TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Kukus Semangka Teksturnya Lembut Gak Bikin Seret!

Warna cantik tanpa buah semangka

ilustrasi bolu kukus semangka (YouTube.com/PAP COOK)

Siapa sih yang bisa nolak kue cantik dan lembut? Apalagi kalau bentuknya unik kayak semangka! Bolu kukus semangka ini bukan cuma tampilannya yang bikin jatuh cinta, tapi rasanya juga dijamin bikin kamu nagih. 

Teksturnya yang lembut dan gak bikin seret dijamin bikin kamu ketagihan. Penasaran kan gimana cara bikinnya? Yuk, simak resep lengkapnya dan cobain sendiri di rumah! Dijamin, kamu bakal jadi pastry chef dadakan deh!

Baca Juga: Resep Raspberry Mousse yang Nikmatnya Bikin Speechless!

Bahan Bolu Kukus Semangka

Bahan-bahan:

  1. 500 gram putih telur
  2. 250 gram gula pasir
  3. 1 sdm emulsifier
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdm vanilla butter
  6. 100 gram santan instan
  7. minyak sayur untuk olesan
  8. 240 gram tepung protein sedang
  9. 30 gram tepung maizena
  10. 15 gram susu bubuk
  11. pewarna makanan hijau dan kuning secukupnya

Cara Membuat Bolu Kukus Semangka

ilustrasi membuat adonan bolu kukus semangka (YouTube.com/PAP COOK)
  1. Membuat adonan: Masukkan putih telur, emulsifier, dan gula pasir ke dalam wadah mixer. Kocok dengan kecepatan tinggi selama 2 sampai 3 menit hingga berbusa.
  2. Tambahkan garam, lalu kocok kembali dengan kecepatan tinggi hingga adonan kental berjejak dan membentuk puncak yang tidak mudah turun jika mixer diangkat.
  3. Turunkan kecepatan mixer. Campurkan tepung maizena dan tepung terigu yang sudah diayak ke dalam adonan secara bertahap, kocok hingga rata.
  4. Masukkan santan instan dan minyak sayur secara bertahap. Aduk perlahan menggunakan spatula atau mixer dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada lagi gumpalan.
  5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai warna yang diinginkan (kuning, putih, hijau). Tambahkan pewarna makanan secukupnya pada setiap bagian adonan, kemudian aduk sampai warna tercampur sempurna.
  6. Membentuk bolu kukus: Tuang adonan ke dalam loyang atau cetakan yang sudah disiapkan. Mulailah dengan adonan berwarna kuning di bagian bawah, lalu diikuti adonan putih dan hijau di bagian atas. Usahakan setiap lapisan menyatu dengan baik agar tampilannya lebih menarik.
  7. Kukus bolu selama kurang lebih 35 menit atau hingga matang. Untuk pastikan kematangan, tusuk tengah bolu dengan lidi. Jika tidak ada adonan yang menempel, berarti bolu sudah matang.
  8. Setelah matang, angkat bolu dari kukusan dan biarkan dingin di suhu ruang. Setelah dingin, keluarkan bolu dari cetakan.

Verified Writer

Rismawati

Have a nice day

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya