Comscore Tracker

7 Tips dan Cara Masak Gulai Kambing Biar Empuk dan Harum, Gak Prengus!

Rempah-rempah jadi kunci utama kelezatannya

Beragam makanan berkuah santan mudah dijumpai saat perayaan Lebaran Idul Adha di Indonesia. Beragam menu makanan berkuah santan sangat nikmat dan selalu memanjakan lidah. Salah satunya adalah gulai

Popularitas gulai, khususnya dari daging kambing, sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi sayang, masih banyak yang belum paham cara memasak gulai kambing yang super enak.

Jangan khawatir! Kamu bisa menerapkan beberapa tips memasak gulai kambing di bawah ini, supaya menu gulai kambing buatanmu rasanya mantap.

1. Pilih bagian iga

7 Tips dan Cara Masak Gulai Kambing Biar Empuk dan Harum, Gak Prengus!freepik.com

Semua bagian kambing bisa diolah menjadi gulai. Namun, gak semua bakal terasa nikmat. Untuk rasa gulai yang lezat, pilihlah bagian iganya. Bagian ini dirasa tidak terlalu berlemak, sehingga gulaimu gak akan berminyak.

Selain iga, bagian kaki kambing juga bisa kamu gunakan sebagai gulai. Hampir sama seperti iga, kaki kambing tak memiliki lemak berlebih.

2. Perbanyak rempah-rempah

7 Tips dan Cara Masak Gulai Kambing Biar Empuk dan Harum, Gak Prengus!Ilustrasi rempah-rempah

Kalau pengin rasa dan aroma gulai semakin harum, pastikan rempah yang digunakan dalam keadaan segar. Perbanyak pula jumlahnya, supaya bisa menghilangkan bau prengus daging kambing.

Beberapa rempah yang wajib digunakan adalah pekak, kapulaga, cengih, dan jintan. Dari racikan rempah inilah rasa dan warna gulai akan maksimal. Ada yang kuning cerah, kuning kemerahan, dan kuning kehitaman.

3. Pakai santan kelapa tua

7 Tips dan Cara Masak Gulai Kambing Biar Empuk dan Harum, Gak Prengus!Santan (healthline.com)

Salah satu komponen penting saat memasak gulai kambing terletak pada santannya. Gunakan santan dari kelapa tua yang masih baru dan segar. Dengan begitu, aroma kuah gulai akan menjadi lebih harum dan terasa gurih.

Sebaiknya, bagi santan menjadi dua, yakni encer dan kental. Santan yang encer digunakan saat merebus daging kambing. Sedangkan, santan yang kental dimasukkan saat gulai hampir matang.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Rendang Agar Daging Sapi Lebih Empuk dan Lezat

4. Rendam dalam bumbu

7 Tips dan Cara Masak Gulai Kambing Biar Empuk dan Harum, Gak Prengus!alexandracooks.com

Jika bumbu gulai sudah matang, jangan terlalu terburu-buru memasukkan daging kambing dan memasaknya. Rendam terlebih dahulu potongan daging bersama bumbunya selama kurang lebih 30 menit.

Dengan begitu, bumbu gulai bisa jauh lebih meresap ke dalam daging. Durasi memasak gulai pun gak akan terlalu lama.

5. Masak dengan api kecil

7 Tips dan Cara Masak Gulai Kambing Biar Empuk dan Harum, Gak Prengus!thespurce.com

Kelezatan gulai gak cuma berasal dari kuah kentalnya saja, tetapi juga dari daging kambing itu sendiri. Supaya bumbunya meresap sempurna, pastikan api yang digunakan saat memasak tak terlalu besar.

Gunakan api kecil saja, supaya peresapan bumbu ke dalam dagingnya sempurna. Selain itu, api kecil juga akan membuat gulaimu matang secara merata, lho.

6. Hindari terlalu banyak jenis isian

7 Tips dan Cara Masak Gulai Kambing Biar Empuk dan Harum, Gak Prengus!thespruceeats.com

Selain daging, kambing juga terdiri dari jeroan yang nikmat jika diolah dengan tepat. Ada babat, paru, hingga usus. Semuanya akan semakin menambah rasa nikmat pada gulai.

Namun, pastikan takarannya tak berlebihan. Sebab, bagian jeroan kambing mengandung lebih banyak lemak, sehingga bisa membuat gulaimu berminyak. Jika ingin menambah komponen, gunakan daun singkong atau nangka muda.

7. Aduk secukupnya saja

7 Tips dan Cara Masak Gulai Kambing Biar Empuk dan Harum, Gak Prengus!instagram.com/gulaieyangpam

Hampir sama seperti hidangan berkuah santan lainnya, jangan mengaduk terlalu berlebihan. Hal ini bisa membuat daging kambing jadi mudah hancur. Cukup biarkan saja gulai hingga mengental dan mendidih.

Cukup aduk sesekali dan pastikan tak terlalu keras. Untuk selebihnya, biarkan gulai termasak hingga bumbunya sedikit menyusut dan meresap ke dalam daging.

Itu tadi 7 tips bikin gulai kambing yang bisa diterapkan untuk menu spesial Lebaran Idul Adha. Dijamin rasanya bikin jatuh cinta. Buktikan, deh!

Baca Juga: Resep Mudah Bikin Sate Suruh Khas Salatiga, Bisa Pakai Daging Kurban

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya