TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertamina Tambah Stok Gas Melon Jelang Idul Adha di Jateng DIY

Menjaga stok aman karena lonjakan penggunaan

Ilustrasi LPG. (IDN Times/Holy Kartika)

Semarang, IDN Times - Pertamina Patra Niaga memastikan stok gas melon atau liquified petroleum gas (LPG) 3 kilogram (kg) aman di Jawa Tengah dan DIY menjelang Iduladha 1445 H. Hal ini dilakukan dengan menambah stok LPG 3 kg di SPBU, agen, dan pangkalan resmi mulai 15--18 Juni 2024.

1. Tambahan suplai elpiji

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, penambahan stok ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan gas melon saat libur panjang Iduladha.

Total tambahan stok mencapai 388 ribu tabung, dengan rincian 346 ribu tabung untuk Jateng dan 42 ribu tabung untuk DIY.

"Tambahan stok ini setara dengan 6,5 persen dari rata-rata harian normal," katanya dilansir keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (9/6/2024).

Baca Juga: Pertamina Pasok 128 Ribu Gas Melon untuk Semarang, Ini Alasannya

2. Elpiji 3 kilogram harus sesuai peruntukan

ilustrasi salah seorang pembeli gas elpiji tiga kilogram mendatangi pangakalan gas elpiji di wilayah Sukmajaya, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Untuk diketahui, saat ini, konsumsi LPG 3 kg di Jateng mencapai 1,38 juta tabung per hari (4,0 persen di atas normal) dan di DIY mencapai 171 ribu tabung per hari (5,5 persen di atas normal).

Pertamina menghimbau masyarakat agar menggunakan LPG 3 kg sesuai peruntukannya, yaitu untuk rumah tangga miskin, usaha mikro, petani sasaran, dan nelayan sasaran.

Konsumen yang tidak termasuk dalam kategori tersebut diharapkan menggunakan LPG nonsubsidi seperti Bright Gas 5,5 kg, 12 kg, dan 50 kg

3. Daftar konsumsi LPG di Jateng DIY

Gas LPG. (dok. PT Pertamina Persero)
  • Jawa Tengah: Konsumsi LPG 3 kg saat ini mencapai 1,38 juta tabung per hari, naik 4 persen dari konsumsi normal sebesar 1,33 juta tabung per hari.
  • DIY: Konsumsi LPG 3 kg saat ini sebesar 171 ribu tabung per hari, meningkat 5,5 persen dari konsumsi normal sebesar 162 ribu tabung per hari.
  • Banyumas dan Cilacap: Konsumsi LPG 3 kg di wilayah ini mencapai 138 ribu tabung per hari, naik 16,5 persen dari konsumsi normal sebesar 121 ribu tabung per hari.
  • Kota dan Kabupaten Tegal: Konsumsi LPG 3 kg sebesar 74 ribu tabung per hari, naik 2,2 persen dari konsumsi normal sebesar 72 ribu tabung per hari.
  • Kabupaten Kudus: Konsumsi LPG 3 kg mencapai 33 ribu tabung per hari, meningkat 2,8 persen dari konsumsi normal sebesar 32 ribu tabung per hari.

Baca Juga: PGN Tingkatkan Aliran Gas Bumi ke Jateng, Dukung Pertumbuhan Industri

Berita Terkini Lainnya