Comscore Tracker

Tips Mudah, 5 Cara Menghilangkan Iklan saat Menonton YouTube

Ngeselin banget lagi asik nonton YouTube tiba-tiba ada iklan

Iklan bagi sebagian orang merupakan informasi yang berguna, namun tidak sedikit yang kesal gegara keasikan menonton video di YouTube terganggu iklan. Tapi tenang berikut ada tips cara menghilangkan iklan saat menonton youtube yang mudah dipraktekkan. 

Sebagai platform berbagi video atau konten yang bisa ditonton secara gratis, salah satu cara YouTube untuk meraih pendapatan adalah dengan memberikan iklan ke dalam video-video di platform mereka. Sayangnya, hal tersebut tidak disukai oleh sebagian besar orang karena dinilai mengganggu.

Apalagi iklan di YouTube terkadang muncul di tengah-tengah asyiknya menonton sebuah video. Untungnya, ada beberapa cara atau trik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan iklan dari YouTube.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Iklan saat Menonton YouTube

1. Menambah (dot) di URL video

Tips Mudah, 5 Cara Menghilangkan Iklan saat Menonton YouTubeknowtechie.com

Salah satu user Reddit menemukan cara menarik sekaligus mudah untuk menghapus iklan dari YouTube. Caranya adalah dengan menambahkan “titik” atau (dot) setelah .com di URL yang sedang ditonton. Jadi alih-alih youtube.com/urlvideo, nantinya link yang terpampang di bar URL diubah menjadi youtube.com./urlvideo.

Metode ini diklaim menghilangkan semua iklan termasuk yang biasanya diputar di awal, di tengah dan di akhir video. Semua browser seperti Chrome, Edge dan Safari mendukung cara ini, kecuali Firefox yang akan melempar kembali ke halaman utama YouTube ketika metode ini diterapkan.

2. Melalui situs bernama ViewPure

Tips Mudah, 5 Cara Menghilangkan Iklan saat Menonton YouTubeviewpure.com

Selain menambah (dot) di URL video yang ingin ditonton, ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk menonton YouTube tanpa iklan. Cara yang satu ini juga tidak kalah mudah dari cara sebelumnya.

Yang perlu dilakukan adalah membuka situs bernama View Pure, lalu salin dan tempel URL video yang ingin ditonton di kolom yang sudah disediakan. Kemudian klik Purify dan tunggu sampai dialihkan ke halaman baru. Proses tidak akan memakan waktu lama dan jika sudah, kamu bisa langsung menonton video yang diinginkan tanpa terganggu iklan.

Baca Juga: 12 Konten YouTube Paling Disukai, Cari Viewer Lebih Mudah

3. Pasang ekstensi Adblock Plus

Tips Mudah, 5 Cara Menghilangkan Iklan saat Menonton YouTubemarketingland.com

Apabila dua cara sebelumnya mengharuskan kamu untuk melakukan langkah manual satu per satu, terdapat cara yang lebih sederhana dan sekaligus. Namun, cara ini hanya bisa digunakan di browser dengan dukungan ekstensi yang mana itu hanya ada di platform PC saja.

Caranya (untuk Google Chrome dan Microsoft Edge), pergi ke Chrome Web Store lalu cari Adblock Plus. Akan muncul halaman utama untuk Adblock Plus, kemudian klik Tambahkan ke Chrome dan Add Extension di bagian atas. Tunggu sebentar dan Adblock Plus akan otomatis terpasang.

4. Pakai browser bebas iklan

Tips Mudah, 5 Cara Menghilangkan Iklan saat Menonton YouTubemobilesyrup.com

Google Play Store merupakan rumah bagi banyak browser seperti Bromite, Brave Browser, Ghostery Privacy Browser dan AVG Browser. Semuanya bisa diunduh secara gratis dan menawarkan fitur luar biasa seperti VPN bawaan, pemblokir iklan, pemblokir tracker, mode browsing privat dan banyak lagi.

Dengan begitu, browser-browser tersebut dapat digunakan untuk mengakses YouTube dan menonton video yang ada di dalamnya tanpa iklan. Ini jadi cara alternatif untuk platform mobile mengingat cara sebelumnya hanya bisa diterapkan di platform PC.

5. Berlangganan YouTube Premium

Tips Mudah, 5 Cara Menghilangkan Iklan saat Menonton YouTubemashable.com

Tidak ada cara lebih mudah dan baik untuk menghindari iklan YouTube selain berlangganan YouTube Premium. YouTube Premium merupakan layanan berbayar resmi dari YouTube yang hadir dengan sejumlah keunggulan yang mana salah satunya adalah tidak adanya iklan.

Selain itu, mereka yang berlangganan YouTube Premium juga bisa mendapat akses penuh ke YouTube Music Premium di samping dukungan putar video di latar belakang dan unduh video untuk diputar secara offline. Bagi yang tertarik bisa mencoba versi uji coba selama satu bulan sebelum berlangganan Rp59 ribu per bulan.

Itulah deretan cara mudah untuk menghilangkan iklan di YouTube yang gampang dipraktekkan. Meski ada banyak cara yang mudah dan gratis, ada baiknya untuk tetap menggunakan cara legal yaitu berlangganan YouTube Premium dan mendukung penuh para kreator YouTube itu sendiri ya guys.

Baca Juga: Belajar Antiseptik dari Youtube, 2 Siswa SMP di Kudus Juara ASEAN

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya