Comscore Tracker

Ivan Rakitic, Dari Barcelona ke Sevilla, Rela Gaji Dipotong 50 Persen

Ivan Rakitic dikontrak Sevilla selama tiga musim ke depan

Jakarta, IDN Times - Gelandang asal Kroasia, Ivan Rakitic menjadi pemain pertama yang hengkang dari Barcelona mulai musim depan. Ia dipastikan singgah ke klub lamanya, Sevilla.

Rakitic telah mencapai kesepakatan untuk pergi dari skuat Blaugrana usai menjalani beberapa musim indah dan mencapai beberapa prestasi gemilang sejak didatangkan pada musim 2014/2015 dari Sevilla.

Jurnalis spesialis transfer, Fabrizio Romano menyatakan Rakitic sendiri yang meminta kepada Barca untuk dijual ke mantan klubnya tersebut. Kabar terkini, pemain 32 tahun itu bahkan sudah menjalani tes kesehatan pada Senin (31/8/2020) waktu setempat, untuk segera diumumkan menjadi pemain anyar yang didatangkan Sevilla musim ini.

1. Ivan Rakitic bakal memperkuat Sevilla selama tiga musim ke depan

Ivan Rakitic, Dari Barcelona ke Sevilla, Rela Gaji Dipotong  50 Persenforbes.com

Masih dari sumber yang sama, Ivan Rakitic disebutkan bakal diganjar kontrak selama tiga tahun oleh klub asal Andalusia tersebut. Hanya saja, belum ada jumlah pasti yang dikeluarkan oleh Sevilla untuk bisa mengembalikan mantan pemain andalannya tersebut.

Bagi Rakitic, pindah dari Barca pada musim baru memang bukan pilihan berat. Maklum, pemain asal Kroasia tersebut sudah bukan jadi pilihan utama di musim 2019/2020. Waktu mentasnya musim ini langsung menurun lantaran hanya menyentuh 1.584 menit bermain di lapangan, kehilangan seribu menit jika dibandingkan tahun lalu.

Total, dia sudah mencatatkan 310 laga bersama Barcelona dengan mengoleksi 35 gol dan 42 asis. Banyak gelar juara pun mampu dipersembahkannya untuk klub yang bermarkas di Camp Nou itu, yakni 1 LaLiga, 1 Liga Champions, 4 Copa del Rey, 2 Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga: 3 Pemain ini Siap Gabung ke Manchester United, Susul Jadon Sancho?

2. Eks Schalke ini sudah tak mendapatkan tempat utama di Barca

Ivan Rakitic, Dari Barcelona ke Sevilla, Rela Gaji Dipotong  50 Persenskysports.com

Gelagat jika dirinya tak masuk dalam skema pelatih anyar Barca, Ronald Koeman musim depan memang sudah terlihat. Pelatih asal Belanda itu acap kali bilang bakal melakukan perubahan banal dengan memasukkan pemain-pemain yang muda dan segar untuk menggantikan pemain yang usianya memasuki fase pengujung.

Terang saja kepergian Ivan Rakitic dari klub asal Catalan ini cukup mengejutkan publik. Sebab, orang pertama yang digadang-gadang bakal tak lagi berseragam Barcelona adalah Lionel Messi. Koleganya itu bahkan sudah membuat surat pengunduran diri yang akhirnya menimbulkan polemik.

3. Pemain berusia 32 tahun ini punya kenangan indah selama memperkuat Los Nervionenses

Ivan Rakitic, Dari Barcelona ke Sevilla, Rela Gaji Dipotong  50 Persenelcornerdelsur.com

Sevilla sendiri bukanlah tempat yang asing bagi Rakitic. Dia berhasil menunjukkan perkembangan di lapangan dan jadi gelandang yang cukup disegani di dunia usai didatangkan Los Nervionenses dari Schalke 04 pada 2011 silam dengan mahar €2,5 juta atau jika dikonversi saat ini Rp43 miliar.

Rakitic mantap memilih Sevilla lantaran banyak kenangan indah yang tak bisa dilupakan. Empat musim di sana, dia bisa mempersembahkan satu gelar Liga Europa musim 2013/2014, tepatnya semusim sebelum dia memilih pergi ke Barcelona. Kabarnya, Rakitic rela memotong gajinya selama 50 persen dari yang ia terima di Camp Nou demi bisa "pulang" kembali ke Sevilla.

Baca Juga: 10 Fakta Istimewa Donny van de Beek yang Selangkah Lagi Jadi Pemain MU

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya