Trans Semarang Tambah Armada Microbus Layani Penyandang Difabel 

Bisa menampung pengguna kursi roda

Semarang, IDN Times -  Trans Semarang menambah satu armada microbus untuk melayani penumpang difabel. Armada microbus itu beroperasi di koridor VI Trans Semarang rute Universitas Diponegoro–Universitas Negeri Semarang.

1. Dilengkapi tempat luas di bagian belakang

Trans Semarang Tambah Armada Microbus Layani Penyandang Difabel Trans Semarang menyediakan armada microbus untuk penyandang difabel. (dok. Trans Semarang)

Kepala Badan Layanan Umum Unit Pelaksana Teknis Daerah (BLU UPTD) Trans Semarang, Hendrix Setiawan mengatakan, armada microbus khusus difabel ini dilengkapi tempat luas di bagian belakang yang dapat menampung kursi roda.

"Armada microbus khusus difabel ini bekerja dengan sistem hidrolis yang sudah terpasang di dalamnya.Pengguna kursi roda dapat masuk melalui pintu belakang,’’ ungkapnya Jumat (16/6/2023).

Armada microbus khusus difabel ini berkapasitas satu penumpang di kursi depan, 10 penumpang di kursi tengah, dan satu tempat untuk kursi roda. Kemudian, tarif Trans Semarang untuk penyandang difabel ini adalah Rp1.000,-. Hal ini sesuai dengan Peraturan Wali Kota Semarang (Perwal) Nomor 39 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Semarang Nomor 17 Tahun 2021 tentang Tarif Bus Rapid Transit Trans Semarang.

Baca Juga: BRT Trans Semarang Tambah Jam Operasional, Layani Pemudik Kapal Laut

2. Sediakan kartu nontunai untuk difabel

Trans Semarang Tambah Armada Microbus Layani Penyandang Difabel Trans Semarang menyediakan armada microbus untuk penyandang difabel. (dok. Trans Semarang)

Trans Semarang juga menyediakan kartu pembayaran non tunai khusus difabel tuna netra yang dilengkapi dengan huruf braille.

Hendrix menyampaikan, dengan penambahan armada microbus untuk difabel ini harapannya bisa semakin memudahkan penumpang berkebutuhan khusus dalam bepergian.

Sebelumnya di bulan November 2022, Trans Semarang juga telah menghadirkan bus ramah difabel. Bus dengan desain low entry ini telah dilengkapi dengan tempat khusus untuk kursi roda dan telah beroperasional di koridor 2 Terminal Terboyo–Terminal Sisemut, koridor 3 Pelabuhan–Elizabeth, dan koridor 4 Terminal Cangkiran–Stasiun Tawang.

3. Penumpang difabel merasa nyaman

Trans Semarang Tambah Armada Microbus Layani Penyandang Difabel Bus Trans Semarang ramah difabel (dok. Trans Semarang)

Penyandang difabel dan pengguna transportasi umum, Yuktiasih Proborini mengungkapkan, dengan adanya micobus ini sangat membantu dirinya yang kerap bepergian dengan transportasi umum.

‘’Kami berterima kasih karena perjalanan dengan armada khusus difabel ini menjadi nyaman,’’ katanya.

Baca Juga: Trans Semarang Hadirkan Bus Ramah Difabel, Cek Rutenya Di Sini

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya