TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ranking Riset Indonesia di Atas Malaysia, Singapura, Ini PR Menristek

Kemenristek berubah bentuk Dirjen Riset akui butuh terobosan

IDN Times/Fariz Fardianto

Semarang, IDN Times - Susunan Kabinet Indonesia Maju yang diumumkan Presiden Jokowi memunculkan sejumlah kementerian yang berubah bentuk. Salah satunya Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) yang dijabat oleh Bambang Brodjonegoro.

Perubahan bentuk di kementerian tersebut membuat jajaran pegawainya harus melakukan sejumlah penyesuaian. Salah satunya dirasakan Kepala Sub Direktorat Riset Dasar, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristek, Adhi Indra Hermanu.

Baca Juga: Bambang Brodjonegoro: Harus Ada Integerasi Riset dari Hulu ke Hilir

1. Dirjen Riset punya PR membentuk BRIN selama 100 hari ke depan

www.tommcifle.com

Menurutnya, adanya pemisahan Kemenristek dengan Dikti yang kini melebur dengan Kemendikbud, secara otomatis membuat pihaknya harus melakukan proses transisi untuk beberapa waktu ke depan.

"Dengan penggabungan Kemenristek dengan lembaga baru yang bernama BRIN, maka memang ini jadi pekerjaan rumah kita untuk 100 hari ke depan. Kita sedang dikejar waktu untuk membentuk struktur kelembagaan yang baru. Termasuk bagaimana proses transisi Dikti dengan kementerian yang baru," katanya, di Hotel Ciputra, Simpanglima Semarang, Kamis (24/10).

2. Diharapkan proses transisi tidak menemui hambatan

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ia mengaku butuh waktu untuk menelaah informasi terbaru mengenai sistem kerja di lembaga kementeriannya yang baru. 

Ia berharap upaya penyesuaian ke depan tidak akan menemui hambatan karena apa yang dilakukan Presiden Jokowi sudah direncanakan secara matang. 

"Harusnya ini jalannya ke depan sesuai yang diharapkan. Karena sekarang sudah sesuai on the track tapi kita masih butuh terobosan lagi untuk kontek riset dan teknologi," ujarnya.

Baca Juga: Ternyata, Sebagian Riset di Indonesia Hanya untuk Mendapatkan Honor

Berita Terkini Lainnya