Comscore Tracker

Inkubasi Virus Corona 238 WNI di Natuna Usai, Mereka Pulang Pekan ini

Tapi mekanisme pemulangan masih belum ditentukan Kemenkes

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) akan diizinkan pulang pada akhir pekan ini atau pada Sabtu (15/2). Disampaikan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, bahwa mereka telah selesai menjalani masa inkubasi selama 14 hari di Natuna, usai pekan lalu tiba dari Wuhan, Tiongkok akibat wabah virus corona.

Baca Juga: Jokowi Minta Menteri Selalu Update Info soal Virus Corona ke Publik

1. Sabtu ini, seluruh WNI di Natuna akan dipulangkan

Inkubasi Virus Corona 238 WNI di Natuna Usai, Mereka Pulang Pekan iniSuasana masa karantina WNI di Natuna, Kepulauan Ria. Twitter.com/KemenkesRI

Hal itu disampaikan Terawan usai menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, Pencegahan Stunting, dan Program Dana Desa bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Kementerian terkait.

“Jadi Sabtu ini (dipulangkan) kalau tanggal 15 itu berarti selesai ya,” kata Terawan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/2).

2. Kemenkes lakukan rapat koordinasi terkait pemulangan 238 WNI ke tempat tinggalnya masing-masing

Inkubasi Virus Corona 238 WNI di Natuna Usai, Mereka Pulang Pekan iniRatusan WNI tengah diobservasi di Pulau Natuna. Twitter.com/KemenkesRI

Kendati demikian, Terawan menjelaskan bahwa pihaknya sedang melakukan rapat koordinasi terkait mekanisme pemulangan 238 WNI itu ke tempat tinggalnya masing-masing.

“Nanti kalau saya bilang pulang hari ini keluarganya sudah nunggu dan ternyata pesawatnya sore gak ada ya kan repot. Yang paling penting atas selesainya nanti di tanggal 15 pukul berapa akan dicanangkan,” ujarnya.

3. Seluruh WNI yang dipulangkan dipastikan sehat dan terbebas dari virus corona

Inkubasi Virus Corona 238 WNI di Natuna Usai, Mereka Pulang Pekan iniPetugas medis menyemprotkan virus disinfektan ke ratusan WNI yang baru tiba dari Wuhan. ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri

Lebih jauh, Terawan mengatakan seluruh WNI tersebut nantinya telah dipastikan sehat dan terbebas dari virus corona ketika telah dikembalikan ke lingkungan tempat tinggalnya.

“Lah iya mereka sehat, kalau gak sehat ya gimana, kita yakin karena dia datang dengan sehat ini posisinya adalah kondisi sehat,” tuturnya.

4. 3 WNI yang masih ada di Wuhan terus dipantau kesehatannya

Inkubasi Virus Corona 238 WNI di Natuna Usai, Mereka Pulang Pekan iniIlustrasi. (WNI meninggalkan asrama di Kota Wuhan Tiongkok) Dokumentasi Kemlu

Sementara itu, terkait 3 WNI yang masih ada di Wuhan karena tidak lolos pemeriksaan kesehatan untuk pulang ke tanah air, Menkes mengatakan kesehatan mereka dipantau oleh pemerintah Tiongkok.

“Yang kedua ini kan masih lock down, masih juga kita tidak bisa ke sana dan ke sini, jadi mereka dalam pengawasan kesehatannya oleh Pemerintah Tiongkok tapi dalam laporannya oleh Kemenlu,” tandas Terawan.

Baca Juga: Ahli Harvard Sebut Corona Sudah Masuk Indonesia, Menkes: Itu Menghina!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya