TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Sop Iga Janda yang Sudah Terjamin Enaknya

Coba bikin sendiri, yuk!

sop iga janda (pixabay.com/Couleur)

Intinya Sih...

  • Sop iga janda merupakan perpaduan makanan Jawa dan Sunda yang lezat.
  • Resep sop iga janda terdiri dari bahan-bahan seperti iga sapi, bawang, cabai, wortel, kentang, daun bawang, dan seledri.
  • Cara membuatnya meliputi proses merebus iga sapi, menumis bumbu halus, dan memasak bersama dengan sayuran hingga empuk.

Siapa bilang Jawa dan Sunda tak bisa bersatu? Contohnya, makanan yang satu ini. Namanya, sop iga janda alias sop iga Jawa dan Sunda. 

Perpaduan bumbunya pas banget di lidah. Biar gak penasaran, langsung saja simak resep sop iga janda di bawah ini. Selamat mencoba, ya!

Siapkan Bahan yang Diperlukan

Bahan-bahan:

  1. 1 kg iga sapi
  2. 2 liter air
  3. 1 buah bawang bombai
  4. 8 siung bawang merah
  5. 4 siung bawang putih
  6. 2 sendok teh garam
  7. 4 sendok teh kaldu sapi bubuk
  8. 2 sendok teh lada bubuk
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. 30 buah cabai rawit hijau
  11. 3 buah wortel
  12. 1 buah kentang
  13. 2 batang daun bawang
  14. 1 batang seledri
  15. Bawang merah goreng secukupnya 

Baca Juga: Resep Sop Tahu ala Hokben, Kuah Gurihnya Mantap!

Cara Membuat Sop Iga Janda

  1. Pastikan iga sapi sudah diiris saat dibeli. Lalu, rebuslah sebentar hingga airnya mendidih dan mengeluarkan busa kotor. 
  2. Sambil menunggu, haluskan bawang bombai, bawang merah, dan bawang putih hingga lembut. Tambahkan sedikit minyak goreng agar bumbu bisa halus sempurna. 
  3. Jika air rebusan iga sapi sudah mendidih, segera angkat dan tiriskan. Pastikan tak ada sisa kotoran yang menempel. 
  4. Masih proses merebus iga sapi, kali ini rebuslah iga sapi bersama 2 liter air selama 20 menit dan menggunakan panci presto. Pada proses ini, ingatlah harus sesuai prosedur agar tidak melukai diri sendiri.
  5. Setelah direbus kembali, diamkan sejenak tanpa perlu membuang sisa kuah rebusan. Lalu, kupas kulit wortel dan kentang. Kemudian, iris kedua bahan sayur ini menjadi potongan dadu. Hasilnya, bersihkan dengan air mengalir. 
  6. Tak tertinggal, cincang kasar daun bawang dan seledri. Kemudian, tumislah bumbu yang sudah dihaluskan berupa yang berisi 3 jenis bawang. 
  7. Aduk-aduk hingga tanak dan wangi. Setelah tanak dan wangi, segera angkat dan campurkan dengan iga sapi dan sisa kuah rebusan.
  8. Biarkan sejenak hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Lalu, masukkan wortel dan sisa bahan lainnya kecuali seledri, daun bawang, dan bawang merah goreng. 
  9. Jika wortel dan kentang sudah empuk, masukkan daun bawang dan seledri. Aduk-aduk sebentar saja. 
  10. Tanpa perlu menunggu lama, sup iga janda siap disajikan bersama taburan bawang merah goreng.

Tips Memasak

Tak perlu gunakan panci presto, kamu bisa rebus iga sapi menggunakan panci biasa. Hanya saja, waktu merbusnya lebih lama. Yaitu, sekitar 1-2 jam. 

Selain itu, kamu juga bisa taruh sebuah sendok di dalamnya untuk mempermudah iga sapi jadi empuk. Tapi, jangan sampai gunakan sendok plastik juga, lho.

Verified Writer

Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa. Kadang makan, masak, gerak gak jelas, dan melamun. Follow me on instagram @lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya