Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp atau WA yang Terhapus

Sering-sering backup ya guys

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang populer digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Selain penggunaannya yang mudah, WA juga dilengkapi berbagai fitur yang lengkap.

Termasuk diantaranya yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus file, baik dari diri sendiri maupun orang lain. Fitur ini dikenal sebagai "Delete for Me". Menggunakan layanan ini pengguna WhatsApp bisa menghapus foto dan media lain yang tidak penting agar memori tak penuh. 

Namun tak jarang, jari kita justru "terpeleset" dan justru menghapus foto penting yang masih kita butuhkan ke depannya. Apakah kamu pernah atau sedang mengalaminya saat ini? Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana cara mengembalikan foto WhatsApp yang terhapus itu, kan? 

Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkannya kok. Yuk, simak berikut ini dan cobalah di smartphone kamu!

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus, Pasti Berhasil!

1. Dapatkan dari file backup WhatsApp

5 Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp atau WA yang Terhapusmobiletrans.wondershare.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus adalah melalui backup. Pada umumnya file yang terhapus tersimpan di Google Drive jika kamu menggunakan smartphone Android dan iCloud jika kamu menggunakan perangkat iOS.

Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang hilang tersebut? Sebelum itu, pastikan kamu adalah pengguna yang aktif melakukan backup, ya. Jika kamu memenuhi syarat tersebut, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Cek kapan terakhir kamu backup. Masuklah ke Settings > Chats > Chat Backup;
  2. Di sana, akan ada informasi mengenai waktu terakhir backup yang dilakukan WhatsApp. Jika foto yang terhapus berada di kurun waktu tersebut, silakan uninstall aplikasimu;
  3. Install kembali aplikasi dan log in seperti biasanya;
  4. Ketika ada notifikasi untuk restore data melalui backup, iyakan dan klik Next;
  5. Setelah proses restore selesai, kemungkinan besar fotomu akan kembali. 

2. Cari foto di folder media WhatsApp

5 Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp atau WA yang Terhapusedutech.com.ng

Sering kali, foto atau media lain yang terhapus pada aplikasi masih tersimpan di dalam smartphone. Tepatnya di dalam folder media WhatsApp. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mencoba mencari file tersebut di sana. 

Caranya adalah masuk ke dalam Files kemudian pilih penyimpanan internal smartphone kamu. Setelah itu, klik WhatsApp > Media > WhatsApp Images. Coba cari foto yang kamu hilangkan secara teliti di sana. Jika kamu menemukannya, segera simpan ulang atau salin ke folder yang lebih aman. 

3. Mengembalikan foto yang terhapus melalui Google Drive

5 Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp atau WA yang Terhapusariessoftware.org

Berikutnya, kamu juga bisa mengembalikan foto yang terhapus melalui Google Drive. Namun perlu diingat bahwa cara yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna smartphone Android, ya. Berikut ini langkah yang harus kamu coba:

  1. Masuklah ke Google Drive melalui browser atau aplikasi;
  2. Masuk ke Trash atau Sampah yang ada di menu bagian kiri;
  3. Foto dan media yang pernah kamu hapus dari WhatsApp kemungkinan besar muncul di sana. Sebab Google Drive merupakan tempat backup WhatsApp untuk Android;
  4. Pilih file yang kamu inginkan, kemudian pilih Restore atau Pulihkan.

4. Gunakan WhatsRemoved+

5 Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp atau WA yang Terhapusplay.google.com

Tak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada pihak ketiga untuk memulihkan foto yang hilang. Dalam kasus ini, aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah WhatsRemoved+. Aplikasi ini memiliki fungsi yang beragam. Mulai dari menampilkan pesan yang dihapus oleh pengirimnya hingga mengembalikan foto yang hilang. 

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menggunakannya:

  1. Download WhatsRemoved+ di Google Play Store;
  2. Install dan berikan izin untuk mengakses WhatsApp;
  3. Pilih opsi Save Files dan klik Allow;
  4. Semua salinan foto, file, dan chat dari WhatsApp akan tersimpan di dalam aplikasi ini. Bahkan yang telah terhapus sekalipun. 

5. Mintalah foto kepada orang yang terlibat dalam percakapanmu di WhatsApp

5 Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp atau WA yang Terhapusussfeed.com

Cara-cara di atas memang tidak selalu berhasil. Semuanya bergantung pada perangkat yang kamu gunakan dan intensitas setiap orang untuk melakukan backup. Jika tak ada satu pun cara yang bekerja untukmu, ini merupakan alternatif terakhir yang bisa dilakukan. 

Kamu sebaiknya meminta foto tersebut kepada orang yang terlibat dalam percakapanmu di WhatsApp. Sebab kemungkinan besar, file tersebut telah tersimpan atau setidaknya bisa diakses di dalam media WhatsApp mereka. Mudah, kan?

Itulah cara-cara mudah mengembalikan atau memulihkan foto yang terhapus di WhatsApp atau WA yang bisa kalian coba. Nah agar tak lagi kejadian foto terhapus dan mudah mencari foto yang sudah di delete kalian harus rajin-rajin back u ya.  Semoga bermanfaat

 

Baca Juga: 6 HP yang Gak Bisa Lagi Pakai WhatsApp di 2021, Update Smartphonemu

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya