TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membeli Buah Naga yang Segar, Jangan Salah!

Buah naga yang segar tentu akan lezat saat disajikan

ilustrasi buah naga (pexels.com/Any Lane)

Intinya Sih...

  • Buah naga populer karena kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh
  • Warna kulit, tekstur, dan kondisi daun mahkota menjadi indikator kesegaran buah naga
  • Aroma buah naga yang manis menandakan kondisi matang dan layak dikonsumsi

Buah naga merupakan salah satu buah yang cukup populer di kalangan banyak orang, sebab mengandung berbagai nutrisi baik untuk tubuh. Buah naga sering diolah menjadi berbagai sajian lezat karena cita rasanya dan juga tampilannya yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis buah lain pada umumnya, sehingga tampak sangat menarik.

Buah naga memiliki daging buah yang berwarna putih atau merah dengan biji-biji kecil berwarna hitam yang ternyata dapat dimakan. Kamu tentu saja harus membeli buah naga yang berkualitas baik agar tidak sampai menyesal saat mengolahnya nanti. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa tips berikut ini dalam memilih buah naga segar yang berkualitas.

1. Warna buahnya tampak cerah merata

Memperhatikan warna pada buah naga sering menjadi salah satu cara untuk menentukan indikator kesegarannya, sehingga tidak akan sampai salah pilih. Biasanya memang buah naga yang matang dan segar akan memiliki kulit berwarna merah cerah atau kuning, serta warnanya akan tampak merata ke seluruh bagiannya.

Kamu harus menghindari buah dengan bercak kecokelatan atau kulit yang memiliki bercak kecokelatan dan tampak kusam, sebab menunjukkan penurunan kualitas. Biasanya perubahan warna dan bercak menandakan bahwa buah naganya sudah terlalu matang, serta rentan mengalami kerusakan pada bagian daging buahnya.

2. Tekstur buahnya lunak

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kualitas dan kesegaran buah naga adalah dengan memegangnya secara langsung. Kamu akan merasakan perbedaan tekstur antara buah naga dengan kualitas yang bagus dan juga buah yang kondisinya sudah tidak layak untuk dikonsumsi, sehingga kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu.

Kamu perlu mewaspadai jika buah naga yang dibeli memiliki tekstur yang terlalu keras, sebab kemungkinan besar mungkin buahnya belum matang. Sementara jika ada buah naga dengan tekstur yang terlalu lembek, maka kemungkinan buahnya sudah terlalu matang dan bahkan hampir membusuk.

Baca Juga: 5 Kelebihan Belanja Buah-Buahan Lokal, Ternyata Bisa Berdampak Besar!

3. Kondisi kulitnya bebas dari goresan atau hama

Memperhatikan permukaan kulit dari buah naga bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kualitas yang dimilikinya, sehingga kamu tidak akan sampai salah pilih. Kamu harus memastikan bahwa buah naga memiliki kulit yang bebas dari luka, goresan, atau bekas gigitan, sehingga menunjukkan bahwa kondisinya baik.

Kulit buah naga yang bersih dan mulus tentu bsia menjadi indikator baik yang menunjukkan bahwa kondisinya layak untuk dikonsumsi, serta belum mengalami kerusakan atau pun terkontaminasi. Selain itu, buah naga dengan bagian kulit yang terbuka dapat menjadi pintu masuk bagi bakteri dan jamur yang bsia merusak kualitas daging buahnya.

4. Bagian mahkota atasnya tampak segar dan hijau

Buah naga memiliki tampilan yang sangat menarik jika dibandingkan dengan jenis buah lain, termasuk mahkota pada bagian atasnya. Memang daun-daun yang membentuk mahkota pada buah naga ini bisa dijadikan salah satu indikator untuk menentukan kualitasnya, sehingga kamu tidak akan sampai salah dalam membelinya.

Kamu harus memilih buah naga dengan bagian daun-daun yang terlihat segar dan hijau, sehingga menunjukkan bahwa bagian dalam buahnya layak dikonsumsi. Sementara buah naga dengan bagian daun mahkota yang sudah tampak layu atau kering menunjukkan bahwa buah tersebut sudah terlalu lama disimpan, sehingga tidak segar lagi.

Verified Writer

Jamilah

Semoga bisa memberi manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya