TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Edukasi Chip In Siswa YMI Pekalongan, Belajar Etika di Medsos

Beretika di medsos

ilustrasi media sosial untuk bisnis (freepik.com/freepik)

Pekalongan, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar agenda Literasi Digital Nobar untuk siswa Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) Kabupaten Pekalongan dengan mengambil tema Etika Pelajar di Dunia Digital, Senin (30/9/2024), via zoom langsung dari Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan.

1. Bentuk karakter bangsa sesuai tuntutan zaman

Pengguna internet di tanah air dari tahun ke tahun terus bertambah, seiring penambahan pengguna internet ancaman di dunia digital juga semakin meningkat.

Peran pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat yakni edukasi literasi digital sejak dini menjadi sangat penting

Literasi digital ini memberikan pengetahuan kepada peserta dan tenaga pendidik, tentang bagaimana membentuk karakter generasi muda sesuai dengan tuntutan zaman. Dan bagaimana cara mengenalkan ragam budaya Indonesia ke dalam dunia digital.

2. Pentingnya beretika menggunakan medsos

Rilis Kemenkominfo kepada IDN Times, menurut Miss Hijab Pendidikan Indonesia Fidya Laela Sarie, dari Tular Nalar Mafindo mengatakan, nonton bareng bertemakan Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital segmentasi siswa SMP, merupakan kegiatan yang sangat penting. Karena perkembangan dunia internet saat ini sudah tidak terbatas lagi.

"Kegiatan Chip In untuk tingkat Madrasah yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Jawa Tengah, diharapkan agar para siswa dan tenaga pendidik, selalu memperhatikan prinsip Prinsip THINK (True, Helpful, Illegal, Necessary and Kind) dalam Etika Digital. Karena prinsip tersebut merupakan landasan para siswa dan tenaga pendidik untuk lebih memahami akan pentingnya beretika dalam menggunakan media sosial. Supaya terhindar dari cyberbullying, sextortion, scam, hoax, child grooming, pornografi, hingga eksploitasi". Ungkap Fidya.

 

3. Edukasi anak-anak sekolah sejak dini

Chip In tersebut menghadirkan pembicara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Jawa Tengah, Sukamto, S.Pd, M.M. yang akan memaparkan tentang Waspada Terhadap Jejak Digital. Ketua Yayasan Madrasah Islamiyah Wonopringgo Ir. M. Khirzuddin Basyar, yang akan menjelaskan Kreativitas Generasi Muda Melalui Digitalisasi Budaya.

Dengan digelarnya acara Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital, yang diselenggarakan Kemenkominfo diharapkan bisa mengedukasi anak-anak sekolah sejak dini sehingga, dalam berselancar di dunia digital dengan mengedepankan tata krama sesuai dengan budaya Indonesia.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Budaya Literasi bagi Diri Sendiri, Terus Membaca!

Berita Terkini Lainnya