TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Belajar Antiseptik dari Youtube, 2 Siswa SMP di Kudus Juara ASEAN

Antiseptik pelepah pisang ini bisa mencegah autoimun, guys

Ilustrasi pelepah pisang. IDN Times/Daruwaskita

Kudus, IDN Times - Dua siswa SMP Negeri 1 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berhasil menyabet medali emas dalam ajang lomba inovasi pada ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEF). 

Siswa yang bernama Mirza Tsabita Wafa'Ana dan Muhammad Faris Kautsar tersebut menjadi juara setelah sukses menunjukan hasil kreasinya dalam mengolah pelepah pisang dan kayu manis menjadi hand sanitizer untuk mendukung gerakan 3M selama pandemik COVID-19

Baca Juga: 10 Istilah Asing bagi Lidah Orang Jawa, Ada Sejarah Pisang juga Lho!

1. Guru pembimbing kaget saat Mirza dan Faris bisa meraih medali emas

Ilustrasi Pelajar (SMP). IDN Times/Mardya Shakti

Sri Winarni, Guru IPA yang menjadi pembimbing di SMP Negeri 1 Kudus mengaku tak menyangka pelepah pisang yang selama diteliti oleh Mirza dan Faris bisa mengalahkan produk inovasi lainnya dari 500 lebih peserta di ajang AISEF. 

"Sebenarnya kan dari sekolahan kita sudah pernah ikut lomba inovasi juga di China pada 2019 dan 2020. Tapi waktu itu dapatnya medali perunggu dan perak. Nah yang lomba AISEF yang diselenggarakan 18 Februari 2021 kemarin itu sekolah kita dapat medali emas atas nama Mirza Tsabita dan Muhammad Faris. Tapi medalinya belum kita terima. Kita kaget juga bisa dapat juara umum, soalnya persaingannya sangat ketat," kata Sri yang juga mengampu ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja tersebut saat dihubungi IDN Times, Selasa (16/3/2021). 

2. Awalnya Mirza dan Faris iseng-iseng cari bahan alami untuk dijadikan materi ekskul

aliexpress.com

Ia mengatakan semula Mirza dan Faris sekadar iseng memilah bahan-bahan yang dianggap ramah lingkungan untuk dijadikan materi penelitian untuk kegiatan ekstrakulikuler di sekolahnya. Ketika itu, Sri meminta kepada para siswa membuat konten video yang menampilkan kreasi masing-masing. 

"Dengan kondisi pandemik, kita memang gak bisa belajar tatap muka. Cara satu-satunya ya belajar online. Terus materinya kita berikan ke siswa untuk mengolah bahan alami biar bisa dijadikan produk yang bermanfaat buat masyarakat," terangnya. 

"Setelah konten videonya dikirimkan ke saya, ternyata Mirza dan Faris bikin hand sanitizer. Bahannya dipilih dari pelepah pisang dan kayu manis. Karena sangat menarik jadinya saya minta mereka kirimkan ke lomba AISEF," tambah Sri.

3. Mirza dan Faris belajar mengolah pelepah pisang dari YouTube

techweez.com

Ketika ditanya Sri, Mirza mengaku ketika mengolah pelepah pisang juga dibantu oleh orangtuanya. Mirza terbesit membuat hand sanitizer karena melihat Ibundanya jatuh sakit.

Selain itu, Mirza juga terenyuh melihat tangan adiknya yang melepuh setiap kali mencuci tangan memakai antiseptik yang beredar di pasaran. Menurutnya pelepah pisang dan kayu manis justru memiliki semacam senyawa yang tidak berbahaya bagi tubuh.

"Memang setelah kita pelajari di YouTube, pelepah pisang maupun kayu manis bisa dijadikan antiseptik yang alami. Jadinya kita mikir ini bagus kalau dipakai membasuh tangan untuk mengurangi penularan COVID-19," bebernya.

Sri bilang karya Mirza dan Faris lalu diikutkan lomba yang diberi judul Bio Hand Sanitizer for Recovery Psoriasis Dermatology During The COVID-19 Pandemic

Baca Juga: Tingkatkan Imun, Ini 7 Resep Smoothie Sehat dan Gampang Buatnya

Berita Terkini Lainnya