TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Manfaat Buah Sukun yang Tidak Banyak Orang Tahu, Bikin Tidur Nyenyak

Pohon sukun gampang ditemui di Indonesia

Ilustrasi buah sukun (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Siapa yang tidak mengenal sukun? Selama ini sukun menjadi salah satu sumber pangan di Indonesia yang memiliki nutrisi yang cukup tinggi. Keberadaannya yang melimpah menjadikan sukun banyak diolah menjadi berbagai olahan makanan. 

Tapi, tak banyak yang tahu jika buah sukun mengandung kalium yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Masa, sih? Simak manfaat buah sukun berikut ini.

Baca Juga: Kisah Pohon Sukun, Saksi Lahirnya Pancasila di Ende

1. Buah sukun bisa kurangi resiko diabetes, jaga kesehatan gigi dan bikin tidur nyenyak

rizkibio.com

Berdasarkan keterangan dari Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHK) Pati Barat yang bernaung di bawah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, buah sukun memiliki kandungan gizi mulai karbohidrat, fosfor, kalsium, serat, vitamin C dan kalori. 

Jika diolah dalam takaran porsi 220 gram, juga terkandung 63,8 mg vitamin C, 59,66 gram karbohidrat, 10,8 gram serat, 1078 mg kalium, 0,185 mg tembaga, 0,242 mg vitamin B1, dan 1,005 mg vitamin B5. 

"Manfaat lainnya untuk mengurangi diabetes, membantu tidur lebih nyenyak, seratnya bagus untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan gigi, mengatasi ketombe, gatal, dan rambut rusak," kata Kepala KPHK Pati Barat, Budi Ambong dalam keterangan kepada IDN Times, Minggu (26/6/2022). 

2. Sukun juga bisa dibikin jus

Ilustrasi buah sukun (Instagram.com/nurul_paryono)

Ia menuturkan jika sukun diolah menjadi minuman jus, maka meminumnya dengan teratur bisa membantu menjaga kesehatan kulit agar awet muda. 

Untuk bunganya sendiri juga bisa dikonsumsi. Bunga sukun dapat menjadi solusi bagi penderita sakit gigi.

3. Daun sukun bisa obati hepatitis, jantung dan gatal

Ilustrasi kolak sukun (Instagram.com/omi_foodie)

Selain itu, mengoleskan daun sukun di lidah juga dapat membantu menyembuhkan sariawan. 

Daun sukun pun efektif untuk mengobati bermacam penyakit kronis seperti liver, hepatitis, pembesaran limpa, penyakit jantung, sakit gigi serta gatal-gatal. Manfaat lainnya bisa mengurangi kerusakan ginjal dan penyakit kardiovaskuler. 

"Daunnya bentuknya oval dengan ujung yang meruncing. Tepi daunnya ada yang berlekuk sedikit, berlekuk agak dalam, dan berkeluk dalam. Ukuran daunnya sentimeter dan selebar 40 sentimeter," jelasnya. 

Baca Juga: #GiziLokal: Manfaat Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berita Terkini Lainnya