Comscore Tracker

Perbedaan Penyusunan APBD Era Ahok dan Anies Diungkap Ima Mahdiah

Anies disebut mengalihkan isu

Jakarta, IDN Times - Mantan staf Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok yang kini menjabat anggota DPRD DKI Jakarta mengungkapkan perbedaan penyusunan anggaran di era Ahok dan Anies. 

Ima Mahdiah anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP yang pernah bekerja dengan Ahok mengatakan di era BTP, Pemprov DKI Jakarta menurutnya lebih terbuka untuk pembahasan APBD sejak RKPD. 

Berbeda dengan sekarang saat Gubernur Anies Baswedan menjabat, Ima menyebutkan penyusunan anggaran di era Anies disebutnya tak transparan dan tidak profesional. 

Ima Mahdiah meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terbuka soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jakarta.

Beberapa waktu belakangan, APBD Jakarta menjadi sorotan publik karena beberapa anggaran dianggap tidak wajar. Di antaranya anggaran pulpen dan lem.

Dalam acara diskusi Mata Najwa yang tayang di Trans7, Rabu (6/11), Ima juga membandingkan masa pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Gubernur Anies.

Baca Juga: Beda Keterbukaan Informasi Era Ahok Vs Anies Versi Populi Center

1. Ahok terbuka pada pembahasan APBD sejak RKPD, menyisir anggaran supaya masyarakat tahu alokasinya

Perbedaan Penyusunan APBD Era Ahok dan Anies Diungkap Ima MahdiahYoutube.com/Narasitv

Ima mengatakan pada era kepemimpinan Ahok, pembahasan mengenai APBD lebih terbuka, bahkan sejak Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Pak Anies tidak mau meluangkan waktu untuk menyisir anggaran, kalau dulu Pak Ahok satu hari menyisir sendiri, jangan sampai satu rupiah pun hilang karena ini uang rakyat,” kata dia, dalam acara tersebut.

Menurut Ima, tujuan Ahok menyisir anggaran supaya masyarakat tahu tentang alokasi dana yang digunakan pemerintah.

2. APBD DKI tidak akan heboh jika Anies lebih terbuka

Perbedaan Penyusunan APBD Era Ahok dan Anies Diungkap Ima MahdiahIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ima beranggapan jika Anies lebih terbuka dalam pembahan APBD, polemik seperti ini tidak akan terjadi.

"Kenapa gak di-upload saja semuanya? Kalau Pak Anies sudah menutup-nutupi, maka gak akan begini jadinya," kata dia.

3. Anies disebut Ima Mahdiah hanya menggeser isu dengan membahas sistem

Perbedaan Penyusunan APBD Era Ahok dan Anies Diungkap Ima Mahdiah(Anggaran lem Aibon dari laman apbd.jakarta.go.id) Twitter.com/WillSarana

Terkait kisruh APBD DKI, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah angkat bicara. Dia mengaku sudah tahu tentang masalah sistem e-budgeting warisan Ahok. Namun menurut Ima, pernyataan Anis soal sistem adalah bentuk penggeseran isu anggaran.

"Kalau niatnya mau curang, itu memang bisa dicari celah nya. Saya lihat Pak Anies hanya menggeser isu. Pak Anies hanya menyalahkan sistem," kata dia.

Baca Juga: Ahok: Sistem e-Budgeting akan Baik Jika yang Kelola Bukan Maling!

Topic:

  • Bandot Arywono

Just For You