TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan Sehat yang Tidak Umum tetapi Efektif

Mari terus terbuka terhadap kebiasaan sehat yang baru

ilustrasi sedang di alam terbuka (pexels.com/Spencer Selover)

Intinya Sih...

  • Meditasi sambil berjalan dapat membantu membersihkan pikiran dari stres dan kecemasan, mengizinkan dirimu untuk terhubung lebih dalam dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar.
  • Makan dengan perlahan dan bersyukur dapat memperkuat hubungan kamu dengan makanan, memberi waktu untuk merasakan tekstur, rasa, dan aroma makanan secara lebih intens.
  • Tidur dalam kegelapan total dapat menghasilkan tidur yang lebih nyenyak dan memperbaiki kualitas istirahat, membantu kamu memasuki siklus tidur yang lebih dalam dan memperkuat sistem tidur alami.

Dalam mengelola kesehatan, tak jarang kamu mencari cara baru dan inovatif untuk meningkatkan gaya hidup sehari-hari. Selain cara umum seperti olahraga teratur dan pola makan seimbang, ada juga kebiasaan sehat yang mungkin kurang umum namun terbukti efektif dalam meningkatkan kesehatan.

Dalam artikel ini akan membahas lima kebiasaan sehat yang mungkin belum begitu dikenal namun memiliki dampak positif yang besar, mari kupas satu per satu.

1. Meditasi sambil berjalan

 

Meditasi sering dikaitkan dengan duduk diam, tetapi meditasi sambil berjalan dapat menjadi alternatif yang efektif. Dengan berjalan perlahan dan memperhatikan setiap langkah dan napas dapat membawa kesadaran penuh ke pengalaman berjalan kamu.

Meditasi sambil berjalan dapat membantu membersihkan pikiran dari stres dan kecemasan, mengizinkan dirimu untuk terhubung lebih dalam dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar. 

2. Makan pelan-pelan dan bersyukur

Makan dengan perlahan dan bersyukur merupakan kebiasaan sederhana, tetapi dapat memperkuat hubungan kamu dengan makanan. Mengonsumsi makanan dengan penuh kesadaran dapat memberi diri kamu waktu untuk merasakan tekstur, rasa, dan aroma makanan secara lebih intens.

Bersyukur atas makanan yang kamu miliki juga membantu membangun kesadaran akan berkat-berkat kecil dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kesehatan emosional. Kebiasaan ini juga dapat membantu mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan karena kamu lebih mampu mendengarkan isyarat kenyang pada tubuhmu.

Baca Juga: 8 Film dan Serial Netflix yang Bikin Semangat Memulai Pola Hidup Sehat

3. Tidur dengan gelap total

Tidur dalam kegelapan total dapat menghasilkan tidur yang lebih nyenyak dan memperbaiki kualitas istirahat. Dengan adanya cahaya, terutama cahaya biru yang berasal dari lampu tidur atau layar perangkat elektronik, hal itu dapat mengganggu ritme alami tidur kamu dengan menghambat produksi melatonin, hormon tidur.

Dengan menghilangkan semua sumber cahaya di kamar tidur dapat memberikan sinyal kepada tubuhmu bahwa sudah waktunya untuk istirahat, sehingga membantu kamu memasuki siklus tidur yang lebih dalam dan memperkuat sistem tidur alami. Tidur dalam kegelapan juga dapat membantu meningkatkan efisiensi tidur dan mengurangi kemungkinan terbangun selama malam.

4. Mengatur jeda digital

Mengambil jeda dari paparan layar dan teknologi adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. Terlalu sering terpaku pada layar ponsel atau komputer dapat meningkatkan stres, mengganggu tidur, dan mengurangi produktivitas.

Dengan mengatur waktu jeda digital, hal ini dapat memberimu kesempatan untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran dari arus informasi yang terus-menerus. Ini juga memberikan kesempatan untuk terhubung dengan dunia di sekitar secara langsung, sehingga dapat meningkatkan interaksi sosialmu.

Verified Writer

Segitiga Musim Panas

Just be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya