Comscore Tracker

7 Alasan Sebaiknya Tidak Pakai Browser Google Chrome bagi Pengguna Mac

Browser apa yang kamu pakai?

Semarang, IDN Times - Google Chrome mempunyai popularitas yang luar biasa pada pengguna Mac. Hal itu menjadi pencapaian yang luar biasa mengingat Chrome bukanlah browser default. Banyak orang yang mengatakan bahwa Chrome lebih cepat dan ringan daripada Safari dan Firefox.

Hal itu bisa jadi benar di awal penggunaan Chrome pada Mac. Tapi sekarang tidak lagi. Melansir Make Use Of, tercatat sejak beberapa tahun lalu browser lain mengalahkan Chrome dari segi energi, privasi, dan kompatibilitas.

Oleh karena itu, Chrome mulai ditinggalkan. Berikut ini alasan-alasan mengapa pengguna Mac sebaiknya beralih ke browser lain, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

1. Chrome dapat menguras baterai MacBook

7 Alasan Sebaiknya Tidak Pakai Browser Google Chrome bagi Pengguna Macimore.com

Salah satu keunggulan MacBook adalah pada ketahanan baterainya. Sekali proses charging, baterai bisa bertahan hingga sepuluh jam. Namun browser yang kamu gunakan bisa mempengaruhi ketahanan tersebut.

Dilansir dari How-To Geek, Chrome terbukti bisa menguras baterai dengan cepat. Jika kamu tidak percaya, coba cek aplikasi apa yang memakai baterai paling banyak, Chrome selalu berada di daftar teratas. Google mengaku mereka sedang memperbaiknya, tetapi proses itu masih jauh dari kata selesai.

2. Extension yang menimbulkan masalah

7 Alasan Sebaiknya Tidak Pakai Browser Google Chrome bagi Pengguna Macvideoblocks.com

Chrome adalah browser yang menawarkan berbagai pilihan extension. Namun banyak di antaranya yang tidak gratis, terutama untuk extension favorit.

Masalah yang ditimbulkan oleh fitur tambahan tersebut tidak cukup sampai di situ. Ia adalah alasan utama kenapa Chrome menguras baterai MacBook dan selalu meminta akses untuk aktivitas browsing pengguna.

3. Chrome tidak menyesuaikan diri dengan sistem Mac

7 Alasan Sebaiknya Tidak Pakai Browser Google Chrome bagi Pengguna Mactechhive.com

Tidak seperti Safari, banyak fitur Chrome yang berbasis ChromeOS sehingga bertentangan dengan pengalaman pengguna. Sebagian besar aplikasi Mac langsung tertutup saat kamu menekan Cmd + Q.

Sedangkan di Chrome, cara tersebut tidak berfungsi. Browser keluaran Google tersebut juga lambat dalam mengikuti tren macOS. Contohnya adalah pada fitur Dark Mode.

Baca Juga: 7 Produk Buatan Google yang Paling Keren dan Super Canggih

4. Google, perusahaan asal Chrome, memantau penggunanya

7 Alasan Sebaiknya Tidak Pakai Browser Google Chrome bagi Pengguna Macmakeuseof.com

Google dan Apple terlihat memiliki kepentingan yang serupa, tetapi sebenarnya kedua perusahaan tersebut memiliki struktur yang cukup berbeda. Pendapatan Google banyak berasal dari iklan.

Ini berarti bahwa kamu bertindak sebagai pengguna sekaligus sebagai produk. Google bisa mendapatkan uang ketika mereka mendapatkan informasi tentang penggunanya untuk dijual lagi. 

5. Apple tidak memantaumu seperti Google

7 Alasan Sebaiknya Tidak Pakai Browser Google Chrome bagi Pengguna Macboygeniusreport.files.com

Model bisnis Apple didasarkan pada penjualan hardware untuk penggunanya. Software Apple pada umumnya bisa didapatkan dengan gratis.

Tidak hanya itu, karena basis bisnisnya adalah penjualan, Apple tidak akan memantau penggunanya sesering dan semasif Google. Sebagai komitmennya, perusahaan tersebut mengeluarkan proteksi privasi di macOS Mojave yang bisa menghalau situs untuk melacak penggunanya. 

6. Ad blocker tidak bekerja dengan maksimal

7 Alasan Sebaiknya Tidak Pakai Browser Google Chrome bagi Pengguna Macmythemeshop.com

Jika kamu adalah pengguna lama Chrome, kemungkinan kamu sudah mengaktifkan extension penghalau iklan atau ad blocker. Memang tidak ada salahnya, tetapi fitur tersebut memiliki kelemahan.

Ad blocker baru melihat situs setelah informasinya masuk ke dalam browser dan menghapus konten yang diblokir setelahnya. Hal ini bisa memperlambat kinerja Chrome.

7. Chrome tidak kompatibel dengan sebagian macOS

7 Alasan Sebaiknya Tidak Pakai Browser Google Chrome bagi Pengguna Macvox-cdn.com

Ketentuan sistem Chrome tidak kompatibel dengan macOS di bawah Yosemite. Kamu memang bisa meng-update tanpa biaya.

Namun banyak orang yang tidak mau melakukannya karena berbagai alasan. Oleh karena itu, mereka lebih memilih untuk menggunakan browser lain yang sesuai dan lebih baik.

Alasan-alasan di atas bisa menjadi bahan pertimbanganmu jika masih menggunakan Chrome. Ada banyak alternatif browser lain yang bisa kamu coba, lho. Akan tetapi jika kamu memang lebih familier dengan Chrome, tidak perlu memaksakan diri untuk ganti ya, sesuaikan saja dengan preferensimu.

Baca Juga: Cara Mudah Setting Aplikasi Zoom di Laptop dan HP, Ngetren saat WFH

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya