Comscore Tracker

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Enaknya tinggal di Solo, bikin iri kota lain

Siapa orang Indonesia yang tidak mengetahui kota Solo? Sejak Jokowi ramai diberitakan akan melaju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, lalu menuju RI 1, nama Kota Solo banyak disebut. Kalau kamu pernah mampir ke kota ini, kamu pasti mengerti mengapa warga kota Solo begitu betah tinggal di kota ini.

1. Masyarakatnya ramah.

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Di Solo, meski hanya berkunjung kamu bisa merasakan atmosfer pembauran sosial budaya yang kuat. Masyarakat dari beragam suku, bangsa, budaya dan agama, bisa berbaur dengan harmoni. Saat menjelang imlek, kamu bisa lihat banyak lampion merah bergantung di penjuru Kota Solo, mempercantik suasana kota siang dan malam.

2. Transportasi memadai.

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Meski bukan kota metropolis, tapi transportasi dan akomodasi di Solo sangat memadai. Mulai dari taksi, bus, kereta api, ojek hingga becak, semuanya ada di kota ini. Bahkan Solo punya trem lho! Di Solo, bus dan taksi juga tersedia 24 jam. Kalau kamu bingung mau ke mana naik apa, ada banyak pilihan menantimu!

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

3. Fasilitas kota yang sangat mumpuni.

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya ada semua. Di Solo, banyak universitas negeri ataupun swasta yang memiliki fakultas lengkap dan mutu tingkat nasional, di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS). Di Solo juga, ada situs-situs budaya dan pementasan kesenian tradisional yang masih gampang ditemui. Sektor ekonomi pun sangat memadai dengan adanya puluhan pasar tradisional yang menyediakan bahan mentah. Semasa kepemimpinan Jokowi, ada banyak kawasan tak menarik yang direnovasi menjadi public space yang nyaman untuk menjadi tempat berkumpulnya warga, misalnya Urban Forest dan Taman Sekartaji.

4. Pencemaran lingkungan di Solo tidak parah.

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Ini karena banyak pabrik besar tidak ditempatkan di pusat kota, sehingga pencemaran udara, air dan tanah di Kota Solo pun relatif kecil. Bersepeda di jalanan Kota Solo pun masih terasa sangat nyaman karena hampir di setiap sudut jalanan ada pohon-pohon besar yang rindang, sehingga siang yang terik pun menjadi lebih sejuk. Bahkan, City Walk di Jalan Slamet Riyadi udah kayak di Eropa lho!

5. Biaya hidup yang relatif murah.

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Untuk kota dengan infrastruktur seperti Solo, biaya hidup bisa dibilang sangat terjangkau. Dengan berbekal 6.000 rupiah saja kamu udah bisa mendapatkan makanan yang mengenyangkan dan enak.

6. Cari mobil bekas? Ke Solo saja!

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Tak banyak yang tahu soal ini. Tapi, kalau kamu ingin beli mobil bekas dengan kondisi yang masih sangat bagus tapi harganya relatif miring, coba berkunjunglah ke Solo. Kamu gak akan kecewa deh dengan koleksi mobil berplat AD yang masih mulus-mulus yang akan kamu temui!

7. Kulakan? Ke Solo saja!

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Jangan heran kalau berita kebakaran Pasar Klewer beberapa waktu silam menjadi berita yang cukup masif. Solo adalah salah satu kota pusat grosir. Sangat banyak pedagang retail dari kota-kota di sekitar Solo (bahkan sampai retail di Surabaya) mengambil barang dagangannya dari kota ini, salah satunya ya di Pasar Klewer itu tadi.

8. Surganya wisata kuliner.

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Kalau kamu lewat kota Solo, ada sangat banyak makanan khas yang tak boleh kamu lewatkan. Mulai dari Timlo Solo, Nasi Liwet, Selat Solo, Tengkleng, Sate Buntel, Bakso Solo dan Es Krim Tentrem. Bahkan Kota Solo punya tiga legenda kuliner: Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang sudah ada sejak tahun 1950, serta Es Krim Tentrem dan Timlo Sastro, yang keduanya sudah populer sejak tahun 1952! Wisatawan dari luar kota Solo juga biasanya berburu oleh-oleh di Toko Roti Orion atau Serabi Notosuman. Ngomongin kuliner Solo, kayaknya bakal nggak ada habisnya dah!

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

9. Tongkrongan malam di Kota Solo.

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Kalau kamu sedang di Solo dan kalau malam bingung mau ngapain, kamu bisa pergi ke Pasar Malam Galabo (Gladag Langen Bogan) yang ada di Jalan Mayor Sunaryo. Pasar ini buka dari jam 5 sore- 5 pagi, sedangkan siangnya lokasi pasar dipakai sebagai jalan raya. Menariknya, Pasar Galabo juga dilengkapi akses WiFi gratis dan live music lho! Kalau pas malam minggu, kamu bisa menuju ke Jalan Diponegoro dan mengunjungi Pasar Malam Ngarsopuro. Di pasar malam ini, aneka kuliner, kerajinan tangan sampai pertunjukan dari berbagai komunitas anak muda bisa kamu lihat.

10. Bosan sama tongkrongan 'tradisional'?

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Kalau kamu merasa tongkrongan tradisional yang ada di poin nomor 9 tadi tidak menarik, kamu juga bisa berkunjung ke berbagai mall di Solo. Meski tak sebesar di Jakarta atau Surabaya, mall di Solo juga bagus. Kamu juga bisa nonton bioskop di mall, kalau masih bosan.

11. Kota batik

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Sebagaimana diketahui seluruh dunia, batik sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, dan di Indonesia salah satu kota yang sangat mengakar seni batik-nya adalah di Solo. Di kota ini, mulai dari kain hingga kayu, semua bisa dibuat batik. Beberapa merk batik ternama di Indonesia seperti Batik Keris dan Batik Danarhadi yang memang punya koleksi batik super cantik, berpusat di kota ini. Tiap tahun, ada juga Solo Batik Carnival, yang menandai kecintaan kota ini terhadap Batik. 

12. Dekat dengan berbagai tempat wisata lain.

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Keuntungan tambahan kalau kamu tinggal di Solo itu rasanya bikin iri banget deh. Di dalam kotanya sendiri banyak objek wisata dan peninggalan Belanda yang masih terjaga dengan asri, Kampung Batik Laweyan, sampai Keraton. Kalau masyarakat Solo bosan berwisata di dalam kota, di luar Solo juga sangat banyak tempat wisata. Kamu cuma perlu berkendara sekitar 90 menit untuk menuju Yogyakarta atau menuju Tawangmangu yang punya objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu, Kebun Teh Kemuning, Lansekap terasering yang mempesona dan Kebun Strawberry. Dekat pula dengan Telaga Sarangan yang mempesona di lereng Gunung Lawu. Kalau orang Solo ingin hiking, tinggal pilih mau ke Gunung Lawu atau Gunung Merapi. Nggak ada habisnya deh pokoknya!

Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

Kayaknya warga Solo sukses bikin seluruh Indonesia gigit jari karena iri nih. Modernitas dan tradisi sukses melebur jadi satu di Solo, tanpa lupa menyebut banyaknya tradisi yang bisa berjajar dengan harmonis. Memang, yang paling pas untuk menggambarkan harmoninya kehidupan di Kota Solo adalah lagu "Bengawan Solo". Ya, irama lagu keroncong yang mendayu-dayu yang sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa ini benar-benar mewakili napas dinamika kehidupan di Solo. Syahdu, nyaman, dan damai. Kapan ya IDNtimes bisa berkunjung ke kota Solo lagi?

Topic:

  • Nugroho Adi Purwoko

Just For You