Comscore Tracker

4 Fakta Menarik Big Match Laga Turki vs Italia di Piala Eropa 2020

Italia tak pernah kalah sejak 2018

Jakarta, IDN Times - Duel seru Italia vs Turki yang tergabung di Grup A bakal menjadi partai pembuka digelarnya Piala Eropa 2020. Laga big match yang mempertemukan dua tim kuat di Eropa ini bakal berlangsung pada Sabtu (12/6/2021) dinihari pukul 02.00 WIB.

Jelang duel sarat gengsi ini banyak fakta menarik yang dihadirkan dalam pertarungan sengit Gli Azzurri melawan tim kuda hitam di ajang ini.

Jalannya pertandingan ini dipredisi berjalan alot, layaknya laga-laga pembuka yang terjadi di ajang bergengsi.

Italia punya modal bagus dalam duel kali ini. Mereka merupakan tim yang tak terkalahkan sejak 2018. Terlebih, usai ditangani Roberto Mancini, Marco Veratti dan kolega, seolah menjadi tim yang baru dengan penampilan yang lebih segar.

Dilansir laman UEFA, berikut empat fakta menarik yang mengiringi duel Italia melawan Turki di laga pembuka Piala Eropa 2020:

Baca Juga: Wajah Baru, 4 Pemain Kunci Italia Kalahkan Turki di Piala Eropa 2020

1. Italia tak pernah kalah sejak babak kualifikasi Piala Eropa 2020

4 Fakta Menarik Big Match Laga Turki vs Italia di Piala Eropa 2020Timnas Italia jadi salah satu favorit juara Piala Eropa 2020. (football-italia.net).

Tampil di babak kualifikasi Grup J, tim Italia mampu mengemas 24 poin dari delapan laga yang dijalani. Artinya, mereka melibas 100 persen kemenangan, tak pernah imbang, apalagi kalah.

Tentu ini jadi modal bagus buat tim besutan Roberto Mancini menuju hajat sepak bola terakbar di Benua Biru. Bagaimana tidak, usai gagal lolos ke Piala Dunia 2018, mereka langsung melakukan perbaikan. Hasilnya, sejak 2018 Italia tak sekalipun meraih kekalahan dari 26 laga yang sudah dijalani.

Itu menjadi rekor terpanjang kedua yang pernah dicetak Italia. Sebelumnya, mereka menjalani laga dengan hasil nirkalah sebanyak 56 kali. Kedigdayaan ini dimulai pada medio 1935 hingga 1939.

2. Turki sang kuda hitam yang punya pertahanan kuat

4 Fakta Menarik Big Match Laga Turki vs Italia di Piala Eropa 2020Timnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Turki lolos ke Piala Eropa 2020 usai menjadi runner up pada babak kualifikasi. Mereka satu strip di bawah Prancis dengan meraih 23 poin dari 10 laga yang dijalani. Mereka mampu mengakhiri laga dengan tujuh kemenangan, dua kali imbang dan sekali kekalahan.

Menariknya, Turki punya lini belakang yang sangat kuat selama tampil di babak kualifikasi. Mereka hanya kebobolan tiga gol dan berhasil menyelesaikan laga tanpa kebobolan sebanyak delapan pertandingan. 

Hal itu menandakan jika permainan bertahan Turki diprediksi bisa menyulitkan Italia yang mengandalkan penyerang gaek Ciro Immobile.

3. Gli Azzurri masih unggul head to head atas lawannya

4 Fakta Menarik Big Match Laga Turki vs Italia di Piala Eropa 2020Twitter.com/EURO2020

Italia masih lebih dominan dalam 10 pertemuan terakhirnya melawan Turki. Mereka mampu mengemas tujuh kemenangan, tiga kali imbang dan sekali menderita kekalahan. Mereka juga tercatat sudah lima kali melakukan clean sheet jika bertemu seterunya ini.

Terakhir kali keduanya bertemu adalah saat melangsungkan laga uji coba pada 2016. Duel tersebut berakhir imbang 1-1. Saat itu Turki mampu menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Marco Materazzi, namun Antonio Di Natale membawa Italia unggul lebih dulu.

4. Italia punya start bagus di Piala Eropa, Turki sebaliknya

4 Fakta Menarik Big Match Laga Turki vs Italia di Piala Eropa 2020Timnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Italia selalu memulai Piala Eropa dengan penampilan yang cukup baik. Mereka hanya sekali menderita kekalahan saat tampil di laga perdana ajang empat tahunan tersebut, yakni kala dibantai Belanda dengan skor 3-0 di Piala Eropa 2008. Sisanya, Italia berhasil meraih tiga kemenangan dan empat kali imbang.

Sebaliknya, Turki selalu dianggap sebagai tim yang telat panas. Mereka acap kali menderita kekalahan saat memulai perjuangannya di Piala Eropa.

Selama empat kali mengikuti turnamen ini, harus mengakui keunggulan lawan, termasuk saat bentrok dengan Italia pada edisi tahun 2000.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Jelang Duel Turki vs Italia di Piala Eropa 2020

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya