Comscore Tracker

Catat! Rute, Lokasi, Beserta Tips Liburan ke Bukit Barede di Magelang

View sunrise-nya bikin takjub dan kerasan!

Magelang, IDN Times - Jawa Tengah mempunyai segudang destinasi wisata yang mampu menarik perhatian wisatawan. Salah sat yang sedang hits saat ini adalah Bukit Barede. Di tempat itu menyajikan suasana khas pegunungan yang sejuk dan sangat asri. Pencinta alam dijamin bakal betah berlama-lama di sini.

Kalau kamu pengin ke sana, ada baiknya mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Simak informasi wisata di Bukit Barede, Magelang, Jawa Tengah, mulai dari rute sampai tipsnya berikut ini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

1. Rute perjalanan menuju Bukit Barede

Catat! Rute, Lokasi, Beserta Tips Liburan ke Bukit Barede di Magelanginstagram.com/lunchbraek

Sebenarnya tak sulit untuk mencapai Bukit Barede. Pemilihan rute tergantung dari mana kamu memulai perjalanan. Berikut pilihan rutenya:

  • Dari Candi Borobudur:

Dari sini, ambil jalur barat menuju ke Purworejo. Sesampainya di perempatan Bangsongan, beloklah ke kiri. Melajulah hingga bertemu persimpangan jalan dekat SD Ringin Putih dan berjalanlah ke kanan.

Setelah bertemu dengan gapura Desa Karangrejo, ikuti jalan sampai ke persimpangan, lalu beloklah ke kiri. Dari situ, kamu tinggal berjalan lurus dan akan bertemu tempat parkir Bukit Barede.

  • Dari Yogyakarta:

Dari pusat Yogyakarta, melajulah hingga ke Jalan Mangkubumi dan Jalan Monjali. Setelah bertemu perempatan, beloklah ke kiri sampai bertemu Monumen Yogya Kembali. Kemudian, berbeloklah ke Jalan Magelang-Yogyakarta hingga sampai ke Muntilan.

Saat bertemu Pos Polisi Palbapang, belok ke kiri menuju Jalan Raya Borobudur. Lanjutkan perjalanan hingga ke Jalan Sudirman, kemudian ikuti jalan hingga ke Jalan Paren Sikepan. Kamu bakal melihat parkiran Bukit Barede di ujung jalan.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Catat! Rute, Lokasi, Beserta Tips Liburan ke Bukit Barede di Magelanginstagram.com/susidarto

Lokasi: Sendaren 2, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 04.00-18.00

Harga: gratis

Baca Juga: Informasi Wisata Bukit Bintang Bandung: Rute, Lokasi, dan Tipsnya

3. Daya tarik wisata di Bukit Barede

Catat! Rute, Lokasi, Beserta Tips Liburan ke Bukit Barede di Magelanginstagram.com/erikfdo

Saat berada di Bukit Barede, gak bakal ada kata bosan, sih. Terdapat beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan, salah satunya berburu sunrise.

Untuk mendapatkan pemandangan sunrise yang menawan, kamu harus berjalan mendaki bukit selama beberapa jam. Banyak pula wisatawan yang berkemah semalaman demi mendapatkan pemandangan tersebut. Waktu terbaik untuk melihat matahari terbit yakni pukul 04.30 hingga 05.30.

Panoramanya bakal indah banget, gak heran kalau tempat ini sering disebut sebagai tempat berburu sunrise terbaik di Magelang. Pastikan baterai kameramu masih banyak hingga saat-saat ini tiba, ya!

Catat! Rute, Lokasi, Beserta Tips Liburan ke Bukit Barede di Magelanginstagram.com/_danendra_arya_

Setelah dibuat tak berkedip dengan pesona matahari terbit, kamu bakal dibuat takjub lagi dengan pemandangan Candi Borobudur dari bukit ini. Kapan lagi bisa menyaksikan kemegahan candi tersebut dari ketinggian, ya kan? 

Kawasan Bukit Barede memang masih satu kawasan dengan Candi Borobudur. Gak heran kalau akhirnya destinasi ini dibanjiri banyak wisatawan yang penasaran dengan lanskap candi dari atas bukit.

Kamu harus berjalan selama 20 menit untuk bisa sampai ke puncak. Aksesnya cukup mudah, karena jalanannya sudah berupa tanah.

Catat! Rute, Lokasi, Beserta Tips Liburan ke Bukit Barede di Magelanginstagram.com/dops.co_

Terdapat pula beberapa spot foto yang bisa kamu manfaatkan. Ada kebun bunga, rumah panggung, dan yang paling difavoritkan, gardu pandang.

Di gardu pandang, kamu bisa berfoto dengan latar pemandangan alam yang luas dan tak terhalangi apa pun. Meskipun tak ada batasan waktu untuk berada di gardu pandang, tetap ingat untuk bergantian dengan pengunjung lainnya, ya!

4. Tips yang bisa kamu terapkan

Catat! Rute, Lokasi, Beserta Tips Liburan ke Bukit Barede di Magelanginstagram.com/karolixi

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan selama liburan di sini:

  • Datanglah lebih awal kalau mau menikmati pesona matahari terbitnya. Kalau siang sedikit, kamu gak bakal mendapatkan ruang yang leluasa, lho.
  • Kalau pengin mendapat pengalaman lebih menarik, datanglah saat Hari Raya Waisak. Kamu bisa melihat lampion yang diterbangkan. Indah banget!
  • Pastikan staminamu fit kalau ingin mendaki hingga ke puncak bukit. Jangan dipaksa kalau tidak sanggup.
  • Siapkan baterai kameramu penuh, biar bisa berfoto sampai puas.
  • Jagalah kebersihan, buanglah sampah di tempat yang disediakan.

Nah, itu beberapa informasi wisata tentang Bukit Barede di Magelang, Jawa Tengah. Kalau sudah tahu panduannya, dijamin liburanmu makin aman dan nyaman. Kapan mau berangkat, nih?

Baca Juga: Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetan

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya