Besok Ada Demo UU Cipta Kerja, Jokowi Diam-diam Pergi ke Solo

Jokowi ke Solo untuk berziarah ke makam orang tuanya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertolak ke Solo, Jawa Tengah. Jokowi disebut meninggalkan Ibu Kota sejak sore hari tadi. Dia dikabarkan baru tiba di Solo pada malam hari setelah melakukan perjalanan darat dari Yogyakarta.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan kunjungan Jokowi ke Solo itu. Dia mengatakan, orang nomor satu di Indonesia itu pergi ke Solo untuk berziarah ke makam kedua orang tuanya.

"Malam ini ke Solo, nyekar. Lantas besok pagi kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah," kata Heru saat dihubungi IDN Times, Rabu (7/10/2020).

1. Istana bantah kunjungan Jokowi untuk menghindari aksi demo di Istana besok

Besok Ada Demo UU Cipta Kerja, Jokowi Diam-diam Pergi ke SoloPresiden Jokowi memberikan keterangan pers, Sabtu 3 Oktober 2020 (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Terkait kunjungan Jokowi ke luar kota ini, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin mengatakan bahwa rencana kunjungan kerja presiden memang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Ia menyebut tak ada kaitannya dengan aksi unjuk rasa yang disebut akan menggeruduk Istana Kepresidenan besok.

"Jadi sama sekali tidak ada kaitan dengan aksi besok. Presiden memang concern kepada ketahanan pangan nasional. Jadi memang presiden ingin meninjau langsung progres Food Estate ini," kata Bey saat dihubungi, Rabu (7/10/2020).

Baca Juga: Selain Mogok Kerja, Buruh Siap Demo 8 Oktober Tolak RUU Cipta Kerja

2. Jokowi bertolak ke Solo pada sore hari ini

Besok Ada Demo UU Cipta Kerja, Jokowi Diam-diam Pergi ke SoloPresiden Jokowi kunjungan kerja ke NTT (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Bey menuturkan, Jokowi hari ini memang penuh dengan agenda internal di Istana Kepresidenan Bogor. Lalu, sore harinya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu beserta rombongan melakukan perjalanan ke Yogyakarta lewat udara. Kemudian, ia melanjutkan lagi perjalanan ke Solo dengan jalur darat.

"Di Solo, agenda presiden adalah nyekar atau ziarah ke makam Ibunda beliau. Malam harinya dari Solo, presiden kembali ke Jogja untuk menginap di Istana Kepresidenan Gedung Agung bersama rombongan," tutur Bey.

3. Besok Jokowi akan kunker ke Kalimantan Tengah untuk tinjau lumbung pangan

Besok Ada Demo UU Cipta Kerja, Jokowi Diam-diam Pergi ke SoloPresiden Jokowi tinjau penataan kawasan dan pembangunan terminal multifungsi di Labuan Bajo (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Setelah itu, pada Kamis (8/10/2020) besok, Jokowi sudah diagendakan untuk kunjungan kerja ke Palangkaraya, Kalimantan Selatan. Adapun agendanya yaitu meninjau proyek lumbung pangan di sana.

"Kamis besok, presiden diagendakan kunjungan kerja ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah untuk meninjau program Food Estate," ungkapnya.

Baca Juga: Siapkan PP UU Cipta Kerja, Jokowi Beri Waktu Sebulan pada Menterinya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya