Comscore Tracker

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!

Gak kalah dari Yogyakarta dan Semarang

Ngomongin soal kota wisata di Jawa Tengah, pasti kita sudah gak asing lagi dengan Yogyakarta, Semarang, Magelang, Demak, Surakarta, dan sebagainya. Sementara ini, Yogyakarta tampaknya paling populer dibandingkan lainnya. Meski demikian, bukan berarti daerah lain kurang layak dijadikan destinasi wisata utama.

Seperti halnya Surakarta atau Solo yang menjadi salah satu pilihan terbaik millennials merantau, karena adanya Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Destinasi wisata Solo cukup lengkap, mulai wisata alam, budaya, sejarah, religi, hingga kekinian. Coba cek tempat wisata di Solo mana saja di bawah ini yang sudah pernah kamu kunjungi?

Baca Juga: Tinggal di Solo Memang Nyaman, Ini Lho Buktinya

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!IDN Times/Deby Amaliasari

Hingga saat ini, Keraton Surakarta masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan. Tempat ini bisa menjadi destinasi terbaik untuk belajar sejarah Solo. Pasalnya, keraton yang dibangun pada 1744 ini menjadi simbol cikal bakal Solo.

Keraton yang berlokasi di Jalan Baluwarti, Pasar Kliwon, ini memiliki museum yang menyimpan artefak bersejarah. Kamu bisa melihat peninggalan kasunan, pusaka keraton, alat musik, pemberian dari raja-raja Eropa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Istana Mangkunegaran

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!instagram.com/fathiauqim

Tempat bersejarah lainnya adalah Istana Mangkunegaran yang berada di Jalan Ronggowarsito Nomor 83. Istana ini digagas Mangkunegara I yang mengikuti model keraton pada 1757. Sekarang, Istana berasitektur khas Eropa ini telah menjadi pusat budaya dan seni Solo. 

Rabu menjadi waktu terbaik datang ke sini. Sebab, ada pagelaran gamelan rutin mingguan. Kamu hanya cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu.

3. Museum Batik Danar Hadi

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!indonesiakaya.com

Siapa sih yang gak tahu kualitas batik Solo? Saking bagusnya, Solo memiliki museum batik Danar Hadi yang terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 261. Museum ini memiliki lebih dari 10 ribu koleksi kain batik dengan berbagai motif.

Maka dari itu, gak heran kalau Danar Hadi dinobatkan sebagai Museum Rekor-Dunia Indonesia sebagai pemilik koleksi kain batik terbanyak. Kerennya lagi, terdapat pabrik batik tulis dan cap yang dibuka untuk para wisatawan.  

4. Kampung Batik Kauman

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!instagram.com/kokogiovanni

Puas berkeliling museum, ini saatnya buat kamu singgah ke kampung batik di Kauman, Pasar Kliwon. Berada di kompleks kota tua, kamu akan dibuat kagum dengan bangunan kuno di sekitarnya. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beragam pengrajin batik di sepanjang perjalanan.

Menurut sejarah, kawasan perkampungan Kauman dulunya menjadi tempat pembuatan batik bagi keluarga keraton. Selain di sini, kamu bisa menemukan kawasan serupa di Jalan Dr. Radjiman Nomor 521.

5. Pasar Triwindu

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!instagram.com/keliling_solo

Pasar Triwindu bakal menjadi tempat yang menyenangkan kolektor barang antik atau pecinta fotografi. Pasalnya, pasar yang sudah ada sejak 1939 tak pernah lekang oleh waktu.

Bak mencari harta karun, kamu akan menemukan berbagai barang antik, unik, dan menarik di sini. Gak ada ruginya, kok sekadar lihat-lihat ke Pasar Triwindu.

Baca Juga: 7 Kuliner Solo Jujugan Presiden Jokowi Ini Bisa Menjadi Referensimu

6. Agrowisata Sondokoro

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!IDN Times/Deby Amaliasari

Kalau pengin menikmati indahnya Solo, kamu bisa beranjak sejauh 5 kilometer ke Jalan Mangkunegara. Suasana alam yang rindang membuat banyak orang menyukai Agrowisata Sondokoro. Tempat ini buka dari 08.00 hingga 17.00.

Di Agrowisata Sondokoro, kamu akan dimanjakan dengan terapi ikan, pijak refleksi, kuliner lezat, dan sebagainya. Kamu bisa bebas bermain sepuasnya, ada kolam renang dan flying fox juga lho.

7. Pandawa Water World

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!instagram.com/brampondra

Terletak di perbatasan Sukoharjo dan Surakarta, Pandawa Water World buka setiap hari, selain Selasa. Kolam renangnya dibuka mulai pukul 07.00, sedangkan untuk taman bermainnya baru buka 12.00 (weekdays) dan 08.00 (weekend).

Puas banget kamu bermain seharian di sini, tempat ini menyediakan 27 wahana air. Misalnya wave pool, action river, warm spa, sight tower, dan lain-lain. Tiket masuknya dibanderol mulai Rp80 ribu per orang. Kamu yang sedang berulang tahun bisa masuk ke sini secara gratis. 

8. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!Instagram.com/kamekameraa

Liburan di Solo itu relatif terjangkau, tidak bikin kantong kering. Kamu bisa menemukan hiburan murah meriah dengan sangat mudah, seperti di Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari. Setidaknya ada 16 wahana lengkap dengan kafe, panggung hiburan, mini waterpark, area ketangkasan, dan sebagainya.

9. Bendung Karet Tirtonadi

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!instagram.com/aldhi_sp

Baru diresmikan di penghujung 2018, tempat ini diharapkan menjadikan ikon baru Solo. Pasalnya, Bendungan Karet di Gilingan, Banjarsari, bisa menjadi sarana edukasi dan wisata.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pengelolaan wisata air di kawasan bendungan akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Solo. Rencananya akan ada dermaga untuk wisata air. Wah, menarik nih!

10. Benteng Vastenburg

10 Destinasi Wisata di Solo yang Top Abis, Kuy!instagram.com/catur_assegaf99

Terakhir, ada benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak. Benteng yang dibangun sejak 1745 ini didirikan atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Awalnya, benteng digunakan sebagai pusat kontrol pemerintahan Keraton Surakarta.

Sekarang benteng hanya menyisakan puing-puing yang menyisakan pagar pembatas. Tempat ini cukup seru untuk dijadikan lokasi foto-foto di Solo.

Dan itulah beberapa rekomendasi destinasi atau tempat wisata di Solo yang bagus dan indah untuk kamu kunjungi. Jadi, mana dulu yang pengin kamu datangi nih?

Baca Juga: 15 Kuliner Khas Solo Ini Bikin Ketagihan, Kamu Sudah Coba?

Topic:

  • Nugroho Adi Purwoko

Just For You