Comscore Tracker

Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNS

Psikologi gak kalah tinggi peminatnya

Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) adalah perguruan tinggi negeri terbaik kedua di Jawa Tengah versi Ristekdikti untuk tahun ajaran 2019/2020. Kedokteran dan Ilmu Hukum adalah dua program studi favorit di kampus ini.

Selain itu, ada enam prodi lain yang langganan ramai peminat tiap tahunnya. Berikut daftarnya beserta jumlah peminat berdasarkan data SBMPTN 2019.

Baca Juga: 6 Jurusan Kuliah Paling Diminati di Universitas Tidar Magelang

1. Manajemen

Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNSpixabay/stevepb

Lebih dari 1.500 peserta mendaftar prodi Manajemen UNS melalui jalur SBMPTN 2019. Jumlah peminatnya tertinggi ketiga setelah Kedokteran dan Ilmu Hukum.

2. Psikologi

Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNSPexels/mentatdgt

Prodi Psikologi UNS masuk dalam lingkup ilmu saintek dan berada di bawah Fakultas Kedokteran. Peminatnya pada SBMPTN 2019 mencapai 1.505 orang.

3. Teknik Sipil

Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNSpixabay.com/jarmoluk

Dari Fakultas Teknik, prodi Teknik Sipil masih menjadi yang terfavorit. Peminatnya hampir mencapai 1.400 orang pada tahun lalu, dengan kuota yang tersedia di SBMPTN 2020 sebanyak 90 kursi.

4. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNSPexels/Nappy

UNS juga memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menjadi yang terfavorit di sini. Peminatnya gak kalah dengan Teknik Sipil, ada 1.372 pendaftar pada SBMPTN 2019.

5. Ilmu Komunikasi

Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNSPexels/Mentatdgt

Peluang kerja lulusan Ilmu Komunikasi juga cukup menjanjikan, lho. Gak heran jika prodi ini termasuk langganan ramai peminat di UNS. Tahun lalu, peminatnya tercatat sebanyak 1.153 orang.

6. Informatika

Selain Kedokteran, Ini 6 Prodi yang Langganan Ramai Peminat di UNSUnsplash/Hello I'm Nik

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, program studi Informatika pun makin banyak diminati calon mahasiswa. Prodi Informatika UNS diminati 1.137 pendaftar pada SBMPTN 2019 lalu, sementara tahun ini tersedia 40 kursi saja bagi yang lolos.

Program studi yang gak tercantum di atas bukan berarti kurang menarik. Justru angka peminat yang gak terlalu tinggi, membuat peluang masuk jadi makin besar. Bagi yang berminat lanjut studi ke Universitas Sebelas Maret, terus semangat belajar, ya!

Baca Juga: Kampus Pemersatu Bangsa, UNS Miliki Tempat Ibadah Untuk Enam Agama

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya