Comscore Tracker

7 Kuliner Solo Jujugan Presiden Jokowi Ini Bisa Menjadi Referensimu

Siap-siap antre saking ramainya

Solo memang dikenal sebagai surganya kuliner. Kota berslogan 'Spirit of Java' ini memiliki banyak kuliner lezat dengan harga murah meriah. Gak heran kalau Presiden Jokowi pun mempunyai langganan tempat kuliner di kota ini. 

Berikut ini tujuh tempat kuliner yang biasa dikunjungi Presiden Jokowi yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Sate Kere Bu Tugiyem

7 Kuliner Solo Jujugan Presiden Jokowi Ini Bisa Menjadi Referensimukompas.com

Sate khas Solo ini terkenal dengan tempe gambus yang terbuat dari ampas tahu. Bahan dasar pembuatan sate ini juga menggunakan jeroan sapi, seperti paru dan usus.

Sate kere buatan Bu Tugiyem tertelak di Jalan Arifin Nomor 63, tepatnya di parkiran Depot Es Nini Thowong. Bumbu yang digunakan untuk menyantap sate kere ini adalah bumbu kacang menyerupai bumbu pecel, tetapi lebih kental. Ada rasa gurih, manis, asam, dan wangi dari daun jeruk.

2. Sate Buntel Mbok Galak

7 Kuliner Solo Jujugan Presiden Jokowi Ini Bisa Menjadi Referensimuksmtour.com

Sate buntel ini merupakan olahan daging kambing muda yang dicincang, lalu dililit pada sebilah bambu seperti yang di Bali. Dagingnya terasa empuk dan gurih, karena di bagian luarnya dibungkus lemak daging.

Sate Buntel Bu Galak berada tak jauh dari kediaman masa kecil Presiden Jokowi, di Jalan Mangun Sarkoro Nomor 122.

3. Timlo Sastro

7 Kuliner Solo Jujugan Presiden Jokowi Ini Bisa Menjadi Referensimugoodindonesianfood.com

Timlo, sup khas Solo ini berisi irisan ati ampela ayam, irisan dadar gulung, irisan, bihun, telur pindang, dan suwiran ayam goreng.

Salah satu tempat untuk menikmati kelezatan hidangan ini terletak di Jalan Kapten Mulyadi Nomor 8, Sudiroprajan. Rumah makan ini merupakan kedai timlo yang terkenal dan pernah dikunjungi Presiden Jokowi lho.

Baca juga: Bikin Gemas, Ini Komentar Anak Indonesia Saat Cicipi Makanan Korea

4. Tahu Kupat dan Telur Solichin

7 Kuliner Solo Jujugan Presiden Jokowi Ini Bisa Menjadi Referensimusurakarta.go.id

Tahu Kupat dan Telur Solichin diambil dari nama masjid yang terletak di dekatnya. Tepatnya berada di pojokan Jalan Gajah Mada, Solo. Tempat makan ini buka dari jam 7 pagi hingga 6 sore.

Hidangannya terdiri dari kupat dengan tahu goreng, bakwan, dan dipadukan kubis serta mie kuning. Rasanya enak dan sedikit pedas, karena ada siraman kuah kecap yang ditabur kacang tanah goreng, irisan seledri, dan cabai rawit. 

5. Selat Solo Mba Lies

7 Kuliner Solo Jujugan Presiden Jokowi Ini Bisa Menjadi Referensimurumahumkm.net

Selat Solo merupakan makanan adaptasi dari budaya Barat, yakni salad. Hanya saja, rasanya disesuaikan dengan cita rasa tanah air. 

Makanan ini terdiri dari daging sapi yang direbus dalam kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica. Kuliner khas Solo yang satu ini terletak di Jalan Yudhistira, Serengan, buka pukul 09.00 sampai 17.30 WIB.

6. Nasi Liwet Bu Sri

7 Kuliner Solo Jujugan Presiden Jokowi Ini Bisa Menjadi Referensimuwikipedia.org

Nasi liwet, yang terdiri dari nasi gurih (dimasak dengan kelapa)  yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Tekstur nasinyanya pulen. Rasanya gurih dan sedikit asin.

Salah satu yang menjadi favorit Presiden Jokowi ialah nasi liwet buatan Bu Sri yang berjualan di dekat pintu gerbang Pasar Gede Solo, Jalan Lojiwetan, Solo.

7. Es Dawet Bu Dermi

7 Kuliner Solo Jujugan Presiden Jokowi Ini Bisa Menjadi Referensimutravelingyuk.com

Tersembunyi di dalam Pasar Gede Solo Hardjonagoro, hidangan penutup ini begitu segar diminum pada siang hari. Es dawet ini spesial, karena menggunakan biji telasih (selasih), dawet ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, cairan gula Jawa, dan santan dengan tambahan es batu.

Di Pasar Gede Solo, salah satu tempat yang legendaris dan terkenal, yakni Warung Es Dawet Bu Dermi.

Jadi ngiler ya?! Tempat mana saja yang sudah pernah kamu datangi? Kalau belum, langsung buktikan sendiri ya, rasanya tidak akan menipumu.

Baca Juga: 8 Kuliner Tradisional di Kanada yang Enaknya Bikin Kalap

Topic:

Berita Terkini Lainnya