TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UTBK UNS, Peserta Luar Solo Wajib Bawa Surat Sehat

Pelaksanaan terapkan protokol kesehatan.

Dok.Humas UNS

Solo, IDN Times - Sebanyak 23.425 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang dimulai Minggu (5/7/2020). Dalam pelaksanaan UNTBK tersebut para peserta diwajibkan menetapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Pedagang dan Hewan Kurban yang Masuk ke Solo Wajib Punya Surat Sehat

1. Rektor temukan satu peserta tak bawa surat sehat

Dok.Humas UNS

Untuk menghindari adanya klaster penyebaran virus corona (COVID-19), panitia UTBK UNS mewajibakan peserta ujian yang berasal dari luar eks-Karisidenan Surakarta untuk membawa surat sehat atau surat keterangan hasil rapid test COVID-19.

Dalam tinjauan pelaksanaan UTBK UNS, Rektor UNS, Jamal Wiwoho mangatakan jika menemukan satu peserta yang terpaksa tidak bisa ikut ujian lantaran tak membawa surat keterangan hasil rapid test. Peserta tersebut kemudian diperbolehkan untuk mengikuti UTBK pada gelombang kedua sekaligus melengkapi persyaratan yang ada.

"Ada satu orang dari Ngawi (Jawa Timur.red) terpaksa tidak bisa ikut tes, sebab dia tidak membawa surat keterangan hasil rapid test. Peserta tidak bisa ikut ujian gelombang satu tanggal 5-14 Juli, tetapi boleh ikut gelombang dua pada 20-29 Juli," ujarnya, Minggu (5/7).

2. Terapkan protokol kesehatan

Dok.Humas UNS
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Pelaksanaan UTBK UNS juga dilengkapi dengan penegakan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang berlaku untuk peserta ujian, pimpinan fakultas, Panitia Pelaksana, Penanggung Jawa Lokasi (PJL), Pengawas Ujian, Tim Teknisi, Tim Keamanan dan Ketertiban, dan Tim Kebersihan.

Para peserta diwajibkan untuk menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak anatr peserta. Hal ini juga berlaku pada penataan tata ruang UTBK dengan mengatur jarak lokasi ujian minimal 1,5 meter baik dari arah kanan-kiri, dan depan-bekalang.

"Seluruh panitia dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). Peserta UTBK diberi fasilitas sarung tangan gratis. Seluruh lokasi ujian dilengkapi dengan thermogun, hand sanitizer, wastafel, dan ruang transit peserta yang ditata sesuai protokol kesehatan," jelas Jamal.

Baca Juga: Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNS

Berita Terkini Lainnya