TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resmi Beroperasi! BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri, Cek Tarifnya

Rute Wonogiri-Sukoharjo-Solo merupakan koridor ketujuh

Peresmian Bus Rapid Trans koridor 7. (Dok/Humas Pemprov.jateng)

Surakarta, IDN Times - Bus rapid transit (BRT) Trans Jateng koridor Wonogiri-Sukoharjo-Solo resmi diluncurkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Alun-alun Wonogiri, Selasa (8/8/2023).

Keberadaan bus tersebut disambut antusias para warga dan penyandang disabilitas, lantaran memiliki fasilitas yang ada ramah difabel.

Baca Juga: Tolong Bu Wali Kota, 4 SMA di Semarang Tidak Dilewati BRT

1. Rute Bus Rapid Transit.

Peresmian Bus Rapid Trans koridor 7. (Dok/Humas Pemprov.jateng)

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jateng Henggar Budi Anggoro mengatakan, koridor Wonogiri-Sukoharjo-Solo yang diluncurkan merupakan koridor ke tujuh. Sebelumnya terdapat enam koridor yang telah beroperasi sebelum, antara lain;
- Koridor 1, Bawen (Ungaran)-Tawang (Semarang).
- Koridor 2, Bulupitu (Purwokerto)-Bukateja (Purbalingga).
- Koridor 3, Bahurekso (Kendal)-Mangkang (Semarang).
-Koridor 4, Surakarta-Sragen.
- Koridor 5, Kutoarjo (Purworejo)-Borobudur (Magelang). -Koridor 6, Halte Penggaron (Semarang)-Terminal Godong (Grobogan). (Ak/Ul, Diskominfo Jateng).
- Koridor 7, Wonogiri-Sukoharjo-Solo.

2. Membantu mobilitas masyarakat sekitar Solo.

Peresmian Bus Rapid Trans koridor 7. (Dok/Humas Pemprov.jateng)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, dari BRT koridor Wonogiri-Sukoharjo-Solo diharapkan bisa membantu masyarakat, mulai dari difabel, buruh, pelajar, veteran, dan sebagainya.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk koridor Wonogiri-Sukoharjo-Solo. Inilah ikhtiar kita, saya, dan Pak Wagub (Taj Yasin Maimoen) Gus Yasin, yang mencoba atau menyelesaikan satu-persatu. Tentu dengan bantuan bupati, wali kota, pusat,” kata Ganjar dalam peresmian koridor 7.

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan adanya BRT tersebut bisa mengcover area-area yang belum tercover. Ia juga mengapresi bus tersebut, selain itu tarif yang ditetapkan juga tergolong terjangkau.

"Intinya bisnya udah bagus. AC dingin, untuk buruh murah, untuk siswa murah. Promosi Rp2 ribu dan Rp4 ribu. Rp2 ribu untuk pelajar, Rp4 ribu buruh.

Baca Juga: Trans Semarang Tambah Armada Microbus Layani Penyandang Difabel 

Berita Terkini Lainnya