TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Jitu agar Kamu Tidak Ketinggalan Pesawat Terbang

Lakukan persiapan dari hari sebelumnya

ilustrasi menunggu keberangkatan di bandara (Pexels.com/Victor Freitas)

Intinya Sih...

  • Persiapkan barang bawaan dan dokumen penting dengan matang, terutama jika membawa anak kecil atau lansia.
  • Lakukan check in online untuk menghemat waktu di bandara, tetapi tetap tiba 1-2 jam sebelum penerbangan.
  • Persiapkan istirahat yang cukup sebelum penerbangan, atur mode transportasi ke bandara, dan pastikan mengetahui detail lokasi bandara serta gate keberangkatan.

Menurut sebagian banyak orang, menggunakan mode transportasi pesawat untuk liburan atau business trip, merupakan pilihan yang terbaik. Sebab dengan memilih menggunakan pesawat terbang perjalanan akan lebih aman sekaligus cepat untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Bagi pengguna pesawat terbang, diharapkan datang lebih awal agar bisa mempersiapkan diri.

Apalagi jika membawa serta anak kecil dan lansia. Perjalanan menuju gate pesawat juga membutuhkan waktu serta tenaga ekstra. Agar kamu tidak terkena risiko ketinggalan pesawat, berikut ini sederet cara jitu yang bisa kamu lakukan.

1. Selesaikan packing barang bawaan sehari sebelum keberangkatan

Packing barang bawaan merupakan aktivitas yang cukup menyita waktu. Kamu harus mempersiapkan secara matang, barang-barang yang benar-benar dibutuhkan selama bepergian. Tidak hanya pakaian, namun kamu juga harus mempersiapkan dokumen penting, obat-obatan pribadi, serta alat grooming lainnya.

Terutama jika kamu membawa si kecil, kamu harus memastikan kebutuhannya terpenuhi, agar nyaman selama perjalanan. Sebab itulah, menyusun daftar yang harus dibawa baiknya dilakukan dari jauh hari. Dan, pastikan satu hari sebelum keberangkatan ke bandara kamu tidak lagi cemas dengan barang bawaan.

Dengan begitu, esok hari sebelum berangkat kamu tidak terburu-buru. Kamu punya banyak waktu luang untuk lebih tenang menuju bandara. Sesampainya di pemeriksaan, prosesnya juga lebih cepat, karena sudah kamu siapkan dengan baik.

2. Lakukan check in online

Langkah selanjutnya, agar kamu tidak ketinggalan pesawat adalah dengan melakukan check in online. Pelayanan check in online, biasanya dapat dilakukan sejak 24 hingga 48 jam sebelum jam penerbangan. Layanan ini akan membantumu menghemat banyak waktu.

Kamu tidak perlu mengantre panjang di bandara. Meskipun kamu sudah melakukan check in online, pastikan kamu sudah berada di bandara 1-2 jam sebelum jam penerbangan, ya. Sambil menunggu keberangkatan, kamu bisa duduk bersantai mempersiapkan diri.

Baca Juga: 5 Tips Menentukan Durasi Liburan, Pertimbangkan Banyak Hal!

3. Tidur malam lebih cepat

Ketinggalan pesawat merupakan hantu menakutkan bagi setiap pengguna pesawat terbang. Tidak hanya bikin jadwalmu kacau, namun ada banyak waktu serta biaya yang perlu kamu keluarkan lagi. Maka dari itu, persiapkan secara matang agar tidak ketinggalan pesawat, dengan mengatur jam istirahat.

Jika penerbanganmu dilakukan pada pagi hari, hindari begadang atau beraktivitas hingga melelahkan di malam sebelumnya. Jika diperlukan, kamu bisa memilih menginap di hotel dekat bandara. Kalau sudah istirahat cukup, kamu bisa bangun lebih pagi, bisa berpikir lebih jernih dengan berbagai persiapan menuju bandara.

4. Persiapkan mode transportasi menuju bandara

Tidak hanya packing dan persiapan pribadi saja yang harus dilakukan agar tidak ketinggalan pesawat, lho. Namun, gak kalah pentingnya untuk mempersiapkan mode transportasi dari rumah ke bandara. Jika menggunakan mobil pribadi, pastikan supir tahu arah perjalanan menuju bandara, sekalipun dengan jalan pintas.

Metode lainnya, kamu bisa lakukan jadwal penjemputan secara online. Perhitungkan jarak rumah menuju bandara, terutama saat jam-jam macet. Pastikan saat penjemputan telah tiba, kamu sudah siap menuju bandara dengan barang bawaanmu, ya

5. Ketahui detail gate pesawat dan lokasi terminal

Sebelum menuju bandara, pastikan kamu sudah mengetahui detail lokasi bandara, terminal bahkan gate tempat menunggu keberangkatan. Untuk mengetahuinya kamu bisa cek di situs resmi maskapai penerbangan. Kalau salah lokasi, ini juga berisiko akan membuatmu ketinggalan pesawat.

Kamu membutuhkan waktu tambahan, untuk mencari lokasi yang benar. Jika ragu, cepatlah bertanya kepada petugas agar tidak makin tersesat. Saat sudah berada di gate yang benar, dengarkan dengan cermat pengumuman di bandara, ya.

Meskipun sudah spare banyak waktu, namun tidak mendengarkan pengumuman di bandara, juga berpotensi untuk ketinggalan pesawat, lho. Apalagi kalau ada perubahan gate atau jadwal penerbangan secara mendadak. Nah, dengan mengikuti lima cara di atas, dijamin deh, kamu gak akan merasakan drama ketinggalan pesawat.

Baca Juga: 5 Cara Efektif untuk Mengurangi Emisi Karbon selama Liburan

Verified Writer

Yovi Aprilia

Haii, sudah baca berapa lembar hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya