TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Jitu Menghindari Burnout saat Bekerja WFH dengan Smartphone

Kesehatan mental perlu dijaga saat pandemik COVID-19

Ilustrasi stres bekerja (Pixabay.com/geralt)

Beberapa orang sudah bekerja berangkat bekerja di kantor karena kasus COVID-19 menurun. Namun, masih ada juga yang bekerja dari rumah alias WFH (work from home).

Minimnya sekat antara pekerjaan dan kehidupan pribadi membuat orang yang bekerja WFH sulit untuk disconnect setelah seharian telecommuting ke kantor. Sebab, kemudahan selalu terhubung dan produktif menjadi pisau bermata dua karena menjadi alasan harus terus bekerja yang dapat memicu stres dan kekelahan fisik.

Situasi tersebut bisa berdampak pada terganggunya kesehatan mental yang berkepanjangan atau dikenal dengan istilah burnout. Beruntung, ada teknologi dan inovasi untuk wind down setelah seharian bekerja dan meminimalisir burnout saat pandemik COVID-19 dengan Samsung Galaxy Z Fold3 5G berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Atasi Burnout Buat Kamu dan Perusahaan, Kerja Nyaman!

1. Disconnect, bikin me-time dengan hal favorit

ilustrasi makan sambil nonton film, me-time (pexels.com/tirachard kumtanom)

Bekerja secara teru- menerus tidak baik untuk kesehatan mentalmu, bahkan sekadar untuk menjawab WhatsApp, email, maupun panggilan saja. Ada baiknya kamu mengambil waktu tenang untuk memberi reward kepada diri sendiri dengan sedikit me-time.

Salah satu cara untuk disconnect adalah dengan mengatur screen time kamu dengan perangkat smartphone-mu. Menghitung waktu screen-time secara manual, bisa saja menjadi tantangan tersendiri. Samsung Galaxy Z Fold3 5G memiliki cara mudah untuk mengukur screen time-mu dengan cukup mengakses menu Digital Wellbeing melalui menu Settings, kemudian pilih Digital Wellbeing and ParentalControl, kemudian pilih Digital Wellbeing.

Pada menu tersebut kamu bisa memilih App Timer untuk memberikan timer pada aplikasi-aplikasi tertentu sehingga kamu bisa secara leluasa mengatur screen time setiap aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengakses menu fokus mode dan mematikan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang kamu inginkan. Sebagai contoh kamu bisa mematikan notifikasi email, WhatsApp, dan Microsoft Teams ketika sedang ada dalam waktu me-time.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir ada pesan undangan meeting yang masuk ketika kamu sedang asyik-asyiknya berkebun dan merawat tanaman sambil menonton Youtube atau saat lagi nonton episode baru drama Korea favoritmu di Netflix atau aplikasi streaming lainnya.

2. Jangan lupa selalu menjaga kebugaran tubuh

Ilustrasi berolahraga (Pexels/Andrea Piacquadio)
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Percaya tidak percaya, kesehatan mental yang baik, juga diawali dengan fisik yang prima lho! Dengan secara rutin menjaga agar badan tetap fit, kamu sudah satu langkah lebih dekat untuk lebih sehat secara mental juga. Bagi kamu yang hobi berolahraga ataupun hanya untuk menjaga kesehatan, aplikasi Samsung Health bisa membantu kamu untuk menjaga kebugaran tubuh.

Mulai dari mengatur pola makan dan pola gerak yang teratur, Samsung Health bisa memonitor seberapa banyak langkah yang sudah kamu lakukan hari ini, untuk membantumu tetap berada pada target 15.000 langkahmu. Kamu juga dapat mengecek calorie intake-mu dengan meregister makanan serta minuman yang kamu konsumsi.

Selain itu juga ada Samsung Health yang bisa membantu untuk merekam berat badan, dan apabila kamu juga memiliki Samsung Galaxy Watch4 untuk di pairing dengan Galaxy Z Fold3 5G kamu, Samsung Health dapat memonitor kualitas tidur kamu dengan akurat.

3. Ekspresikan diri untuk melepaskan diri dari stress

Menggambar di Samsung Galaxy Z Fold3 5G. (Dok. Samsung Indonesia)

Salah satu  cara untuk mengatasi emosi yang berlebihan adalah dengan menemukan cara yang sehat untuk mengekspresikan diri. Membuat jurnal untuk mengekspresikan apa yang kamu rasakan dengan tulisan atau gambar dengan bebas dapat membantumu memahami lebih baik apa yang menjadi masalah kamu, mengurangi overthinking dan mengatur emosi dengan lebih baik.

Membuat jurnal di mana pun kamu inginkan dengan Galaxy Z Fold3 5G dengan layar 7,6 inci yang responsif serta form factor-nya yang ringkas dibawa-bawa, dikombinasikan dengan S Pen dengan latensinya yang rendah sehingga coretan-coretan perasaan dan keterbukaan bisa dilakukan dengan nyaman seperti di atas kertas. Tak hanya sebagai wadah untuk menuangkan pikiran dan perasaan pribadi, journaling juga sangat bisa dimanfaatkan untuk mengasah kreativitas dan sebagai hiburan.

Baca Juga: 3 Tips Trik Ampuh Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar di Rumah

Berita Terkini Lainnya