TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PGN Dorong Pemanfaatan Energi Bersih untuk Mewujudkan Smart City

Dukungan dari hulu sampai hilir

PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina berkomitmen dalam menjalankan fungsi midstream dan downstream dalam layanan gas bumi nasional. (dok. PGN)

Semarang, IDN Times - PT Perusahaan Gas Negara Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina mendorong pengembangan Kota Pintar (Smart City) berkelanjutan berbasiskan energi bersih.

1. Emisi gas bumi cenderung rendah

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Dok: Pertamina

Direktur Utama PGN, Arief Setiawan Handoko mengatakan, pihaknya terus mendorong penggunaan energi bersih oleh masyarakat dengan menyediakan gas bumi. Menurutnya, gas bumi merupakan salah satu energi dengan emisi karbon yang cenderung rendah.

"Melalui penggunaan energi bersih, kita dapat menjaga efisiensi dan efektivitas Smart City dengan mengurangi biaya dan penggunaan energi. Selain itu, kelestarian lingkungan pun dapat terjaga, dan kualitas hidup masyarakat akan meningkat." katanya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (10/11/2023).

Arief menyebutkan, PGN Group mengupayakan solusi layanan energi yang terintegrasi dari hulu hingga hilir melalui energi. Adapun, untuk pendistribusian gas bumi dilakukan melalui infrastruktur pipa maupun nonpipa (beyond pipeline).

Hal itu sesuai dengan pilar PGN dalam mendukung pengembangan Smart City, yakni memberikan Smart Energy, Smart Solution, dan Smart Infrastructure.

2. Menghemat secara signifikan

(Petugas Perusahaan Gas Negara) IDN Times/Dhana Kencana

Seperti diketahui, gas bumi telah dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan. Penggunaan bahan bakar gas (BBG) pada moda transportasi memberikan penghematan biaya hingga 33 persen.

Pemanfaatan gas bumi melalui jaringan gas pipa juga menghemat biaya pelanggan rumah tangga, komersial, dan industri mencapai 27--28 persen.

Lalu, pemanfaatan gas bumi beyond pipeline juga tercatat memberikan penghematan biaya hingga 18 persen.

Baca Juga: 3 Sektor jadi Strategi PGN untuk Penguatan dan Keberlangsungan Bisnis

Berita Terkini Lainnya