BRT Trans Semarang Tambah Jam Operasional, Layani Pemudik Kapal Laut

Beroperasional hingga pukul 23.00 WIB

Semarang, IDN Times - Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang menambah jam operasional hingga malam hari. Langkah itu dilakukan untuk melayani pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal laut pada Lebaran 2023. 

1. Layanan malam mulai 16–27 April 2023

BRT Trans Semarang Tambah Jam Operasional, Layani Pemudik Kapal LautPara penumpang menunggu BRT Trans Semarang di halte Simpang Lima Semarang. (IDN Times/Dhana Kencana)

BRT Trans Semarang akan beroperasi malam hari pada pukul 17.30–23.00 WIB. Adapun, jam operasional itu akan mulai berjalan pada 16–27 April 2023. 

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang, Hendrix Setiawan mengatakan, pihaknya menyiapkan tiga armada untuk mengangkut pemudik pada malam hari. Adapun, waktu tunggu kedatangan bus diestimasi sekitar 15-20 menit.

‘’Pengoperasian layanan malam di pelabuhan itu sebagai transportasi lanjutan dalam rangka program mudik gratis dari pemerintah dengan menggunakan kapal laut,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (17/4/2023).

Baca Juga: Trans Semarang Hadirkan Bus Ramah Difabel, Cek Rutenya Di Sini

2. Pemudik dari pelabuhan diantar ke pusat kota

BRT Trans Semarang Tambah Jam Operasional, Layani Pemudik Kapal LautPemudik turun dari KM Lambelu setibanya di Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (21/4/2022). ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Dengan layanan yang diberikan BLU UPTD Trans Semarang, pemudik dari pelabuhan dapat langsung menuju pusat Kota Semarang seperti Simpang Lima dan Tugu Muda. Selain itu, bisa transit untuk melanjutkan dengan rute malam lainnya.

"Penumpang juga bisa transit di Halte Simpang Lima untuk tujuan Mangkang dengan menggunakan Layanan Malam Mangkang-Simpang Lima," ujar Hendrix.

Untuk diketahui, bus akan berhenti di Halte Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Tanjung Mas. Selanjutnya, menempuh rute Jalan Ronggowarsito-Jalan Pengapon-Jalan Raden Patah-Jalan Dr. Cipto- Simpang Milo-Jalan Brigjen Katamso-Jalan Ahmad Yani-Simpang Lima.

3. Lebaran Trans Semarang tetap beroperasi

BRT Trans Semarang Tambah Jam Operasional, Layani Pemudik Kapal LautSeorang kru BRT Trans Semarang saat membantu seorang lansia menuntun masuk ke dalam armada yang melayani rute Balaikota Semarang-Cangkiran. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kemudian, bus melanjutkan perjalanan melewati Jalan Pandanaran-Tugu Muda-Jalan Imam Bonjol-Stasiun Poncol-Layur-Stasiun Tawang-Jalan Ronggowarsito, dan kembali ke Pelabuhan Tanjung Mas.

Hendrix menambahkan, layanan malam Trans Semarang akan berakhir pada Jumat (21/4/2023) saat malam takbiran atau pukul 23.00 WIB.

"Selanjutnya, saat Lebaran pada Sabtu (22/4/2023), Trans Semarang tetap beroperasional dengan waktu awal Layanan mulai pukul 10.00 WIB dari semua titik keberangkatan. Sedangkan, pada hari kedua Lebaran, Minggu (23/4/2023) waktu layanan kembali normal," tandasnya.

Baca Juga: Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya