ultrawide 8MP untuk foto grup dan selfie dengan area yang lebih luas dan detail yang lebih tajam. Realme X3 SuperZoom dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855+ octa-core 2.96GHz, RAM 12GB, dan penyimpanan internal 256GB, sehingga memungkinkan Anda menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar.

4. OPPO Reno10 5G

Dengan harga Rp5.999.000, OPPO Reno10 5G menawarkan kamera telephoto yang baik dan desain yang menarik. Jika kamu ingin memotret berbagai momen dengan kualitas terbaik, terutama foto portrait, smartphone ini adalah pilihan yang tepat.

Tiga kamera belakang dilengkapi oleh OPPO Reno10 5G: kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera telephoto 32MP. Kamera telephoto Reno10 5G memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto portrait jarak jauh dengan 2x zoom optik dan 5x zoom hybrid, yang memungkinkan kamu menangkap objek dari jarak jauh dengan detail yang tetap tajam. Hasil fotonya akan menampilkan subjek yang fokus dengan latar belaka.

Untuk selfie, OPPO Reno10 5G memiliki kamera depan 32MP yang dapat membuat foto selfie yang jernih dan tajam. OPPO Reno10 5G dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 7050 octa-core 2.6GHz, RAM 8GB, dan penyimpanan internal 256GB. Ini memungkinkan kamu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar.

5. Xiaomi Mi Note 10

Dengan harga Rp3.250.000, Xiaomi Mi Note 10 memiliki lima kamera belakang yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan fotografi, termasuk zoom jarak jauh. Mereka terdiri dari kamera utama 108MP, kamera telephoto 12MP, kamera telephoto 5MP, kamera ultrawide 20MP, dan kamera makro 2MP.

Perpaduan kamera ini memungkinkan kamu memotret banyak momen dengan hasil foto yang luar biasa. Kamera telephoto 12MP dapat digunakan untuk mengambil foto portrait dengan hasil yang luar biasa.

Setiap kamera belakang Mi Note 10 dapat menghasilkan zoom hybrid hingga 5x dan super zoom hingga 50x saat digabungkan, yang memungkinkan kamu menjelajahi lebih jauh tanpa kehilangan kualitas gambar.

Mi Note 10 memiliki kamera depan 32MP untuk selfie, yang dapat menghasilkan foto selfie dengan detail yang tajam dan jernih. Selain itu, kamera telephoto 5MP dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization) untuk memastikan hasil foto yang stabil dan bebas blur.

Mi Note 10 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 730G octa-core 2.2GHz, RAM 6GB, dan penyimpanan internal 128GB. Ini memungkinkan kamu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar.

6. Xiaomi 13T

Xiaomi 13T, yang dijual seharga Rp6.499.000, adalah salah satu ponsel Xiaomi yang kameranya dikembangkan bersama dengan Leica untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Ponsel ini memiliki tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera telefoto 50 MP, dan kamera ultrawide 12 MP.

Kamera depannya memiliki resolusi 20 MP, yang dapat menghasilkan foto dengan resolusi 2x Optical Zoom. Dengan chipset MediaTek Dimensity 8200 Ultra (4nm) Octa-Core 3,1 GHz, RAM 12 GB, dan penyimpanan internal 256 GB, Xiaomi 13T memiliki performa yang bertenaga.

Verified Writer

Anita Dwi Octaviani

🐣🌼

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya