TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jateng Siapkan 1.000 Juleha untuk Sambut Perayaan Idul Adha

Disnak Keswan perkiraan konsumsi hewan kurban melonjak

ilustrasi sapi kurban (freepik.com/Wirestock)

Semarang, IDN Times - Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Jawa Tengah memastikan terdapat 1.000 juru sembelih halal (juleha) yang dibekali pelatihan khusus untuk mendukung penyembelihan hewan kurban. 

Baca Juga: Minta Petunjuk ke Ganjar, ASN Bapenda Jateng Maju Pilkada Tegal

1. Pelatihan juleha dilakukan di sejumlah kabupaten

Fakultas Peternakan UGM mengadakan pelatihan juru sembelih halal (Juleha). (Dok. Fakultas Peternakan UGM)

Kepala Disnak Keswan Jateng, Agus Wariyanto mengatakan para juleha yang dibekali pelatihan paling banyak berada di Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kudus, Kabupaten Blora, Kabupaten Kendal, Kabupaten Brebes dan Kota Semarang. 


"Sebenarnya mereka sudah sering diikutkan menyembelih hewan kurban setiap Hari Raya Idul Adha. Yang sudah pengalaman ada 500 juru sembelih. Lalu ada tambahan lagi 500 orang jadinya 1.000 juleha tahun ini yang sudah siap untuk dilibatkan saat Idul Adha," kata Agus kepada IDN Times, Rabu (12/6/2024). 

2. Rutin berikan ToT bagi para juleha

Agus berkata para juleha masing-masing sudah dibekali Training of Trainer (ToT) untuk memperkaya ilmu penyembelihan hewan kurban. 


Selain itu mereka juga diberikan tambahan pelatihan mengenai tata cara menyembelih hewan kurban yang aman, benar dan sehat untuk dikonsumsi bagi masyarakat. 


Di Brebes, ia mengaku pelatihan bagi para juleha sudah berlangsung selama tiga angkatan. 


Lalu di Blora, Rembang, Kudus, Kendal dan kabupaten/kota lainnya juga diberi pelatihan serupa dengan harapan memiliki kesiapan yang matang ketika dibutuhkan oleh setiap pengurus masjid, musala dan kampung-kampung. 


"Secara berkala kami rutin memberikan peningkatan pemahaman bagi para juru sembelih hewan kurban agar senantiasa tetap mematuhi aturan ajaran Islam. Termasuk memberikan ToT bagi juru sembelih seperti di Brebes itu sudah berlangsung tiga angkatan," terangnya. 

Berita Terkini Lainnya