TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cerita Mistis di Demak, Ada Makam di Tengah Jalan, Mencekam! 

Mulai dari napak tilas Wali Songo hingga istana gaib

Peziarah mendatangi Masjid Agung Demak. (IDN Times/Putriana Cahya)

Demak, IDN Times - Cerita misteri, mitos, kisah sejarah selalu ada di setiap daerah tak terkecuali di Kabupaten Demak. Percaya tidak percaya hingga sekarang masih banyak kisah dari dunia lain yang beredar di Kota Wali tersebut. 

Sejumlah lokasi pun dianggap angker. Dimana saja lokasi tersebut dan ada cerita apa, simak empat cerita mistis di Kabupaten Demak. 

Baca Juga: Tempat Uji Keperawanan, 5 Kisah Mistis Karanganyar yang Paling Seram

1. Pintu Bledeg Masjid Agung Demak

Pintu Bledeg di Masjid Agung Demak. (dok. pariwisata.demakkab.go.id)

Masjid Agung Demak selain menjadi tempat ibadah, terkadang masih diselimuti kisah mistis. Salah satunya dari Pintu Bledeg di Masjid Agung Demak. Pintu yang memiliki ukiran yang cantik dan berbahan kokoh bergambar dua kepala naga ini menjadi pusat perhatian pengunjung. 

Pintu ini memiliki sejarah dan ceritanya sendiri, sehingga dianggap dapat menangkal petir pada masa lampau. Kisah itu tidak terlepas dari pembuat Pintu Bledeg, yakni Ki Ageng Selo yang memang memiliki kesaktian untuk menangkal petir. 

2. Sumur Gandeng

Sumur Gandeng di Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. (dok. pariwisata.demakkab.go.id)

Sumur Gandeng yang terletak di Kecamatan Mijen Kabupaten Demak ini dipercaya memiliki fungsi yang berbeda daripada yang semestinya. Sumur Gandeng yang memiliki nama asli Sumur Bandung ini menjadi titik awal dari nama Desa Sumber Bumi. 

Seorang pribumi yang menjadi juru kunci dari sumur tersebut menyatakan bahwa air sumur terkadang memiliki rasa atau warna yang berbeda. Selain itu, debit air sumur tersebut selalu ada dan tidak memandang musim di kawasan tersebut. Dua sumur yang berdekatan itu memiliki fungsi yang berbeda, satu dikhususkan untuk mandi dan satunya lagi dapat dijadikan air minum. 

3. Makam Kyai Singkil

Makam Kyai Singkil di Kabupaten Demak. (Youtube/Ahmada Media)

Menjadi salah satu cerita mistis di Demak yang tidak kalah populer, Kyai Singkil sampai-sampai dipercaya sebagai keris, bukan manusia. Tadinya, makam yang berada di tengah jalan ini dipercaya tidak memiliki peziarah. Namun, pada tahun 2006, peziarah yang beranggotakan 3--8 orang datang menggunakan tikar. 

Warga Kelurahan Bintoro juga tidak merasakan hal ganjil dari makam yang satu ini. Namun, makam ini memang dipercaya singgah dari era Kesultanan Demak dan berfungsi sebagai tanggul atau bendung. 

Baca Juga: Kudu Mampir! 5 Tempat Wisata Budaya di Semarang ini Punya Banyak Kisah

Berita Terkini Lainnya