Comscore Tracker

Peserta SBMPTN Punya Kesempatan Dua Kali Tes 

Nilai tertinggi yang akan diambil

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerapkan sistem baru untuk calon mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Salah satunya adalah memberikan kesempatan dua kali mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang 100 persen penyelenggaraannya berbasis komputer.

Hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tersebut akan menjadi dasar untuk melakukan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 ini. Peserta mempunyai kesempatan untuk mengikuti UTBK sebanyak dua kali.

"Masing-masing punya kesempatan dua kali," kata Kepala LTMPT, Prof. Ravik Karsidi ketika dihubungi IDN Times pada hari kedua pendaftaran SBMPTN pada Selasa (11/6).

Pendaftaran SBMPTN 2019 telah dibuka sejak Senin (10/6) lalu dan ditutup pada Senin (24/6).

1. Hanya satu nilai yang dipakai untuk menentukan penerimaan SBMPTN 2019

Peserta SBMPTN Punya Kesempatan Dua Kali Tes pixabay/lecroitg

Mengikuti dua kali UTBK, tiap peserta akan mendapatkan dua hasil UTBK yang tidak menutup kemungkinan akan berbeda hasilnya. Hanya akan ada satu nilai yang dipakai untuk menentukan penerimaan SBMPTN 2019.

Namun, ternyata bukan peserta yang menentukan nilai mana yang akan digunakan untuk menentukan nasibnya.

"(Dipilih) oleh LTMPT. Karena dia (peserta) tidak memasukkan nilainya. Nanti nilai itu sudah ada di data kami," kata Ravik kepada IDN Times.

"Ngapain dia (peserta) milih? Memilihnya kan mesti memilih yang tertinggi juga, gak mungkin memilih yang terendah kan?" imbuhnya.

2. Tidak wajib dua kali ujian

Peserta SBMPTN Punya Kesempatan Dua Kali Tes IDN Times/Istimewa

Menurut Ravik, tidak semua peserta diwajibkan untuk mengikuti UTBK sebanyak dua kali meski ada dua kali kesempatan tes yang diberikan oleh LTMPT.

"Tapi ada yang tidak menggunakan dua kali juga," jata Ravik. UTBK dilaksanakan sebanyak dua kali bukan tanpa alasan.

"Memberi kesempatan kalau katakanlah nilainya kurang bagus, ya belajar lagi. Harapannya begitu," kata Ravik. "Sehingga kita nanti nilai yang tertinggi yang kita pakai," tambah dia.

Baca Juga: Bagaimana Cara Daftar SBMPTN 2019? Simak Disini!

3. Tidak ada passing grade

Peserta SBMPTN Punya Kesempatan Dua Kali Tes IDN Times/Irfan Fathurohman

Ravik menegaskan tidak ada passing grade yang dikuarkan oleh LTMPT untuk SBMPTN 2019 ini. Sistem yang digunakan adalah sistem kuota dari tiap program studi dan tiap Universitas yang nantinya menerima mahasiswa baru berdasarkan peringkat penerimaan.

Ravik mengimbau agar peserta SBMPTN 2019 tidak mempercayai informasi prediksi passing grade yang beredar luas di media sosial.

"Jadi kalau di media sosial ada yang mengumumkan prediksi-prediksi passing grade itu, jangan dipercaya," kata Ravik.

4. Pendaftaran dibuka sampai 24 Juni 2019

Peserta SBMPTN Punya Kesempatan Dua Kali Tes IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Pendaftaran SBMPTN dibuka selama dua pekan. Hal ini sengaja dilakukan agar peserta dapat mempersiapkan diri dan administrasi dengan matang.

Pendaftaran SBMPTN akan ditutup pada Senin (24/6) mendatang. Sedangkan pengumumannya akan dilakukan secara online pada 9 Juli 2019 mendatang.

Baca Juga: Dua Hari Dibuka, 120 Ribu Peserta Daftar SBMPTN 

Topic:

  • Nugroho Adi Purwoko

Just For You