TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Teknologi berbasis AI yang Ada di Indosat AI Experience Center Solo

Pertama di Indonesia dan bisa kamu kunjungi gratis!

Demonstrasi Robot AI di Indosat AI Experience Center di Solo Techno Park, Solo, Jawa Tengah, Selasa (20/8/2024). (IDN Times/Dhana Kencana)

Intinya Sih...

  • Indosat AI Experience Center di Solo Techno Park, Kota Solo, Jawa Tengah, meluncurkan inisiatif ambisius untuk memperkuat transformasi digital di Indonesia.
  • Demonstrasi Kota Cerdas menggunakan jaringan 5G dan teknologi sensor cerdas untuk mendukung pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
  • Pengunjung dapat menikmati AI Magic Paint, Area Rapat dan Pendidikan Cerdas, robot pemandu berbasis AI, AI Photobooth, dan Laboratorium GPU di pusat inovasi tersebut.

Surakarta, IDN Times - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah meluncurkan Indosat AI Experience Center di Solo Techno Park, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (20/8/2024). Layanan tersebut merupakan sebuah inisiatif ambisius yang dirancang untuk memperkuat transformasi digital di Indonesia. Melalui pusat inovasi tersebut, Indosat menghadirkan berbagai teknologi canggih, termasuk kecerdasan buatan (AI), 5G, dan Internet of Things (IoT), untuk menciptakan pengalaman yang mendalam dan interaktif bagi masyarakat dan pelaku industri. Apa saja yang ada di Indosat AI Experience Center? Keep reading!

1. Mewujudkan konsep Kota Cerdas

Salah satu sorotan dari AI Experience Center adalah demonstrasi Kota Cerdas (Smart City), sebuah visi di mana teknologi telekomunikasi dan informasi bersinergi untuk meningkatkan efisiensi, keberlanjutan, dan kualitas hidup di perkotaan. Dengan memanfaatkan jaringan 5G yang berkecepatan tinggi dan teknologi sensor cerdas, Kota Cerdas mampu mengumpulkan data secara real-time untuk mendukung pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha menyatakan, Kota Cerdas bukan hanya tentang kemajuan teknologi, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat menggunakannya untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik dan lebih aman bagi semua orang.

2. Inovasi berkreativitas dengan AI Magic Paint

Di AI Experience Center, pengunjung juga dapat menikmati AI Magic Paint, sebuah alat revolusioner yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan karya seni digital hanya dengan bantuan kecerdasan buatan. Dengan kemampuan itu, pengguna tidak hanya dapat membuat gambar dari awal, tetapi juga bereksperimen dengan berbagai gaya dan komposisi, menjadikan setiap orang seorang seniman di ujung jarinya.

"AI Magic Paint memberikan kebebasan penuh dalam berekspresi dan memungkinkan setiap orang untuk menjadi bagian dari proses kreatif," ujar Vikram.

Baca Juga: Libur Nataru 2023, IOH Perkuat Kapasitas Jaringan di 53 Titik di Jateng

3. Area rapat dan pendidikan cerdas

Selain itu, Area Rapat dan Pendidikan Cerdas menjadi daya tarik lain di tersebut. Layanan itu menawarkan ruang kelas dan rapat yang didukung oleh teknologi AI, cloud computing, dan 5G. Dengan kemitraan strategis bersama Huawei, Indosat menghadirkan Solusi Kelas Pintar yang mengintegrasikan dunia fisik dan digital, memungkinkan interaksi yang lebih dinamis antara siswa dan guru.

"Inovasi ini memungkinkan pembelajaran yang lebih personal dan fleksibel, menjawab kebutuhan pendidikan modern yang tidak lagi terikat pada ruang dan waktu," aku Vikram.

4. Pengalaman interaktif Robot Pemandu dan AI Photobooth

Pengunjung juga akan disambut oleh Robot Pemandu berbasis AI yang tidak hanya memberikan informasi tetapi juga menghibur dengan tarian dinamis. Keberadaan robot menunjukkan bagaimana AI dapat mengubah interaksi manusia dengan teknologi menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Selain itu, AI Photobooth menjadi inovasi menarik lainnya, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto berkualitas tinggi dengan berbagai efek kreatif tanpa memerlukan keterampilan editing yang rumit. Teknologi ini memanfaatkan analisis wajah dan ekspresi untuk memberikan rekomendasi pose terbaik, menjadikan setiap foto tampak profesional.

Berita Terkini Lainnya