TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mudik Lewat Jalur Selatan, Ini Wisata dan Kuliner yang Bisa Dinikmati

Bisa menjadi obat lelah di perjalanan

Instagram.com/bagoes_93

Asyiknya mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi adalah bisa mampir ke tempat-tempat wisata. Sambil istirahat melepas lelah, pemudik bisa menikmati obyek wisata, termasuk kuliner khas daerah setempat.

Bagi kamu yang mudik ke Jawa Tengah lewat jalur selatan, ada beberapa tempat wisata yang bisa disinggahi lho. Selain itu, banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati sehingga perjalanan mudik tak lagi melelahkan. Oh iya, jalur selatan ini biasanya menjadi alternatif untuk menghindari kemacetan yang selalu terjadi di jalur utara.

Nah, berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa disinggahi  di sepanjang jalur selatan.

Baca Juga: Mudik Asyik di Jalur Selatan, Gak Macet dan Pemandangannya Keren 

1. Wisata Beteng Pendem di Cilacap

Instagram.combagoes_93

Ini merupakan wisata sejarah yang luar biasa keren di Cilacap. Namanya Beteng Pendem yang menyerupai bunker raksasa. Di dalamnya beteng terdapat ruang yang pernah digunakan sebagai kamar, gudang amunisi hingga ruang medis pada masa kolonial Belanda.

Ada juga situs makam kuno di sisi selatan benteng. Kamu bisa mampir ke benteng ini yang lokasinya di Cilacap Selatan.

2. Pantai-pantai keren di Kebumen

Travellingyuk.com

Masuk ke Jawa Tengah, kamu sangat dianjurkan untuk mampir ke Kebumen. Ada beberapa pantai yang keren, antara lain Pantai Logending, Pantai Bopong, Pantai Watu Bale, Pantai Menganti, dan Pantai Lampon. Pantai-pantai di Kebumen belum banyak digarap sehingga suasana sehingga sepi. Kamu bisa menikmati sepuasnya keindahan pantai-pantai di Kebumen.  

 

3. Desa Wisata di Purworejo

instagram.com/joe_potret

Purworejo juga memiliki beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik. Di sini terdapat banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman wisata berbeda. Beberapa di anaranya adalah Desa Wisata Somongari, Desa Wisata Karangrejo, Desa Wisata Kaligono, Desa Wisata Tlogowungu, dan Desa Wisata Benowo.

Di desa wisata ini, pemudik bisa juga menyaksikan aneka kesenian tradisional seperti jatilan, menyantap kuliner lokal seperti bajingan.  Satu lagi yang air terjun atau Curug Benowo yang keren abis. Kamu bisa menikmati segarnya udara di tengah desa yang masih alami.

4. Wisata Baturaden di Purwokerto

wisata.com

Sesampai di Purwokerto, kamu bisa menikmati suasana pagi dengan latar belakang keindahan Gunung Slamet. Nah, di sisi selatan Gunung Slamet ada tempat wisata Baturaden yang sejuk. Kamu dan keluarga bisa menikmati beberapa wahana sambil menikmati keindahan alam. Jangan lupa pakai jaket ya, karena udara cukup dingin dengan suhu berkisar 18-25 derajat celsius.

 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Brebes, Bikin Libur Lebaran Makin Seru

Berita Terkini Lainnya