TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Gejala Osteoporosis, Kenali Sebelum Terlambat!

Nyeri punggung dan postur bungkuk

ilustrasi kesehatan tulang (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Osteoporosis adalah masalah tulang yang sering datang tanpa permisi, dan lebih sering lagi tanpa gejala yang jelas di awal.

Kalau dibiarkan, tulang kita bisa rapuh dan rentan patah meski hanya gara-gara hal sepele, seperti jatuh kecil.

Jadi, sebelum terlambat dan kamu jadi terkejut saat tulang retak, kenali tanda-tandanya lebih awal. Simak 5 gejala berikut ini dan perhatikan baik-baik!

Baca Juga: Apakah Osteoporosis Terjadi pada Pria? Ketahui Faktanya

1. Nyeri punggung yang tak kunjung pergi

Pernah merasakan nyeri punggung yang nggak sembuh-sembuh, bahkan setelah istirahat panjang? Mungkin itu tanda osteoporosis yang kamu abaikan. Osteoporosis bisa membuat tulang belakang rapuh dan mudah terkompresi, yang menyebabkan nyeri punggung kronis. Nyeri ini biasanya muncul akibat patahnya tulang belakang karena tekanan berulang.

Kompresi tulang belakang akibat osteoporosis adalah salah satu penyebab utama nyeri punggung pada orang dewasa, terutama wanita. Jadi, jangan anggap sepele nyeri punggung berkepanjangan!

2. Postur tubuh membungkuk

Kalau kamu sering mendengar nasihat dari orang tua untuk duduk tegak, itu bukan sekadar omelan! Osteoporosis bisa bikin postur tubuh membungkuk akibat patah tulang belakang yang menyebabkan lengkungan pada tulang punggung. Saking rapuhnya, tulang belakang bisa mulai merosot.

Kyphosis (membungkuk) adalah salah satu tanda yang muncul akibat osteoporosis parah. Kalau kamu mulai merasa tinggi badan berkurang atau postur membungkuk, segera cek kesehatan tulangmu.

3. Penurunan tinggi badan

Jangan kaget kalau tiba-tiba merasa lebih pendek dari biasanya. Penurunan tinggi badan sering kali terjadi ketika tulang belakang mulai kehilangan kekuatannya dan tertekan akibat osteoporosis. Ini terjadi karena bantalan antara tulang belakang menjadi lebih tipis dan tulang belakang mengalami kerusakan.

Kehilangan lebih dari 2 cm tinggi badan bisa jadi tanda awal osteoporosis. Jadi, kalau merasa baju lama terlihat lebih panjang di bagian lengan atau celana jadi menggantung, mungkin waktunya untuk cek tulang.

4. Tulang mudah patah

Jatuh kecil tapi tulang retak? Itu bisa jadi alarm bahaya osteoporosis. Jika tulang mulai rapuh, mereka lebih mudah patah bahkan dari trauma ringan, seperti terjatuh saat berjalan. Ini adalah salah satu gejala paling jelas yang harus diwaspadai.

Patah tulang akibat jatuh ringan bisa menjadi pertanda serius bahwa tulangmu mulai kehilangan kekuatan. Tulang yang paling sering mengalami patah adalah pergelangan tangan, pinggul, dan tulang belakang.

Verified Writer

Ignatius Drajat Krisna Jati

Terus semangat!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya