TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membeli Daging Giling yang Segar, Cek Kualitasnya!

Pastikan melihat kualitas daging giling terlebih dahulu

ilustrasi daging giling (pexels.com/Eva Bronzini)

Intinya Sih...

  • Daging giling harus memiliki aroma segar dan manis, hindari yang amis atau asam
  • Perhatikan warna daging giling, kualitasnya bagus jika merah cerah atau muda
  • Pilih penjual yang tepat, pastikan daging giling disimpan dengan benar agar tetap segar

Daging giling mungkin sering dijadikan sebagai salah satu bahan utama dalam proses pembuatan berbagai macam hidangan. Keberadaan daging giling mungkin dapat kamu temukan di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga pasar swalayan, sehingga bukan hal sulit untuk bisa menemukannya.

Untuk membeli daging giling yang segar tentunya membutuhkan tata cara tersendiri agar nantinya hidangan yang disajikan tetap terasa lezat dan menggugah selera. Oleh sebab itu, kamu bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini dalam membeli daging giling yang segar dan kualitasnya bagus agar tetap aman ketika dikonsumsi.

1. Aromanya khas dan segar

Pada saat membeli daging giling sebetulnya kamu dapat mengecek aroma yang dimiliki, sebab menjadi salah satu petunjuk untuk menentukan kesegarannya. Daging giling yang memang kondisinya masih baru maka akan memiliki aroma yang cenderung segar dan khas, bahkan ada perpaduan aroma yang sedikit manis.

Kamu mungkin harus menghindari daging giling yang rumahnya sudah tidak sedap, asam, atau bahkan cenderung amis. Biasanya daging giling dengan aroma yang tidak normal menandakan bahwa kondisinya sudah mulai rusak dan tidak layak lagi untuk dikonsumsi, sehingga sebaiknya dihindari saja.

2. Warnanya tampak merah cerah

Membeli daging giling berdasarkan warna menjadi salah satu indikator utama yang mungkin dapat menentukan kesegaran yang dimilikinya. Kamu bisa memperhatikan daging giling secara langsung dan melihat tampilan warnanya, sehingga bisa menentukan apakah memang kualitasnya masih benar-benar bagus untuk dikonsumsi atau justru sebaliknya.

Biasanya daging giling yang kualitasnya bagus akan memiliki warna merah cerah atau pun merah muda, tergantung pada jenis daging yang dibeli. Namun, jika memang kamu menemukan daging giling yang sudah terlihat memiliki warna kecoklatan hingga abu-abu, maka biasanya sudah kehilangan kesegaran dan mungkin tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 4 Resep Olahan Daging Sapi ala Thailand, Pernah Coba Nam Tok Neua?

3. Teksturnya kenyal dan lembut

Mengecek kualitas dari daging giling berdasarkan tekstur bisa menjadi salah satu indikator penting yang mungkin dapat kamu lakukan. Memang biasanya daging giling yang segar seharusnya memiliki tekstur yang kenyal dan lembut pada saat kamu menekannya secara langsung, sehingga akan aman pada saat dikonsumsi nanti.

Kamu mungkin perlu menghindari daging giling yang sudah terasa lengket atau pun basah, sebab menandakan bahwa daging tersebut sudah mulai tidak segar dan tidak layak untuk dikonsumsi. Selain itu, hindari pula daging giling yang sudah tampak terlalu halus atau bahkan berair karena bisa jadi dagingnya sudah mulai membusuk atau pun ada tambahan bahan-bahan yang tidak dinginkan.

4. Tanggal kadaluwarsanya masih lama

Pada saat kamu membeli daging giling khususnya di pasar swalayan akan terlihat tanggal kadaluwarsa pada kemasan yang digunakan. Hal ini bisa menjadi salah satu indikator untuk menentukan apakah memang daging giling tersebut kondisinya masih baru atau justru sudah disimpan terlalu lama.

Biasanya memang daging giling yang kualitasnya masih bagus akan dijual dengan kemasan yang kondisinya aman dan tidak mengalami kebocoran, robekan, atau pun kembung. Selain itu, tanggal kadaluwarsanya juga masih cukup lama, sehingga menandakan bahwa kualitasnya masih terjaga dengan baik.

Verified Writer

Jamilah

Semoga bisa memberi manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya