TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kelebihan Belanja Buah-Buahan Lokal, Ternyata Bisa Berdampak Besar!

Buah lokal tidak kalah banyak manfaatnya

ilustrasi buah-buahan lokal (pexels.com/Mao Barista)

Intinya Sih...

  • Membeli buah lokal mengurangi jejak karbon karena distribusi lebih dekat dan cepat
  • Berbelanja buah lokal membantu perekonomian pedagang dan petani buah lokal
  • Buah lokal minim sampah kemasan, tidak mudah busuk, dan turut melestarikan kearifan buah lokal

Berbelanja buah adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Melihat buah-buahan yang tertata rapi dengan berbagai jenis warna tentu saja menjadi hal yang menggiurkan banyak orang.Terkadang saat melihat saja, sudah terbayangkan rasa manis dan asam dari buah tersebut. Buah juga menjadi salah satu hal yang paling sering dikonsumsi, baik untuk snack ataupun sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan. 

Tentu bukan menjadi hal yang sulit ketika ingin membeli buah-buahan karena banyak dijual di swalayan, kios buah, pasar tradisional dan bahkan banyak juga yang menjual buah di pinggir jalan. Biasanya buah juga dijual dengan harga yang bermacam-macam tergantung kualitas, ukuran dan tempat membelinya. Jika kita membeli buah di swalayan-swalayan, biasanya harganya akan lebih mahal karena kualitasnya juga bagus dan lebih terjamin. 

Saat ini, di media sosial kerap kali menampilkan buah-buahan yang impor yang dipandang memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan buah-buahan lokal utamanya dari segi ukuran dan rasa. Namun, membeli buah-buahan lokal juga memiliki beberapa kelebihan lho. Dan bahkan bisa berdampak besar! 

Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan membeli buah-buahan lokal yang wajib kamu ketahui. Yuk simak!

1. Mengurangi jejak karbon

Membeli buah-buahan lokal ternyata bisa mengurangi jejak karbon lho! Karena dalam proses distribusinya, buah-buahan lokal lebih dekat dan cepat sampai sehingga polusi bahan bakar ditimbulkan saat pengiriman lebih sedikit jika dibandingkan dengan proses pendistribusian buah-buahan impor. 

2. Membantu pedagang buah lokal

Dengan berbelanja di buah-buahan lokal utamanya yang berada di pasar tradisional, kios buah, atau di pinggir-pinggir jalan, artinya kita juga membantu perekonomian pedagang buah lokal lho!

Jika pedagang buah lokal dapat menjual banyak buah-buahan, tentunya perekonomian dapat terus berputar. Distribusi tetap bisa dilakukan dan para petani buah juga bisa terus mengembangkan usahanya serta bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Baca Juga: 5 Tips Membeli Buah Pisang yang Segar dan Matang, Jangan Salah!

3. Mencegah sampah makanan

Hampir sama dengan sayuran, buah-buahan juga tidak bisa bertahan lama. Jika terus dibiarkan dalam waktu yang lama, tidak menutup kemungkinan bahwa buah akan busuk. Nah, bayangkan jika buah-buahan lokal yang dijual tidak banyak yang laku, maka pada akhirnya buah-buahan tersebut akan membusuk dan pastinya akan menambah sampah makanan. Jika hal tersebut terjadi, pedagang buah pun juga akan mengalami banyak kerugian. 

4. Lebih minim sampah kemasan

Karena distribusinya dekat, maka buah-buahan lokal tidak perlu dikemas secara berlebihan. Berbeda dengan beberapa jenis buah-buahan impor yang biasanya dikemas menggunakan plastik per bijinya. Nah, oleh Karena itu, membeli buah lokal dinilai lebih minim sampah kemasan. Untuk mengurangi sampah, kita juga bisa membawa kantong sendiri untuk buah-buahan yang kita beli. 

Verified Writer

Arina Tri Wahyuni

Finding magic in the little things✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya