Comscore Tracker

Cara Ubah Setting WhatsApp Dark Mode atau Mode Gelap di Android, iOS 

Baru dirilis sudah dikritik

Mode gelap atau dark mode WhatsApp akhirnya dirilis. Para pengguna WhatsApp di android maupun iOS bisa bisa mengubah setting WhatsApp mereka ke dark mode atau mode gelap.

Fitur mode gelap atau dark mode merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para pengguna WhatsApp atau juga lebih dikenal dengan singkatan WA. Bagaimana mengubah settingan WhatsApp atau WA menjadi dark mode atau mode gelap? simak caranya di bawah ini.

Baca Juga: WhatsApp Tak Lagi Gratis, Gak Berlangganan Siap-siap WA Penuh Iklan

1. Mengurangi ketegangan mata dan membuat informasi paling penting terlihat mencolok

Cara Ubah Setting WhatsApp Dark Mode atau Mode Gelap di Android, iOS Keepo

Melansir dari blog resmi WhatsApp, fitur dark mode atau mode gelap dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah. WhatsApp berharap fitur ini dapat membantu mencegah situasi yang tidak nyaman saat berada dilingkungan yang gelap.

Dua hal yang menjadi fokus WhatsApp dengan rilis fitur terbaru mereka ini yakni, keterbacaan, ketika memilih warna, fitur dark mode atau mode gelap dapat meminimalkan kelelahan mata dan menggunakan warna yang lebih mendekati default sistem pada iPhone dan Android.

Selain itu juga hierarki informasi dengan adanya dark mode atau mode gelap pengguna diharapkan dapat dengan mudah memusatkan perhatian mereka pada setiap layar. WhatsApp dark mode atau mode gelap menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok.

2. Cara mengaktifkan fitur dark mode atau mode gelap WhatsApp di Android maupun iOS

Cara Ubah Setting WhatsApp Dark Mode atau Mode Gelap di Android, iOS duniaku.com/Aditya Daniel

Setelah update ke versi terbaru, kamu bisa langsung mengaktifkannya dengan memilih Chat di opsi Settings, lalu memilih Theme dan mengaktifkan pilihan Dark untuk langsung dapat menggunakannya dalam waktu sekejap!

Pengguna Android 10 dan iOS 13 dapat menggunakan mode gelap dengan mengaktifkannya di pengaturan sistem. Pengguna Android 9 atau yang lebih lama dapat mengaksesnya dengan membuka Setelan WhatsApp > Chat > Tema > pilih ‘Gelap’

3. Setelah rilis dark mode WhatsApp langsung dikritik

Baru saja rilis, WhatsApp dark mode sudah dibanjiri kritik dari berbagai sudut internet bahkan dari para ahli. Apa sebabnya?

Fabian Nappenbach, Product Marketing VR, 5G dan Mobiles HTC VIVE EMEA mengkritik mode yang baru rilis tersebut dalam cuitan pribadinya pada hari Rabu, 3 Februari lalu.

"Bertahun-tahun dibuat, mode gelap dari WhatsApp tampak buruk dalam berbagai detailnya. Coba saja dengan wallpaper manapun yang tersedia. Bukan, cari saja berbagai wallpaper yang tidak kelihatan bodoh dengan warna-warna itu. Dan tentu saja tidak ada opsi yang benar-benar hitam. Sesusah itukah untuk menyalin Telegram?" tulisnya.

4. Pengguna juga mengungkapkan kekecewaan

Tidak hanya dari ahli saja yang mengungkapkan kekecewaan tersebut, namun para netizen yang menggunakannya duluan pun berujar serupa. 

"Beta WhatsApp terbaru sudah termasuk dark mode. Bukan dark mode sejati dan ramah OLED, lebih seperti dark mode Twitter sebelum opsi Lights Out."

"Akhirnya WhatsApp dark mode. Tapi agak keabuan. Semoga mereka membuat dark mode versi OLED gelap penuh di dalam stable release-nya."

"Dark mode-nya tidak sedikitpun gelap. Waktu bilang dark maksudnya itu sepenuhnya hitam dan putih, bukan warna pudar dimana-mana dengan latar abu-abu. Intip sedikit apa yang dilakukan Instagram dengan dark mode-nya"

"WhatsApp dark mode kurang gelap! Bisakah kalian mohon perbaiki itu?"

Apa pendapatmu sendiri tentang WhatsApp dark mode? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Artikel ini ditulis oleh Aditya Daniel dan telah terbit di duniaku.com dengan judul "Baru Rilis, WhatsApp Dark Mode Sudah Dikritik Duluan!" yang bisa diakses melalui link https://duniaku.idntimes.com/tekno/tren/aditya-daniel/baru-rilis-whatsapp-dark-mode-sudah-dikritik-duluan

Baca Juga: Pertimbangkan, Ini 7 Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya