Comscore Tracker

Cara Mudah Setting Aplikasi Zoom di Laptop dan HP, Ngetren saat WFH

Jadi tetap bertatap muka dengan rekan kerja deh...

Semaran, IDN Times - Konsep work from home (WFH) atau bekerja dari rumah diterapkan oleh banyak perusahaan seiring dengan merebaknya wabah virus corona (COVID-19). Terutama di Indonesia. Dengan begitu, aktivitas bekerja bisa dilakukan secara virtual. Termasuk bagi para siswa dan mahasiswa, dengan melakukan pembelajaran secara online atau daring.

Pastinya WFH atau pembelaran online diperlukan teknologi penunjang agar informasi yang disampaikan dapat tepat sasaran. Salah satu metode yang diterapkan adalah dengan menggunakan aplikasi Zoom untuk melakukan konferensi video jarak jauh.

Aplikasi Zoom juga menjadi salah satu pelopor yang dengan cepat langsung menyediakan konferensi video jarak jauh selama virus corona (COVID-19) melanda dunia, termasuk Indonesia. Masih bingung cara menggunakannya? Wajar sih jika kamu asing dengan aplikasi ini. Berikut beberapa langkah mudah untuk menggunakan aplikasi Zoom di PC maupun melalui smartphone!

1. Buka Zoom melalui browser

Cara Mudah Setting Aplikasi Zoom di Laptop dan HP, Ngetren saat WFHbusinessinsider.sg

Melansir Business Insider, cara paling mudah dan paling enak untuk menggunakan layanan video aplikasi Zoom adalah melalui browser PC. Segera buka browser pilihanmu dan kunjungi website dari Zoom. 

Kemudian, sama halnya seperti ketika kamu menggunakan Gmail, Twitter, Facebook, dan lain-lain untuk pertama kalinya, kamu harus membuat akun Zoom terlebih dahulu. Setelah membuat akun, langsung login dan klik 'My Account' untuk melihat akunmu secara detail.

2. Bisa menjadwalkan, bergabung, dan memimpin rapat

Cara Mudah Setting Aplikasi Zoom di Laptop dan HP, Ngetren saat WFHpexels/Andrea

Ketika sudah melakukan proses login, kamu akan menemukan tiga pilihan di paling atas layar, yakni 'schedule' (menjadwalkan), 'join' (bergabung), dan 'host' (memimpin) rapat di Zoom. Pilihlah sesuai kebutuhan kamu, jika belum ingin melaksanakan rapat sekarang, klik 'schedule'. Kalau ingin segera bergabung dengan rapat yang sudah ada, pilih 'join'.

Khusus 'join' untuk bergabung ke dalam rapat, kamu tidak bisa sembarang masuk. Kamu harus memiliki 'Meeting ID' atau sebuah nama agar bisa bergabung ke dalam rapat online tersebut. Berbeda dengan 'host' di mana kamu yang menjadi tuan rumah alias memimpin rapat sehingga kamu lah yang membuat 'room'-nya.

3. Ubah profil

Cara Mudah Setting Aplikasi Zoom di Laptop dan HP, Ngetren saat WFHbusinessinsider.sg

Di sebelah kiri, kamu akan menemukan banyak pilihan, termasuk yang paling penting yaitu 'Profile'. Di sinilah kamu dapat mengubah gambar profil kamu, mengedit email, mengubah kata sandi (password), dan membuat perubahan lain di bagian pengaturan profil ini.

Selain itu, di bagian bawah layar kamu juga akan menemukan opsi untuk melakukan logout akun Zoom kamu. Tidak hanya me-logout akun Zoom di PC, kamu juga bisa sekaligus me-logout akun Zoom di hp kamu.

Baca Juga: Hati-hati! Zoom Ternyata Bagikan Data dan Wajahmu ke Facebook 

4. Fitur lain seperti webinars dan recordings

Cara Mudah Setting Aplikasi Zoom di Laptop dan HP, Ngetren saat WFHbusinessinsider.sg

Tidak hanya opsi 'Profile', di sebelah kiri kamu juga akan menemukan opsi lain seperti 'Webinars' dan 'Recordings'. Sayangnya, fitur webinars hanya bisa diaktifkan jika kamu membayar akun, sedangkan langkah yang kamu ikuti sedari awal adalah akun Zoom gratis.

Untuk 'Recordings' atau rekaman, kamu bisa mengaktifkannya secara gratis. Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, bukan hanya kamu saja yang rekamannya menjadi aktif, melainkan juga partisipan lain yang tergabung ke dalam rapat online.

5. Upgrade akun kalau tertarik menggunakan Zoom lebih lanjut

Cara Mudah Setting Aplikasi Zoom di Laptop dan HP, Ngetren saat WFHbetanews.com

Kamu juga akan menemukan pengaturan lebih lanjut di bagian bawah panel kiri, termasuk mengelola pengguna dan room. Kamu juga dapat meng-upgrade akun di bawah 'Billing', atau mengelola informasi pembayaran kamu jika telah melakukan upgrade akun ke Pro, Business, atau Enterprise.

6. Buka Zoom di aplikasi desktop

Cara Mudah Setting Aplikasi Zoom di Laptop dan HP, Ngetren saat WFHContoh penggunaan zoom dengan virtual background. (IDN Times/Ernia Karina)

Langkah dan fitur tadi merupakan untuk Zoom yang bisa kamu akses langsung melalui browser. Lain halnya dengan aplikasi Zoom yang kamu download di desktop. Kalau menggunakan Zoom di aplikasi, kamu akan menemukan segalanya lebih terorganisir. Berikut beberapa fiturnya utamanya, yaitu 'Home', 'Chat', 'Meetings', dan 'Contacts'.

Apa saja yang ada di menu 'Home'?

  • Di menu home, kamu memiliki berbagai opsi untuk memulai rapat baru, bergabung dengan panggilan yang sudah ada saat ini, menjadwalkan acara mendatang;
  • Jika kamu memiliki rapat yang sudah terjadwal untuk hari ini, kamu juga akan menemukannya di daftar centang di sebelah kanan;
  • Kamu juga dapat meng-klik profil kamu di sudut kanan atas kapan saja. Ini akan membuka menu dropdown untuk membuat beberapa perubahan cepat, seperti mengubah foto profil.

Apa saja yang ada di menu 'Chat'?

  • Tab 'Chat' menyediakan setiap percakapan yang kamu lakukan dengan orang lain di Zoom kamu;
  • Layaknya WhatsApp, kamu dapat memberi bintang atau menandai 'favorit' pada percakapan untuk memudahkan akses dalam menelusuri percakapan terkini kamu;
  • Setiap file yang dibagikan di antara percakapan akan muncul di bagian 'File'.

Apa saja yang ada di menu 'Meetings'?

  • Tab 'Meetings' menunjukkan ringkasan rapat yang akan datang, yang diselenggarakan berdasarkan tanggal;
  • Kamu juga dapat beralih antara rapat yang akan datang atau klik tanda plus untuk menjadwalkan rapat yang baru;
  • Klik pada pertemuan yang sudah ada sebelumnya untuk melihat opsi agar kamu bisa memulainya lebih awal, copy undangan, mengedit, atau menghapusnya.

Apa saja yang ada di menu 'Contacts'?

  • Terakhir, tab 'Contacts' untuk melihat kolega dan teman sekelas yang kamu save ke dalam Zoom;
  • Klik tanda plus untuk menambahkan kontak baru.

7. Bagaimana dengan menggunakan Zoom di hp?

Cara Mudah Setting Aplikasi Zoom di Laptop dan HP, Ngetren saat WFHAplikasi Zoom Cloud Meetings mobile. (IDN Times/Bayu D. Wicaksono)

Buat kamu yang tidak punya PC, tetap tenang. Pasalnya, hp kamu juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan Zoom supaya tetap bisa WFH dengan lancar. Bedanya dengan di PC, Zoom di hp lebih sederhana. Apalagi tab utamanya (Meet & Chat, Meetings, Contacts, dan Settings) diletakkan di bawah.

Apa saja yang ada di menu 'Meet & Chat'?

  • 'Meet & Chat' merupakan gabungan dari tab 'Home' dan 'Chat' yang ada di Zoom desktop;
  • Opsi utama terdapat di bagian atas, seperti New Meeting, Join, Schedule, dan Share Screen;
  • Di bawah, kamu akan melihat riwayat panggilan dan obrolan terkini;
  • Bisa melihat obrolan dengan kontak Zoom kamu atau untuk menerima permintaan;
  • Kamu juga dapat mengetuk ikon bintang di sudut kiri atas untuk melihat favorit kamu atau ikon pensil di sudut kanan atas untuk membuat pesan baru.

Apa saja yang ada di menu 'Meetings'?

  • 'Meetings' menunjukkan apa-apa saja rapat yang mendatang;
  • Kamu juga dapat memulai panggilan, mengirim undangan, atau mengedit rapat saat ini di bagian atas halaman;
  • 'Personal Meeting ID' kamu adalah kode untuk memulai pertemuan individual;
  • Pilih rapat yang akan datang untuk melihat detailnya atau menghapus seluruhnya;
  • Klik rapat dan kamu juga akan menemukan opsi untuk menambahkan undangan dan mengirim undangan ke kontak lain melalui email atau pesan teks.

Apa saja yang ada di menu 'Contacts'?

  • 'Contacts' terlihat sangat mirip dengan versi desktop dan terdapat daftar favorit kamu yang ada bintangnya;
  • Cari kontak di bagian atas halaman kalau ingin mencari seseorang;
  • Klik simbol plus di sudut kanan atas untuk membuka menu pop-up untuk menambahkan kontak, membuat saluran baru, atau bergabung dengan saluran publik.

Apa saja yang ada di menu 'Settings'?

  • Terakhir, akses 'Settings' untuk membuat perubahan pada akun Zoom;
  • Pengaturan Zoom kamu diatur oleh Meetings, Contacts, Chat, dan General;
  • Kamu juga dapat menambahkan Shortcut Siri;
  • Untuk membuat perubahan pada profil kamu, klik nama kamu  di bagian atas layar. Di situ lah tempat kamu dapat mengubah foto profil, menampilkan nama, atau memperbarui kata sandi kamu;
  • Menu 'Settings' juga menjadi tempat untuk melakukan sign out dari aplikasi Zoom.

Itulah beberapa langkah mudah dan hal-hal yang perlu kamu tahu dari penggunaan Zoom, baik di PC maupun hp. Gimana, sudah gak bingung lagi kan?

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Baca Juga: Cara Mengganti Background di Aplikasi Zoom saat Video Conference

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya