Comscore Tracker

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan

Jangan sampai salah tuduh imposter ya

Among Us adalah game yang tengah naik daun. Among Us game online besutan Innersloth yang versi mobile-nya ini rilis 15 Juni 2018, 2 tahun sebelum viral seperti sekarang ini.

Game yang sebelumnya juga rilis di PC ini menceritakan astronaut yang tergabung di dalam crewmates dan impostor. Mereka bekerja di pesawat luar angkasa. Namun, beberapa orang dari anggota kru atau crewmates tersebut merupakan penipu atau impostor.

Tugas impostor adalah membunuh semua crewmates hingga jumlah crewmate yang tersisa setara dengan jumlah impostor itu sendiri. Dengan begitu, impostor akan menang. Namun, untuk mencegah impostor menang, crewmates harus melakukan tugasnya sembari mencari tahu siapa yang menjadi impostor, yang kemudian akan didepak keluar dari permainan.

Game yang mengharuskan para pemain untuk saling menuduh, bahkan memfitnah ini memanglah kocak, apalagi dengan kelakuan random para pemainnya. Beberapa hal nahas yang kocak memang acap kali terjadi secara tidak sengaja karena keabsurdan para pemainnya. Berikut adalah cara bermain Among Us dan beberapa hal yang mesti kalian hindari agar tidak dituduh menjadi impostor.

Baca Juga: Tak Kalah Seru, Ini 10 Game 'Fitnah' yang Mirip Among Us

1. Membunuh crewmate di depan kru pesawat yang lain

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering DilakukanDok. InnerSloth/AmongUs via youtube.com/Bots Gaming

Pada awalnya, semua berjalan baik-baik saja hingga ada orang yang datang mengacau. Impostor selalu mencari celah untuk membunuh crew saat mereka sendirian.

Nah, yang satu ini adalah hal sial yang mungkin pernah kamu alami selama menjadi impostor. Alih-alih membunuh tanpa ketahuan, eh, ada crew lewat. Malah kena report dan akhirnya kena eject deh!

2. Suka mengikuti pendapat orang lain, bahkan dengan impostor

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering DilakukanDok. InnerSloth/AmongUs

Yang ini sih gak heran. Orang yang inisiatif report juga biasanya dianggap sebagai orang yang punya petunjuk terbanyak. Jadi, kalau asal menuduh, pasti ada yang mengikuti.

Pada akhirnya, crew yang benar pun bisa celaka karena "fitnah berantai" ini. Jadi, kalau mulai diskusi, usahakan untuk memiliki alasan tersendiri, ya!

3. Kerap mengikuti crew lainnya

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering DilakukanDok. InnerSloth/AmongUs

Percaya atau tidak percaya, kalau dilihat, memang gak ada yang bisa dipercaya kalau bermain game ini. Namun, sepanjang permainan, pasti ada saja pemain yang mengikuti.

Hal ini bisa menimbulkan kecurigaan, entah karena dia itu impostor yang sangat nafsu membunuh atau cuma crewmate gak berdosa yang takut sendirian atau curiga. Yah, itu semua tergantung yang diikuti sih mau bagaimana nantinya.

4. Tetap chatting walaupun sudah jadi hantu

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering DilakukanDok. InnerSloth/AmongUs

Nah, yang satu ini useless. Kalau sudah meninggal, lebih baik menyelesaikan tugas dahulu, setelah itu kamu bebas melakukan apa pun.

Kamu memang bisa melihat para crew yang tersisa sedang menyelesaikan tugas atau mencari imposter- nya. Kamu juga bisa chat dan berkoar-koar kalau yang jadi impostor si hitam, misalnya. Sayangnya, semua usaha kamu itu gak berguna karena yang masih hidup gak bisa lihat.

5. Gak sengaja menekan tombol vent 

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering DilakukanDok. InnerSloth/AmongUs via twitch.tv/Sykkuno

Keluar masuk vent adalah kemampuan khusus yang hanya dimiliki impostor. Jadi, sebisa mungkin, jangan sampai kamu keluar masuk saat ada crew, ya. Namun, ini beda cerita kalau kamu, sebagai impostor, hendak membunuhnya.

Selain itum ada pula momen paling sial yang bisa saja dialami oleh impostor. Tombol sabotage dekat dengan vent. Jangan sampai salah pencet karena bisa-bisa crew akan mencurigaimu dan kamu ketendang dari permainan.

6. Sisa tiga orang, tapi masih saja berusaha membunuh saat sendiri

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering DilakukanDok. InnerSloth/AmongUs

Nah, ini kesalahan fatal para newbie impostor saat akhir-akhir permainan. Impostor tidak harus membunuh saat sendiri. 

Harusnya, saat tersisa tiga orang, sebenarnya impostor gak perlu membunuh saat dua orang crew  berpisah. Toh, sebenarnya impostor bisa menang kalau jumlah impostor sama dengan jumlah sisa crew. Jadi, tunggu apalagi? Terobos ajalah.

7. Cekcok sampai caps lock jebol

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering DilakukanDok. InnerSloth/AmongUs

Harusnya, kalau bermain game seperti ini, pikiran kita harus terbuka dan rasional. Hal seperti ini akan memperbaiki keadaan.

Bukannya sibuk memikirkan siapa impostor-nya, kamu jangan sampai malah ribut sendir, bahkan mengumpat. Kalau begini, siapa yang bakal di-vote?

8. Door sabotage malah kena sendiri 

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering DilakukanDok. InnerSloth/AmongUs

Di antara sekian hal nahas yang lazim menimpa crewmates, ternyata impostor lebih sial lagi. Bahkan, kelakuan impostor pun bisa berakhir konyol.

Inilah kebodohan impostor yang hobi menutup pintu, tapi malah terkunci sendiri. Niat mau menghabisi crew di dalam, eh, crew-nya keluar pas pintunya ditutup. Bisa bikin dicurigai, kan?

9. Dituduh impostor langsung baper 

Cara Bermain Among Us, Hindari 9 Kesalahan yang Sering DilakukanDok. InnerSloth/AmongUs

Jangan asal menuduh. Kalau punya bukti banyak disertai argumen yang kuat, bolehlah unjuk diri dan membalikkan argumen lawan.

Inilah realitas yang sering terjadi. Setelah dituduh jadi impostor, bukannya membela diri, malah pasrah. Sudah begitu, keluar game pula. Game  ini buat senang-senang, jangan sampai malah baper sendiri, ya.

Itulah cara bermain Among Us dan sembilan kesalahan yang sering dilakukan pemain dan harus kalian hindari. Wah sudah gak sabaran main nih, kalian sering jadi crewmates atau impostor?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sthan Dza di IDN Times Community dengan judul Tuman! 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Para Pemain Among Us

Baca Juga: Kocak Abis, 10 Chat Pemain Among Us Jadi Bikin Gagal Curiga

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya