TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahaya Jika HP Sering Terjatuh, Harus Lebih Hati-hati!

HP yang sering terjatuh bisa menyebabkan masalah baru

ilustrasi hp (unsplash.com/Nicolas Hirajeta)

HP menjadi perangkat elektronik yang sudah tentu dimiliki oleh hampir semua orang. Fungsi utama dari HP adalah untuk alat komunikasi, sekaligus untuk membantu berbagai macam keperluan dari urusan pekerjaan, pendidikan, hingga hiburan. Tak heran rasanya apabila hampir semua orang tak bisa lepas dari keberadaan HP sebagai kebutuhannya sehari-hari.

Penggunaan HP sudah semestinya dilakukan dengan baik agar tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai masalah yang mungkin terjadi.

Namun, kekeliruan dalam menggunakan HP bisa membuatnya jadi sering terjatuh tanpa disengaja. Padahal jika HP terlalu sering terjatuh ternyata bisa menyebabkan beberapa masalah berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Baterai HP Android yang Mudah dan Efektif

1. Layar LCD mengalami retak

Sudah bukan menjadi masalah baru lagi jika memang HP yang terlalu dibiarkan sering jatuh bisa mengakibatkan masalah pada LCDnya.

Apalagi jika posisi HP yang terjatuh ternyata pas pada bagian LCD, sehingga membuat kerusakannya pun menjadi lebih parah. Inilah yang akan secara otomatis membuat bagian LCD pada HP menjadi mudah sekali retak, bahkan lepas.

Kerusakan pada layar LCD HP sebetulnya bukan hanya akan menyebabkan rasa tak nyaman akibat retak, namun juga mengganggu fungsinya.

Sering kali keretakan tersebut juga bisa menyebabkan LCD HP jadi tidak responsif ketika digunakan, sehingga terasa tidak nyaman sama sekali. Jika sudah seperti ini, maka nantinya HP jadi tidak bisa digunakan secara maksimal.

2. Merusak body HP

Memang ada banyak hal yang sering kali diperhatikan dari tampilan HP, entah itu fungsi atau pun tampilannya. 

Body pada HP kerap kali menjadi pertimbangan penting, apalagi jika memang HP memiliki tampilan yang mewah dan kekinian untuk menunjang gaya. Namun, kecerobohan dalam menggunakan HP bisa menyebabkannya terjatuh dan merusak bagian bodynya.

HP yang tak sengaja terjatuh bisa berpotensi menyebabkan lecet atau pun retak pada beberapa bagian body HP.

Hal ini tentu saja akan membuat body HP pun menjadi tak terlihat bagus lagi seperti baru. Itulah alasan mengapa sebaiknya kamu menggunakan casing yang aman untuk mencegah risiko kerusakan pada body HP jika tak sengaja terjatuh nantinya.

3. Masalah pada speaker HP

Kamu perlu berhati-hati jika ternyata kecerobohan dalam menggunakan HP bisa membuatnya jadi terus terjatuh secara terus menerus.

Hal ini karena ternyata kecerobohan tersebut bisa menyebabkan masalah pada beberapa komponennya, termasuk dalam hal ini adalah speaker. Speaker HP bisa mengalami masalah atau bahkan tak berfungsi dengan baik jika terlalu sering terjatuh.

Benturan yang terjadi pada beberapa bagian HP, khususnya speaker jelas akan menyebabkan fungsinya menjadi bermasalah.

Jika sudah seperti itu, maka tentu akan lebih repot karena kamu jadi tidak bisa mendengarkan suara dari HP milikmu. Oleh sebab itu, harus lebih berhati-hati agar nantinya speaker HP tak sampai bermasalah akibat terlalu sering terjatuh.

4. HP mengalami restart sendiri

HP yang tak sengaja terjatuh terlalu sering ternyata bisa mengakibatkan kerusakan pada beberapa bagiannya.

Salah satu risiko kerusakannya juga bisa ditandai dengan fungsinya yang mengalami eror, bahkan bisa mengalami restart sendiri tanpa sebab yang jelas. Inilah yang sering kali membuat HP jadi tiba-tiba mati pada saat tak sengaja terjatuh.

Benturan yang terjadi pada HP ketika terjatuh akan menyebabkan masalah pada beberapa bagian komponennya.

Jika terus dibiarkan, maka nantinya akan membuat risiko kerusakan pun menjadi semakin bermasalah. Oleh sebab itu, perlu segera dibawa ke teknisi untuk mengantisipasi risiko yang seperti ini agar HP tidak sampai terrestart sendiri tanpa sebab.

Verified Writer

Marcel Arumi

Tetap semangat dan jangan menyerah!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya