TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Hibur Pasangan yang Insecure dengan Penampilannya, Beri Pujian

Tunjukkan bahwa dia berharga

ilustrasi pasangan insecure (pexels.com/RDNE Stock project)

Intinya Sih...

  • Pujian tulus membantu pasangan merasa dihargai dan percaya diri
  • Jadilah pendengar yang baik, dengarkan tanpa menghakimi atau memberi solusi
  • Tawarkan dukungan dengan melakukan perubahan gaya hidup bersama-sama

Rasa gak percaya diri atau insecure dengan penampilan adalah hal yang sangat umum dirasakan oleh banyak orang, termasuk pasangan hidupmu sendiri. Terkadang, dia mungkin merasa kurang nyaman dengan bentuk tubuh, wajah, atau bahkan pakaian yang dikenakannya. Sebagai orang terdekat, kamu pasti ingin memberikan support terbaik agar pasanganmu bisa kembali percaya diri dan nyaman dengan dirinya sendiri.

Nah, menghadapi pasangan yang sedang insecure dengan penampilannya perlu pendekatan yang hati-hati, penuh empati, dan tentunya, kasih sayang. Bagaimana kamu merespons perasaannya bisa sangat mempengaruhi kepercayaan diri mereka ke depannya. Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi pasangan yang sedang merasa insecure dengan penampilannya. Simak!

1. Berikan pujian yang tulus dan konsisten

Tahu gak, salah satu cara paling sederhana namun sangat berdampak untuk membantu pasangan yang merasa insecure adalah dengan memujinya. Namun, yang terpenting adalah pujian itu harus tulus dan gak berlebihan. Pujian yang tulus adalah cara terbaik untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyukai penampilan pasangan, terlepas dari bagaimana dia melihat dirinya sendiri.

Kamu bisa mengatakan bahwa kamu menyukai bagaimana dia selalu berusaha tampil menarik, dan betapa kamu menghargai usaha yang dia lakukan. Namun, pastikan kamu gak hanya memuji penampilan fisik, tapi juga aspek-aspek lain dalam dirinya seperti kecerdasan, kepedulian, atau sikap baiknya. Dengan begitu, dia akan merasa bahwa dirinya punya banyak kualitas yang berharga, bukan hanya penampilan fisik semata.

2. Dengarkan keluhan dan perasaannya

Ketika pasangan merasa insecure dengan penampilannya, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jadi pendengar yang baik. Bisa jadi, dia hanya butuh seseorang untuk mendengarkan keluhannya tanpa menghakimi. Dengarkan dengan baik saat dia berbagi perasaan tentang apa yang bikin dia gak percaya diri.

Ingat, saat mendengarkan, jangan langsung memberi solusi atau saran kecuali dia memintanya. Dengan mendengarkan keluh kesah pasangan, itu menunjukkan bahwa perasaannya penting dan valid, bahkan jika menurutmu kekhawatirannya gak perlu.

Baca Juga: Suka Merasa Insecure? Ini 5 Rekomendasi Drama Korea Biar Bikin Pede

3. Tawarkan untuk mengubah gaya hidup bersama

Jika pasanganmu merasa insecure karena hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan fisik atau penampilan, seperti berat badan atau masalah kulit, kamu bisa menawarkan support dengan cara melakukan perubahan gaya hidup bersama. Menghadapi masalah ini bersama-sama bisa bikin pasangan merasa gak sendirian.

Misalnya, jika pasanganmu merasa gak nyaman dengan berat badannya, ajak dia berolahraga bersama. Kamu bisa menawarkan untuk berolahraga bareng, seperti jogging di pagi hari atau pergi ke gym. Selain itu, kamu juga bisa mulai merencanakan pola makan yang lebih sehat bersama-sama, tentu ini akan bermanfaat bagi kalian berdua.

4. Jangan paksa pasangan untuk berubah

Saat pasangan merasa insecure dengan penampilannya, ingatlah bahwa perubahan harus datang dari dirinya sendiri, bukan dari paksaan orang lain. Walaupun kamu ingin membantunya merasa lebih percaya diri, jangan sampai memberikan tekanan kepada pasangan untuk berubah secara drastis atau cepat. Tekanan semacam ini justru bisa memperburuk perasaan insecure yang dia rasakan.

Biarkan dia berjalan sesuai dengan ritme dan keinginannya sendiri. Jika dia merasa perlu merubah penampilannya, berikan support penuh, tapi jangan terlalu menuntut. Pasalnya, tekanan dari luar justru bisa bikin pasangan merasa semakin gak nyaman dengan dirinya sendiri.

5. Bangun suasana yang bikin dia lebih percaya diri

Suasana yang positif dan suportif adalah cara untuk membantu pasangan mengatasi rasa insecure. Buatlah dia merasa diterima apa adanya, tanpa merasa dihakimi. Hindari komentar negatif, baik yang disengaja maupun gak, yang bisa bikin dia merasa semakin buruk.

Selain itu, kamu juga perlu berhenti membandingkan pasangan dengan orang lain, terutama dalam hal penampilan. Sebab, ini bisa bikin rasa insecure semakin memburuk. Sebaliknya, fokuslah pada hal-hal positif yang dimiliki pasangan, dan tunjukkan bahwa kamu menyayanginya sebagai dirinya sendiri.

Mungkin, pasangan yang merasa insecure dengan penampilannya kadang bisa bikin kamu kesal. Disatu sisi, kamu gak setuju dengan sikapnya, dan disisi lain, kamu ingin dia bisa melihat dirinya dengan sudut pandang yang positif. Tentunya, ini memerlukan kesabaran, empati, dan support. Sebagai pasangan, tugasmu adalah memberikan support dan cinta tanpa syarat, sehingga dia bisa merasa nyaman dan percaya diri. Siap melakukannya?

Baca Juga: 5 Tanda-Tanda Pasangan Sedang Butuh Waktu untuk Sendiri

Verified Writer

Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, IG: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya