Comscore Tracker

5 Spot Wisata Asyik di Solo Lokasinya Tak Jauh dari Keraton Surakarta

Kalian bisa jalan kaki dari keraton

Keraton Surakarta atau Keraton Solo merupakan salah satu wisata sejarah dan budaya yang identik dan pasti dikunjungi wisatawan dari luar kota ketika pelesiran ke Kota Solo. Tak sah rasanya, pergi ke Solo kalau tidak mampir ke bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak tahun 1744 ini.

Tak hanya Keraton Surakarta, ada spot-spot menarik lainnya yang bisa kalian kunjungi  Selesai berkeliling menyaksikan interior hingga benda-benda bersejarah di kraton Solo, kamu mesti mampir nih ke sini. Dijamin bikin betah jalan-jalan! Di mana saja, ya?

Baca Juga: Keturunan Kyai Slamet, Kerbau Bule Tertua di Keraton Solo Mati

1. Benteng Vastenburg

5 Spot Wisata Asyik di Solo Lokasinya Tak Jauh dari Keraton Surakartainstagram.com/krisnanto_try_sutrisno

Setahun setelah Keraton Surakarta berdiri, Belanda membangun Benteng Vastenburg yang digunakan sebagai tempat untuk mengintai hingga mengawasi gerak-gerik raja.

Bangunan bergaya Eropa yang masih kokoh berdiri ini, sering dimanfaatkan wisatawan domestik maupun mancanegara sebagai spot wisata bersejarah yang mesti masuk dalam daftar itinerary.

Tak sedikit yang berkunjung ke Benteng Vastenburg, memanfaatkan bangunan berwarna putih ini sebagai spot fotografi yang memesona.

2. Kampung Batik Kauman

5 Spot Wisata Asyik di Solo Lokasinya Tak Jauh dari Keraton Surakartainstagram.com/explorekampungbatikkauman

Selain Pekalongan, Solo juga termasuk kota penghasil batik. Kepengin menambah wawasan mengenai batik? Pergi saja ke Kampung Batik Kauman.

Kampung yang dahulu merupakan tempat tinggal para pekerja keraton tersebut kini menjelma menjadi spot wisata edukasi mengenai batik. Di sini, kamu bisa mendapatkan pengalaman membatik secara langsung atau memburu kain batik yang indah untuk dijadikan sebagai buah tangan.

3. Pasar Klewer

5 Spot Wisata Asyik di Solo Lokasinya Tak Jauh dari Keraton Surakartainstagram.com/tahufix

Pasar Klewer merupakan pasar batik terbesar di Indonesia. Puas banget usai berkeliling ke keraton, datang ke pasar ini untuk memborong batik dengan beragam corak, warna dan harga terjangkau.

Batik yang dijual di Pasar Klewer tidak hanya kain. Kamu dapat membeli produk jadi seperti baju batik, blangkon, tas dan masih banyak lainnya. 

4. Alun-alun Kidul

5 Spot Wisata Asyik di Solo Lokasinya Tak Jauh dari Keraton Surakartainstagram.com/oktavianusbima

Masyarakat Solo sering menyingkat nama spot asyik ini dengan sebutan Alkid. Di mana ada keraton, pasti mudah dijumpai juga alun-alun yang multifungsi untuk masyarakat sekitar. Lalu, wisatawan bisa apa di Alun-alun Kidul?

Di sini banyak pedagang kaki lima yang menjajakan jajanan lokal yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Terdapat juga pemandangan menarik kereta jenazah yang dahulu pernah digunakan oleh Paku Buwono X.

Bila kamu datang ke sini saat beruntung, alun-alun ini menjadi tempat penyelenggaraan pesta rakyat yang cukup meriah.

5. Galabo Kuliner Solo

5 Spot Wisata Asyik di Solo Lokasinya Tak Jauh dari Keraton Surakartainstagram.com/dicky_herlambang.jr

Kamu yang hobi kulineran, jangan buru-buru balik ke hotel dulu. Kenapa? Tepat pada pukul lima sore, terdapat spot yang asyik banget untuk kulineran malam hari. Galabo Kuliner Solo, nama spot tesebut.

Spot ini bikin kalap plus lupa jika sedang diet karena banyak tenda yang menjajakan dagangan berupa kuliner lokal yang lezatnya gak ketulungan. Kepengin apa? Bakso solo, tengkleng, satai, dan masih banyak kuliner lainnya yang gak sabar untuk dincar kamu!

Itulah lima spot asyik wisata di Solo yang lokasinya tidak jauh dari Keraton Surakarta. Jangan lupa berkunjung ke spot asyik yang ini ya saat berkunjung ke Solo.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tifani Topan di IDN Times Community dengan judul 5 Spot Asyik di Solo yang Lokasinya Tidak Jauh dari Keraton Surakarta

Baca Juga: Dibuka Kembali, Ini Jam Buka dan Operasional Museum Keraton Solo

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya