TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Keseruan yang Bisa Dinikmati di Desa Wisata Tempur Jepara

Suasana alam jadi daya tarik

Dok. Pribadi

Desa wisata Tempur merupakan salah satu desa wisata populer di Jepara, Jawa Tengah. Suasana alam menjadi daya tarik utama desa wisata ini. Selain itu kearifan lokal masyrakat setempat juga menambah daya tarik Desa Tempur.

Desa wisata ini berada di wilayah Jepara utara tepatnya di Kecamatan Keling. Dari pusat kota, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar dua jam untuk sampai di Desa Tempur. Meski begitu, tak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan menuju lokasi ini ada suguhan pemandangan alam yang indah.

Papan petunjuk menuju desa wisata ini cukup jelas. Akan ada gapura cukup besar bertuliskan Selamat Datang Desa Wisata Tempur. Kita hanya perlu mengikuti jalan masuk itu sambil memperhatikan petunjuk arah yang dipasang di sepanjang jalan. Jika khawatir nyasar, boleh sesekali bertanya pada warga setempat untuk memastikan arah jalan tak salah.

Desa Tempur sendiri merupakan desa tertinggi di wilayah Keling. Karena itu untuk menuju desa ini kita akan melalui beberapa desa di bawahnya. Di sepanjang jalan kita juga bisa melihat banyak tanaman kopi. Beberapa desa di sini kaya akan hasil kopinya.

Suasana alami akan kita dapatkan ketika berkunjung ke desa tersebut. Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya :

Baca Juga: 10 Potret Pulau Panjang Jepara yang Eksotis, Spot Keren Melihat Sunset

1. Menikmati pemandangan alam berlatar Pegunungan Muria

Femi Noviyanti

Pemandangan alam yang disuguhkan di setiap sudut Desa Tempur  luar biasa. Hamparan area persawahan yang luas dengan aliran sungai di tengahnya. Tak hanya itu latar pegunungan Muria semakin mempercantik pemandangan.

Banyak sudut menarik, salah satu yang banyak menarik perhatian yakni area persawahan yang saat ini dipasang tulisan ‘Tempur Village’.

Di area ini, ada juga jembatan yang cukup popular dan banyak dimanfaatkan warga setempat untuk nongkrong.

2. Bermain di sungai berair jernih

Dok. Pribadi

Datang ke Tempur rasanya kurang lengkap jika tidak turun ke sungainya. Banyak spot sungai yang bisa dipilih untuk bersantai.

Karena sungai mengalir hampir di sepanjang desa, tak perlu khawatir berebut tempat dengan pengunjung yang lain. Kita bebas memilih spot terbaik, namun pastikan ada akses yang aman untuk turun ke sungainya ya.

3. Selfie di Bukit Bejagan

Femi Noviyanti

Bukit bejagan ini merupakan salah satu spot yang sudah ditata sedemikian rupa oleh masyarakat setempat.

Ada beberapa spot menarik yang bisa dimanfaatkan untuk selfie. Seperti rumah pohon lengkap dengan jembatan dan lainnya. Lokasinya sendiri berada di Dukuh Duplak yang merupakan dukuh tertinggi di desa tersebut.

4. Melihat Sumur Batu

Dok. Pribadi

Sumur Batu di desa ini cukup legendaris. Konon air yang mengalir dari dalam sumur batu tak pernah surut meski memasuki musim kemarau.

Lokasinya ada di Dukuh Duplak, sebelum sampai ke Bukit Bejagan, ada jalan masuk sekitar 200 meter kea rah kiri. Untuk menuju sumur batu ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Sudah ada undakan tangga permanen  hingga lokasi yang memudahkan pengunjung mencapainya.

Baca Juga: 7 Pesona The Palm Beach Resort Jepara dengan View Pantai Bak di Bali

Writer

Femi Noviyanti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya