TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Sumber Karbohidrat yang Menyehatkan, Gak Hanya Nasi!

cocok untuk yang lagi program diet yang sehat

ilustrasi jagung manis (pixabay.com/keem1201)

Intinya Sih...

  • Nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat, ubi jalar memiliki kandungan gizi tinggi dan cara konsumsi yang beragam.
  • Singkong kaya serat, rendah gula, dan dapat mengurangi risiko diabetes jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat.
  • Kentang dan jagung juga merupakan alternatif sumber karbohidrat yang baik untuk menunjang energi sehari-hari.

Nasi sebagai penghasil sumber karbohidrat untuk berkegiatan. Namun sebenarnya, nasi tidak hanya jadi satu-satunya sumber karbohidrat yang bisa kamu makan setiap hari. Sebab masih ada beberapa tanaman yang memiliki sumber karbohidrat yang tak kalah tinggi.

Bahkan, beberapa tumbuhan ni sudah ada sejak zaman dulu ya g dimasak ketika harga beras naik.  Selain itu, juga kerap diolah jadi aneka makanan kuliner khas Indonesia. Salah satu bahan ini pastinya ada dalam kategori persediaan masakan di dapur rumahmu. Penasaran apa saja kelima sumber bahan pangan dengan nilai gizi karbohidrat yang tinggi? Yuk, simak ulasan artikel berikut ini.

1. Ubi Jalar

Kandungan karbohidrat pada ubi sebanding dengan kentang, bahkan sebagian meyakini lebih tinggi dari segi karbohidratnya. Hal ini karena ubi jalar memiliki vitamin A, vitamin B, fosfor, protein, kalium, sampai kandungan kalsium yang tinggi.

Menikmatinya pun cukup mudah, yaitu dengan cara direbus dan ditambah sedikit garam agar lebih gurih atau bisa dicampur dengan bahan lainnya. Cara ini justru lebih membuat manfaat gizinya lebih tinggi dibandingkan dengan digoreng. Konsumsi secukupnya agar sebab ubi jalar memiliki kandungan yang tidak baik bagian mineralnya. Jadi, konsumsi dengan jumlah yang seimbang, ya.

Baca Juga: 5 Penyakit Akibat Mengonsumsi Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

2. Singkong

Selain kaya serat yang tinggi, singkong juga rendah kadar gula. Tidak heran jika singkong digadang-gadang dapat mengurangi risiko diabetes. Cukup dengan 1,5 potong singkong rebus sudah sama halnya mwngkongsumsi satu porsi nasi. 

Cara simpel untuk dijadikan sebagai sarapan di pagi hari. Singkong pun bisa diolah jadi beragam aneka makanan. Baik sebagai camilan, makanan tradisional atau sebagai rebusan pun enak. Meski rasanya enak, namun pastikan porsinya tidak begitu berlebihan, ya.

3. Kentang

Karbohidrat kompleks pada kentang dipercaya dapat menurunkan berat badan tubuh. Jika dikonsumsi dalam porsi yang pas, pasti memiliki efek yang maksimal. Selain itu, serat dan protein pada kentang bisa membuat perut jadi kenyang lebih lama.

Dengan demikian, mengkonsumsi kentang membuat nafsu makan akan lebih mudah dikendalikan. Kebiasaan orang Indonesia memasak kentang sebagaienu pembuka, lauk makan, dan sebagai bahan campuran donat agar teksturnya lebih lembut. Kamu bisa mengkreasikan lebih banyak ide memasak kentang.

4. Jagung

Alasan jagung bisa jadi pengganti nasi adalah karena kandungan vitsnin, mineral, dan seratnya. Bahkan, dalam 100 gram jagung rebus mengandung karbohidrat sebanyak 21 gram. Meski tidak begitu banyak, tetapi sebagai asupan sumber karbohidrat untuk aktivitas energi jagung pun masih cukup memaksimalkan potensi kenyang.

Cukup 3 buah jagung maka sama halnya kamu makan satu porsi nasi. Biasanya jagung juga dicampur dengan nasi atau awam disebut sebagai nasi jagung. Baik direbus atau dibakar jagung selalu punya rasa gurih yang tidak eneg dimakan sehari-hari.

Karbohidrat adalah sumber energi utama yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Kekurangan karbohidrat membuat badan jadi mudah lemas karena kekurang sumber energinya. Tidak hanya dari padi yang diolah jadi nasi, tetapi tumbuhan seperti jagung, ubi, dan kentang jika dikonsumsi secara bertahap maka membuat perut kenyang dan energi terisi kembali.

Baca Juga: 6 Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh, Tinggi Karbohidrat 

Verified Writer

Qoniah Musallamah

Berusaha belajar sepanjang waktu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya