Comscore Tracker

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!

Yuk, buruan cobain

Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang populer akan beragam kuliner lezat. Jika berada di tengah kota Semarang dan ingin mencoba untuk wisata kuliner, tidak ada salahnya untuk mengunjungi 10 tempat di bawah ini, yang wajib dicoba ketika datang di Semarang. Ini dia daftarnya!

1. Lumpia Gang Lombok

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/masak2dengannick

Bila kamu tengah kebingungan mencari rekomendasi lumpia yang lezat datangi saja Lumpia Gang Lombok. Lumpia Gang Lombok merupakan salah satu lumpia tertua yang ada di Semarang, lho. Usianya bahkan sudah satu abad lebih.

Ada dua macam lumpia yang dijual yaitu lumpia basah dan kering dengan dua pilihan isian yaitu ayam dan udang. Satu buah lumpia bisa kamu dapatkan dengan harga Rp15.000,-.

2. Nasi Ayam Bu Nyoto

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/horizonhoman

Nasi ayam Bu Nyoto menjadi salah satu tujuan utama yang kerap didatangi para penikmat kuliner. Nasi ayamnya sendiri sepintas mirip nasi liwet Solo namun nasi ayam yang satu ini menggunakan kuah opor berwarna kuning.

Kedai yang sudah mulai buka sejak tahun 1970-an ini menyajikan nasi ayam dengan isian nasi, tahu, suwiran ayam, telur bacem, sayur labu siam dan juga krecek yang di siram dengan kuah opor. Satu porsinya hanya Rp18.000,-.

Jika suka kamu juga bisa mencoba beragam sate-satean seperti sate jeroan maupun usus.

3. Pecel Bu Sumo

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/kakilimasemarang

Pecel yang satu ini populer banget lho di Semarang namanya Pecel Bu Somo. Pecel ini berdiri dari sekitar tahun 1965-an dan kini telah memiliki empat cabang.

Selain karena rasanya yang gurih dan nikmat, Pecel Bu Sumo juga terkenal akan harganya yang murah. Satu porsi pecel hanya dijual dengan harga kurang lebih Rp8.000,- saja. Kamu juga boleh kok menambah teman makan pecel kamu seperti baceman, aneka lauk pauk, dan gorengan.

4. Soto Bokoran 1949

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/leonyvh

Seperti namanya, Soto Bokoran sudah mulai berdiri dari sejak tahun 1949. Setiap hari kedainya tak pernah sepi pembeli. Satu mangkok soto dihargai sebesar Rp12.000,- saja. Meski disajikan dengan mangkok kecil namun pas banget di perut, lho.

Kuah sotonya pun berwarna sedikit kecokelatan dan tidak terlalu manis seperti kebanyakan soto lainnya. Selain itu ada banyak pula pilihan menu pendamping soto yang bisa kamu pilih mulai dari telur bacem hingga sate-satean. Selain sotonya, kamu juga harus coba perkedelnya yang enak banget, guys.

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba Selain Lumpia, Mak Nyus!

5. Es Puter Conglik

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/jakulsemarang

Banyak orang bilang Semarang berada di luar bumi tepatnya di dekat matahari karena saking panasnya. Nah, jika kamu butuh yang segar-segar untuk melepas dahaga, kamu boleh coba datang ke salah satu es putar legendaris yang bernama Es Puter Conglik.

Ada empat varian rasa yang bisa kamu coba di sini seperti durian, alpukat, kelapa dan juga coklat. Jangan khawatir es puter ini tidak menggunakan pemanis buatan dan pengawet buatan alias 100% menggunakan bahan alami seperti gula, santan dan juga buah-buahan.

Satu porsi es puternya dijual dengan harga sekitar Rp15.000-20.000,- saja.

6. Gudeg Koyor Mbak Tum

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/fennywijanarko

Hampir semua orang Semarang pasti setuju bahwa kuliner yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Meski berjualan di warung yang sederhana namun jangan salah karena pelanggannya mulai dari pejabat hingga para artis, lho.

Berbeda dengan nasi gudeg Jogja yang cenderung manis, Gudeg Koyor Mbak Tum cenderung lebih asin dan gurih dilengkapi pula dengan koyor yang lembut dan empuk.

Gudeg Koyor Mbak Tum ini buka hingga dini hari lho, jadi cocok banget buat kalian yang mencari destinasi makan di malam hari. Harga per posinya mulai dari Rp15.000-40.000,- saja.

7. Tahu Gimbal Pak Edi

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/acinlie

Salah satu makanan khas dari Semarang adalah tahu gimbal. Bila kamu tengah mencari tempat makan yang menjual tahu gimbal datangi saja Tahu Gimbal Pak Edi. Tahu Gimbal Pak Edi tidak membuka cabangnya, ya. 

Gimbal sendiri merupakan bakwan yang berisikan udang. Kamu bisa menikmati seporsi tahu gimbal dengan porsi melimpah ruah dengan harga mulai dari Rp17.000-20.000,-.

8. Nasi Goreng Babat Hengky

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/hobimakanenak

Bila kamu tengah di Semarang, sempatkan diri untuk datang ke Nasi Goreng Babat Hengky. Nasi goreng yang satu ini juga tak kalah populernya lho di kalangan para pejabat dan artis. Nasi goreng babat ini eksis dari sekitar tahun 1988, lho.

Uniknya nasi goreng ini dimasak menggunakan kayu bakar. Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati seporsi nasi goreng babat saja, melainkan juga paru goreng. Seporsi nasi goreng babat d jual dengan harga Rp25.000 saja.

Karena tempat ini selalu ramai pengunjung, sebaiknya hindari datang pada jam-jam ramai sekitar jam 8-9 malam.

9. Angkringan Pak Gik

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/horizonhoman

Apakah kamu merupakan tipe orang yang senang berburu kuliner malam? Jika iya, datangi saja Angkringan Pak Gik. Di sini ada beragam menu nasi yang bisa kamu pilih. Mulai dari nasi ayam rica-rica, nasi pedo, nasi kuning, nasi babat, nasi ayam lombok ijo, dan masih banyak lagi.

Di Angkringan Pak Gik juga punya beragam menu pendamping mulai dari gorengan hingga sate. Lengkap pula dengan minuman yang siap menemani malam kamu di Semarang seperti STMJ (susu, telur, madu, jahe).

Harga nasi per bungkusnya hanya sekitar Rp2.500 saja dan harga lauk per bijinya dijual mulai dari Rp500 saja, lho.

10. Tahu Pong Karangsaru

10 Tempat Kuliner di Semarang ini Gak Boleh Dilewatkan, Wajib Coba!instagram.com/semarangfoodhunter

Destinasi kuliner yang satu ini juga cukup legendaris lho. Pasalnya Tahu Pong Karangsaru sudah mulai eksis sejak tahun 1949 di Semarang. Bagi yang belum tahu apa itu tahu pong, makanan merupakan tahu yang dibagian tengahnya kosong atau kopong.

Dalam seporsi tahu pong Karangsaru kamu akan mendapatkan tahu pong, tahu emplek, tahu gimbal, dan juga telur lengkap dengan siraman kuah petis udang yang sangat lezat.

Seporsi Tahu Pong Karangsaru bisa kamu nikmati hanya dengan membayar mulai dari Rp16.000-32.000 saja.

Itulah, 10 destinasi kuliner Semarang yang tidak boleh kamu lewatkan. Daftar di atas hanya beberapa saja, lho sebab masih ada banyak lagi kuliner yang ada di Semarang. Bagaimana, apakah kamu tertarik ingin langsung mencoba? Jangan lupa protokol kesehatan virus corona (COVID-19) ya, guys!

Baca Juga: 6 Air Terjun di Semarang yang Bakal Bikin Kamu Terpesona

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Annisa Nur Fitriani di IDN Times Community dengan judul Ini Dia 10 Destinasi Kuliner Semarang yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya