Comscore Tracker

Awal 2022, Lawang Sewu Dibanjiri Pengunjung, Turis Asing Juga Berdatangan

Lawang Sewu kembali jadi obyek wisata favorit bagi pelancong

Semarang, IDN Times - Memasuki awal 2022, sejumlah wisatawan kembali melirik Lawang Sewu sebagai jujugan favorit untuk menghabiskan waktu luangnya. Situasi tersebut terlihat saat para pelancong berdatangan ke gedung perkeretaapian kuno zaman kolonial Belanda itu pada Sabtu (8/1/2022). 

 

1. Manajer Lawang Sewu kaget banyak wisatawan menyerbu saat akhir pekan

Awal 2022, Lawang Sewu Dibanjiri Pengunjung, Turis Asing Juga BerdatanganRuangan basement yang kerap disangka lorong bawah di Lawang Sewu Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Manajer Historical Building and Museum, PT KA Wisata, Trisna Cahyani mengaku terkejut dengan lonjakan jumlah wisatawan yang ada di Lawang Sewu. Pasalnya ia tak menyangka dari prediksi awal sekitar 3.500 wisatawan, namun saat akhir pekan kemarin jumlahnya justru meroket naik. 

"Awaknya sih kita ngiranya gak lebih dari 3.500 pengunjung. Tapi ternyata sampai Sabtu malam kemarin wisatawan yang liburan ke Lawang Sewu sudah mencapai lebih dari 5.000 orang," kata Trisna kepada IDN Times, Selasa (11/1/2022). 

Baca Juga: ASN Dilarang Cuti, Wisatawan Goa Kreo dan Lawang Sewu Turun Drastis

2. Turis asing juga mulai berdatangan ke Lawang Sewu

Awal 2022, Lawang Sewu Dibanjiri Pengunjung, Turis Asing Juga BerdatanganDok.IDN Times/istimewa

Dari jumlah tersebut lonjakan wisatawan di Lawang Sewu sudah dua kali lipatnya dibanding situasi normal. Menurut Trisna, wisatawan yang kerap liburan ke Lawang Sewu didominasi para turis lokal yang datang dari luar kota macam Jakarta, Bandung, Surabaya dan daerah lainnya. 

Namun demikian sejumlah turis asing juga ada berdatangan ke Lawang Sewu untuk menikmati liburan akhir pekan. "Wisatawan asingnya baru sedikit, sekitar 3-4 orang. Paling banyak itu ya turis lokal. Biasanya turis lokal datangnya rombongan dalam satu bus," ungkapnya. 

3. Lonjakan wisatawan disebabkan jadwal liburan diubah oleh biro wisata

Awal 2022, Lawang Sewu Dibanjiri Pengunjung, Turis Asing Juga Berdatanganinstagram.com/syaifulanammm

Ia menjelaskan naiknya jumlah wisatawan disebabkan banyak biro wisata yang menunda melayani liburan saat tahun baru kemarin. 

Sebagai gantinya orderan melayani perjalanan wisata dialihkan setelah tahun baru. Dan momentum akhir pekan kemarin, katanya benar-benar menjadi berkah bagi pihaknya mengingat banyak orang yang memilih liburan ke Lawang Sewu. 

"Biasanya, sesudah masa libur Natal dan tahun baru adalah masa sepi, jumlaj pengunjung menurun drastis sampai di bawah angka 1.000 orang. Masa sepi atau low season biasanya berlangsung pertengahan Maret. Tapi karena biro wisata banyak menunda orderan saat tahun baru, jadinya baru sekarang ini orang-orang mulai bisa menikmati liburan ke Lawang Sewu," terangnya. 

Trisna pun berharap saat akhir pekan berikutnya pengunjung di Lawang Sewu bisa bertahan di angka 2.500 orang per hari. Untuk hari-hari biasa, secara rutin terpantau ada sekitar 1.500 wisatawan yang mampir ke Lawang Sewu. 

Baca Juga: Lapuk Terkikis Hujan, Atap Gedung Lawang Sewu Disangga Pakai Bambu

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya